Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Tergerus Bahasa Asing, Kota Binjai Ingin Menjadi Barometer Bahasa Indonesia

Tergerus Bahasa Asing, Kota Binjai Ingin Menjadi Barometer Bahasa Indonesia

Oleh: Muhammad Solihin
Minggu, 16 Sep 2018 00:33
Dibaca: 22 kali
drberita/istimewa
Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan bersama Kepala BBSU Fairul Zabadi dan staf.
DINAMIKARAKYAT - Kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik harus terus ditingkatkan warga negara yang lahir dan dibesarkan di  Indonesia. Tapi pada kenyataannya banyak masyarakat justru lebih bangga menggunakan bahasa asing.

Hal itu diutarakan Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan saat membuka sosialisasi Lomba Wajah Bahasa di Aula Balaikota, Jalan Jenderal Sudirman, kemarin.

"Mari kita dukung penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, kita ganti kata-kata yang menggunakan bahasa asing, contohnya kata office, kita gunakan kantor, kata I Love Binjai kita gunakan saja aku cinta Binjai," kata Timbas.

Timbas menyambut baik Lomba Wajah Bahasa yang dilaksanakan Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU). Ini kata Timbas mengingatkan kita semua untuk tertib berbahasa dengan mengendalikan bahasa asing dan menguatkan penggunaan bahasa Indonesia. 

Kepala BBSU Fairul Zabadi mengungkapkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik sangat penting dilakukan. Sebab ruang publik adalah media mengumumkan informasi dan pandangan, sehingga bahasa di ruang publik harus dipahami rakyat Indonesia. 

Ia menyontohkan penggunaan bahasa di ruang publik yang keliru, yaitu Kuala Namu International Airport. Seharusnya  Bandar Udara Internasional Kuala Namu. Jika ingin tetap ada bahasa Inggris harus dibuat di bawahnya Kuala Namu International Airport dengan ukuran lebih kecil. "Boleh gunakan bahasa asing tapi jangan lupakan bahasa Indonsia," kata Fairul Zabadi .

Fairul Zabadi menjelaskan Lomba Wajah Bahasa di Kota Binjai bertujuan untuk mengembalikan bahasa Indonesia yang sudah tergerus bahasa asing. Dipilihnya Kota Binjai, karena pihaknya ingin Kota Binjai sebagai barometer penggunaan bahasa Indonesa.

Lomba dilaksanakan dalam rangka sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia dengan baik sekaligus menyambut bulan bahasa yang dirayakan setiap bulan Oktober. Lomba ini diperuntukkan kepada lembaga pendidikan, badan publik (instansi pemerintah) maupun badan usaha (perhotelan, restoran dan sejenisnya).

"Objek yang dinilai antara lain tulisan nama lembaga dan gedung, nama sarana umum, nama ruang pertemuan, nama produk barang/jasa, nama jabatan, penunjuk arah atau rambu umum dan tulisan berbentuk spanduk atau informasi lain sejenisnya," papar Fairul.

"Materi lomba dalam bentuk foto dan dokumen dikirimkan dengan tenggat waktu 26 September 2018 dan pengumuman pemenang dilaksanakan bulan Oktober 2018," tutupnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bahasa asingbahasa indonesiaKota Binjaitimbas tarigan
Berita Terkait
  • Senin, 09 Okt 2017 00:07

    Gubsu Apresiasi Dewan: Kata Wagirin, Semua Etnis Harus Gunakan Bahasa Indonesia

    Gubernur Tengku Erry Nuradi mengapresiasi DPRD Sumut atas lahirnya Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang perlindungan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah yang pertama kali di Indonesia.

  • Minggu, 08 Okt 2017 23:19

    Pertama di Indonesia, Erry dan Wagirin Jadi Duta Bahasa Kehormatan

    Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dinobatkan sebagai Duta Bahasa Kehormatan oleh Balai Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu 8 Oktober 2017.

  • Rabu, 10 Mei 2017 23:26

    1.500 Orang Deklarasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

    ruang publik menjadi barometer komitmen warga dalam menjaga martabat bangsa dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan negara.

  • Jumat, 10 Feb 2017 20:36

    Erry Kunjungi Korban Kebakaran Pasar Tavip Binjai

    Pemko Binjai segera melakukan tindakan tanggap darurat dengan pendataan para korban seperti menyediakan penampungan sementara dan juga kebutuhan pangan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir