Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • TNI Lakukan Water Boombing Padamkan Kebakaran Hutan Riau

TNI Lakukan Water Boombing Padamkan Kebakaran Hutan Riau

Selasa, 13 Agu 2019 21:48
Dibaca: 48 kali
drberita/istimewa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo dan Gubernur Riau Syamsuar.
DRBerita - Untuk mencegah dan mempercepat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Karhutla akan melakukan pemadaman langsung ke titik api dengan water boombing atau pengeboman air menggunakan pesawat hercules.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada wartawan usai menerima paparan dari Gubernur Riau Syamsuar terkait situasi terkini kebakaran hutan di ruang VVIP, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Senin 12 Agustus 2019.

"Saya mendapat laporan bahwa sumber air yang digunakan untuk melakukan water boombing jaraknya cukup jauh dari lokasi kebakaran hutan, maka kita (TNI) akan menggunakan pesawat hercules untuk melakukan water boombing tersebut," ucapnya.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa selama ini satuan tugas kebakaran hutan di Riau mengandalkan operasi pengeboman air atau water boombing dengan menggunakan tujuh helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta sejumlah helikopter milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Berdasarkan informasi dari Kepala BMKG wilayah Riau, kata hadi, maka dapat disimpulkan cuaca di Provinsi Riau akan cenderung panas hingga bulan Oktober mendatang.

"Kemungkinan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca dalam menghasilkan hujan buatan baru dapat dilaksanakan pada awal bulan Oktober," jelasnya.

Kunjungan kerja Panglima TNI bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo beserta rombongan ke Riau untuk memastikan beberapa titik yang menjadi lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Direncanakan, hari ini, Selasa 13 Agustus 2019, Panglima TNI beserta rombongan melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi yang terdampak karhutla seperti di daerah Pelalawan, yang mengalami kebakaran hutan cukup parah sepanjang bulan Agustus 2019. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: okebung.com

T#g:hadi tjahjantokebakaran hutan riautni
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Agu 2019 00:01

    Melihat Latihan Nembak Senjata Berat TNI AD 2019

    Latihan menembak senjata berat terintegrasi yang melibatkan rudal-rudal canggih kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD, untuk menguji kemampuan alutsista terbaru yang akan diikutkan dalam latihan gabungan TNI 2019.

  • Kamis, 15 Agu 2019 11:27

    Sertijab Kasdam I/BB: Ini Pesan Pangdam Kepada Brigjen TNI Untung Budiharto

    Wilayah tanggung jawab Kodam I/BB meliputi Empat Provinsi yaitu Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Prov Kepri serta berbatasan langsung dengan Negara Tetangga dan dilintasi Selat Malaka yang merupakan jalur penting perdagangan internasional.

  • Selasa, 13 Agu 2019 20:28

    Enzo Allie Vs Mahfud MD

    Kalau saja Mahfud MD tidak gagal jadi cawapres, ceritanya pasti akan berbeda. Bangsa Indonesia yang sudah terbelah dalam dua poros 01 dan 02, akan terpuruk kian dalam.

  • Rabu, 24 Jul 2019 01:13

    Sambut HUT ke 72, TNI AU Bakti Sosial di Masjid Raya Al-Mahsun Medan

    Adapun personil yang dilibatkan terdiri dari 140 personil dari Kelurahan Masjid dan Kecamatan Medan Kota, 20 personil 469 Paskhas, 50 personil Lanud Soewondo dan 50 personil personil Kosekhanudnas III.

  • Jumat, 19 Jul 2019 00:48

    Bazar UMKM HUT Kota Medan Dirayakan di Gedung Mewah

    Acara dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM Edliyati Siregra, Asisten Umum Pemko Medan Renward Parapat, Kadis Penanaman Modal Qamarul Fatah, mewakili Dandim 0201/BS, Dandeninteldam I/BB, Danyon Zipur dan Danyonkav 6/Serbu serta para tamu undangan lainnya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir