Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • TNI Lakukan Water Boombing Padamkan Kebakaran Hutan Riau

TNI Lakukan Water Boombing Padamkan Kebakaran Hutan Riau

Selasa, 13 Agu 2019 21:48
Dibaca: 84 kali
drberita/istimewa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo dan Gubernur Riau Syamsuar.
DRBerita - Untuk mencegah dan mempercepat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Karhutla akan melakukan pemadaman langsung ke titik api dengan water boombing atau pengeboman air menggunakan pesawat hercules.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada wartawan usai menerima paparan dari Gubernur Riau Syamsuar terkait situasi terkini kebakaran hutan di ruang VVIP, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Senin 12 Agustus 2019.

"Saya mendapat laporan bahwa sumber air yang digunakan untuk melakukan water boombing jaraknya cukup jauh dari lokasi kebakaran hutan, maka kita (TNI) akan menggunakan pesawat hercules untuk melakukan water boombing tersebut," ucapnya.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa selama ini satuan tugas kebakaran hutan di Riau mengandalkan operasi pengeboman air atau water boombing dengan menggunakan tujuh helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta sejumlah helikopter milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Berdasarkan informasi dari Kepala BMKG wilayah Riau, kata hadi, maka dapat disimpulkan cuaca di Provinsi Riau akan cenderung panas hingga bulan Oktober mendatang.

"Kemungkinan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca dalam menghasilkan hujan buatan baru dapat dilaksanakan pada awal bulan Oktober," jelasnya.

Kunjungan kerja Panglima TNI bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo beserta rombongan ke Riau untuk memastikan beberapa titik yang menjadi lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Direncanakan, hari ini, Selasa 13 Agustus 2019, Panglima TNI beserta rombongan melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi yang terdampak karhutla seperti di daerah Pelalawan, yang mengalami kebakaran hutan cukup parah sepanjang bulan Agustus 2019. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: okebung.com

T#g:hadi tjahjantokebakaran hutan riautni
Berita Terkait
  • Senin, 23 Sep 2019 12:13

    Pesan Edy di HUT ke 54 Yonif Raider 100/PS

    Wilayah Sumatera Utara yang cukup luas dan sumber daya alam yang besar, namun infrastrukturnya yang masih terbatas serta sumber daya manusianya yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya merupakan tantangan khusus bagi aparatur di daerah, termasuk prajurit

  • Sabtu, 07 Sep 2019 14:37

    Imbas Festival Multi Etnis, 2 Anggota DPRD Medan Minta Eldin Copot Kadis Kebudayaan

    Hendra dan anggota Fraksi Golkar Ilhamsyah menganggap Dinas Kebudayaan tidak mampu menyajikan kesenian yang berkualitas. Tidak sekedar kesenian bersifat hiburan, akan tetapi memiliki fungsi pembinaan pada kesenian itu sendiri.

  • Jumat, 06 Sep 2019 20:22

    Masyarakat Belawan Dapat MCK dan Sumur Bor dari Persit KCK PD I Bukit Barisan

    MCK dan Sumur Bor dalam rangka bakti sosial Persit Kartika Chandra Kirana PD I Bukit Barisan, telah diresmikan di Jalan Taman Makan Pahlawan, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

  • Selasa, 03 Sep 2019 22:26

    Dewan Kesenian Medan Protes Festival Multi Etnis

    Anggaran kegiatan yang tergolong lumayan besar ini, jika dibandingkan dengan kondisi di lapangan tidak terlalu mewah. Sebaliknya, kegiatan kelihatan biasa-biasa saja.

  • Sabtu, 24 Agu 2019 00:01

    Melihat Latihan Nembak Senjata Berat TNI AD 2019

    Latihan menembak senjata berat terintegrasi yang melibatkan rudal-rudal canggih kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD, untuk menguji kemampuan alutsista terbaru yang akan diikutkan dalam latihan gabungan TNI 2019.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir