• Home
  • Under Cover
  • Terancam Jadi SiLPA, Pembangunan Gedung Bappeda Sumut Rp80 Miliar Tidak Jelas

Terancam Jadi SiLPA, Pembangunan Gedung Bappeda Sumut Rp80 Miliar Tidak Jelas

Kamis, 01 Jun 2017 01:53
Dibaca: 830 kali
drberita
Kantor Bappeda Sumut, Jalan Diponegoro, Medan.
DINAMIKARAKYAT - Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan, masuk dalam daftar APBD 2017 untuk pembangunan gedung baru dengan nilai Rp80 miliar. Namun sampai saat ini tidak ada gambaran akan dilaksanakan pembangunan.

Rencananya, pembangunan gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tersebut dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut, yang dipimpin oleh Lukmanul Hakim.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dilaksanakannya pembangunan gdeung enam laintai, empat lantai ke atas, dua lantai basment. Padahal, tahun anggaran 2017 sudah masuk bulan Juni. Jika dihitung masa pengerjaan sampai dengan selesai, maka waktu yang tersisa di tahun 2017 tidak cukup.

"Sudah bisa dipastikan anggaran Rp80 miliar itu akan jadi SiLPA. Tidak jelas perencanaannya, gambar gedung? gambar kadal yang ada di sana (kantor Bappeda)," ucap seorang staf Kantor Bappeda Sumut, di Hotel Grand Kanaya, Medan, kemarin.

Sumber mengatakan, Kepala Bappeda Sumut Irman sepertinya tidak mampu melaksanakan pembangunan gedung yang nantinya akan ditempati oleh tiga SKPD, yaitu Badan Kepegawain Daerah (BKD), Banda Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bappeda Sumut sendiri.

Makanya rencana pembangunan diserahkan pelaksanaannya ke Dinas Sumber Daya Air, Cipta Kerya dan Tata Ruang Sumut.


"Ada peraturan yang membenarkan instansi terkait (Bappeda) yang mengerjakan, yang jelas si Irman cari selamat dia, sudah tau dia bermasalah nantinya, makanya dia nolak dan diserahkan ke dinas lain," sebut seumber.

Sumber juga mengatakan, gagalnya pembangunan gedung Bappeda Sumut akibat tidak terencanannya dengan baik sistem dan penganggaran dalam APBD. "Sudah bersalahan APBD 2017 itu, lihat saja nanti banyak yang tidak terkerjakan, entah apa saja yang mereka tau, suka-suka mereka saja, gubernur yang kasihan," cetusnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Hasban Ritonga yang ditemui di Kantor Gubsu, Rabu 31 Mei 2017, terlihat bingung. Ia tidak membantah akan jadi SiLPA anggaran pembangunan gedung Bappeda Sumut. "Kan jadi SiLPA nanti," ucapnya.

Hasban mengatakan, laporan yang diterimanya tentang rencana pembangunan gedung Bappeda Sumut masih dalam revisi.

"Mereka lapora ke saya masih direvisi, ya kalau gitu mau gimana," ucap Hasban yang merupakan Ketua TAPD Pemprov Sumut.

"Nanti saya tanya lagi ke mereka soal itu, biar jelas. Tolong infokan juga ke saya, kok bisa gitu ya jadinya," sambunya sambil menuju mobil dinas.

Selain gedung Bappeda Sumut, sejumlah gedung SKPD Pemprov Sumut seperti salah satunya gedung Badan Diklat juga dalam tahap rencana pembangunan. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan gedung-gedung SKPD cukup besar di APBD 2017. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd sumutbappeda sumutPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Des 2017 02:51

    Ngaku-ngaku Dekat Istri Gubsu, Ina Zoro Merasa Kepala Dinas

    Ina Zalisworo alias Ina Zoro, cukup santer terdengar namanya di kalangan wanita-wanita sosialita di Kota Medan. Apalagi dirinya mengaku-ngaku dekat dengan Evi Diana, istri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

  • Selasa, 12 Des 2017 16:11

    Tengku Erry Ternyata Tidak Seperti yang Dikira

    Tengku Erry datang ke lokasi acara bersawa Wakil Gubernur Nurhazijah Marpaung. Selain itu ada juga mantan Gubsu Syamsul Arifin, mantan Anggota DPRD Medan Martius Latuperisa dan praktisi hukum Hamdani Harahap.

  • Minggu, 10 Des 2017 00:29

    Masyarakat Sumut di Jakarta Titip Pesan pada Tengku Erry

    Hadir di antaranya Ruhut Sitompul, Abdul Wahab Dalimunthe, para pejabat di Jakarta, asal Sumut dan mantan pejabat Sumut maupun pusat, sejumlah bupati dan walikota se-Sumut, para Kepala SKPD Provsu, para mahasiswa asal Sumut dan masyarakat lainnya.

  • Kamis, 07 Des 2017 01:56

    Jepang Danai Pembangunan Gedung SMP Senilai di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengakui hubungan Sumut dan Jepang semakin berkualitas dan baik, dibuktikan dengan keberadaan investasi Jepang serta berbagai kerjasama.

  • Kamis, 07 Des 2017 01:16

    Sumut dan Bekes County Lanjutkan Kerjasama

    Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Bekes County, Hungaria, kembali menjalin kerjasama sister province yang juga pernah dilakukan pada tahun 2010-2015.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir