Bank Sumut
  • Home
  • Under Cover
  • Terancam Jadi SiLPA, Pembangunan Gedung Bappeda Sumut Rp80 Miliar Tidak Jelas

Terancam Jadi SiLPA, Pembangunan Gedung Bappeda Sumut Rp80 Miliar Tidak Jelas

Kamis, 01 Jun 2017 01:53
Dibaca: 1.120 kali
drberita
Kantor Bappeda Sumut, Jalan Diponegoro, Medan.
DINAMIKARAKYAT - Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan, masuk dalam daftar APBD 2017 untuk pembangunan gedung baru dengan nilai Rp80 miliar. Namun sampai saat ini tidak ada gambaran akan dilaksanakan pembangunan.

Rencananya, pembangunan gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tersebut dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut, yang dipimpin oleh Lukmanul Hakim.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dilaksanakannya pembangunan gdeung enam laintai, empat lantai ke atas, dua lantai basment. Padahal, tahun anggaran 2017 sudah masuk bulan Juni. Jika dihitung masa pengerjaan sampai dengan selesai, maka waktu yang tersisa di tahun 2017 tidak cukup.

"Sudah bisa dipastikan anggaran Rp80 miliar itu akan jadi SiLPA. Tidak jelas perencanaannya, gambar gedung? gambar kadal yang ada di sana (kantor Bappeda)," ucap seorang staf Kantor Bappeda Sumut, di Hotel Grand Kanaya, Medan, kemarin.

Sumber mengatakan, Kepala Bappeda Sumut Irman sepertinya tidak mampu melaksanakan pembangunan gedung yang nantinya akan ditempati oleh tiga SKPD, yaitu Badan Kepegawain Daerah (BKD), Banda Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bappeda Sumut sendiri.

Makanya rencana pembangunan diserahkan pelaksanaannya ke Dinas Sumber Daya Air, Cipta Kerya dan Tata Ruang Sumut.


"Ada peraturan yang membenarkan instansi terkait (Bappeda) yang mengerjakan, yang jelas si Irman cari selamat dia, sudah tau dia bermasalah nantinya, makanya dia nolak dan diserahkan ke dinas lain," sebut seumber.

Sumber juga mengatakan, gagalnya pembangunan gedung Bappeda Sumut akibat tidak terencanannya dengan baik sistem dan penganggaran dalam APBD. "Sudah bersalahan APBD 2017 itu, lihat saja nanti banyak yang tidak terkerjakan, entah apa saja yang mereka tau, suka-suka mereka saja, gubernur yang kasihan," cetusnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Hasban Ritonga yang ditemui di Kantor Gubsu, Rabu 31 Mei 2017, terlihat bingung. Ia tidak membantah akan jadi SiLPA anggaran pembangunan gedung Bappeda Sumut. "Kan jadi SiLPA nanti," ucapnya.

Hasban mengatakan, laporan yang diterimanya tentang rencana pembangunan gedung Bappeda Sumut masih dalam revisi.

"Mereka lapora ke saya masih direvisi, ya kalau gitu mau gimana," ucap Hasban yang merupakan Ketua TAPD Pemprov Sumut.

"Nanti saya tanya lagi ke mereka soal itu, biar jelas. Tolong infokan juga ke saya, kok bisa gitu ya jadinya," sambunya sambil menuju mobil dinas.

Selain gedung Bappeda Sumut, sejumlah gedung SKPD Pemprov Sumut seperti salah satunya gedung Badan Diklat juga dalam tahap rencana pembangunan. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan gedung-gedung SKPD cukup besar di APBD 2017. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd sumutbappeda sumutPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Senin, 24 Sep 2018 23:59

    Hati-hati, Aktivis Soroti KUA-PPAS APBD-P Pemprov Sumut

    Kalangan aktivis menengarai rencana penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan TA 2018, yang terlambat serta kesepakatannya harus ditandatangani dalam waktu sangat singkat, merupakan salah satu

  • Selasa, 31 Jul 2018 07:07

    Dugaan Kolusi Proyek Pendopo Rumdis Gubsu, MFH: Ok Henry dan Eric Aruan Harus Jujur

    Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz (MFH) meminta OK Henry selaku Kepala Inspektorat dan Eric Aruan selaku Kepala Biro Administrasi Pembangunan, harus jujur dan turut bertanggungjawab.

  • Senin, 30 Jul 2018 10:35

    DPRD Sumut Minta KPK Usut Proyek Pendopo Rumah Dinas Gubernur

    Aroma kolusi itu begitu kentara, saat proses lelang pekerjaan dengan harga penawaran sendiri (HPS) sebesar Rp 6.695.740.000,00 dan pagu Rp 6.696.000.000,00. KPK harus mengusut proyek ini.

  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:04

    Hulk & Black Panther Unjukrasa Depan Kantor Gubernur Sumut

    Hulk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang duduk dengan nyantai, namun terlibat penyelewengan uang rakyat.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir