Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Rektor USU Siapkan "Intelijen" Untuk Awasi Aktifitas Radikal di Kampus

Rektor USU Siapkan "Intelijen" Untuk Awasi Aktifitas Radikal di Kampus

Rabu, 06 Jun 2018 03:08
Dibaca: 291 kali
drberita/istimewa
Prof Runtung Sitepu.
DINAMIKARAKYAT - Universitas Sumatera Utara (USU) akan melakukan pengawasan terhadap seluruh aktivitas yang ada di kampus untuk mengantisipasi paham radikalisme dengan melibatkan dekan dan para dosen.

"Seluruhnya untuk menaati imbauan dari MenpanRB, ada beberapa poin untuk mawas diri untuk tidak tertular aliran-aliran radikal. Itu terus menerus kita imbau," ucap Rektor USU Prof. Runtung Sitepu kepada wartawan, Selasa 5 Juni 2018.

Runtung memastikan universitas yang dipimpinnya belum ada indikasi terpengaruh dengan pemahaman radikal seperti yang terjadi di Kampus Universitas Riau. Ada tiga terduga teroris dan sejumlah barang bukti disita oleh Densus 88 Antiteror‎, Sabtu 2 Juni 2018.

"Belum ada indikasi seperti. Bila ada dan ditemukan hal itu. Seperti itu, Universitas Riau kita berikan sanksi berat. Kita tidak memberikan tempat sedikit orang-orang betul tidak menunjung tinggi paham dasar Pancasila dan NKRI," kata Runtung.

Ia mengungkapkan pihak USU sendiri juga melakukan pencegahan paham radikal melalui mata kuliah agama. Runtung menilai dari mata kuliah agama sebagai benteng bagi mahasiswa untuk tidak mengikuti paham radikal.

"Selain itu, kita himbau langsung. Seperti hari ini seluruh dekan, pimpinan lembaga menaati edaran dari MenpanRB‎. Untuk mengawasi kita berdayakan dekan dan dosen untuk melihat mahasiswanya, ada menyimpang atau tidak," tutur Runtung.

Runtung juga memperdayakan para pegawai (staff) yang mengerjakan ibadah di masjid kampus USU untuk memperhatikan seluruh aktivitas, termasuk khutbah yang disampaikan. Dengan melakukan pengawasan tidak terang-terangan.

"Kita letak staff di masjid seperti intelijen lah. Tidak tutup kemungkinan universitas menjadi prihatikan intel (polisi) kita. Kalau USU tidak diawasi intel," katanya.

Runtung menghimbau kepada seluruh warga USU untuk menghindari selalu paham-paham radikal, aktivitas dan sikap dengan radikal itu. "Mudah-mudah jangan adalah hal-hal seperti itu di kampus ini," tandasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kampus usuprof runtung sitepurektor usuteroris
Berita Terkait
  • Minggu, 05 Agu 2018 01:55

    Rahmad Hasibuan Gugat Hasil Pilkada Palas, Apakah Berhasil?

    Dalam pertemuan, Hairul Mac Hasibuan yang juga timses Paslon No. 3 Rahmad P Hasibuan memaparkan bahwa adanya kejanggalan dalam proses pilkada Padanglawas (Palas) 27 Juni 2018 lalu.

  • Rabu, 06 Jun 2018 03:58

    USU Ajukan Permohonan Penangguhan Dosen ke Kapolda Sumut

    Pihak Universitas Sumatera Utara (USU) ‎mengajukan permohonan untuk penangguhan tahanan terhadap terduga ujaran kebencian, Himma Dewiyana Lubis alias Himma kepada Kapolda Sumut ‎Irjen Pol Paulus Waterpauw.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:47

    Tahun 2039, USU Targetkan Akreditas Internasional

    Selaras dengan rencana strategis tahun 2015-2019 tentang peningkatan manajemen universitas yang berkesinambungan dan memiliki standar internasional, USU tahun 2039 menargetkan memperoleh akreditas Internasional.

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:37

    Ketua Perdoski Medan Ucapkan Terimakasih pada Tengku Erry

    Imam juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu Tengku Erry Nuradi atas dukungannya kepada Perdoski Cabang Medan yang berhasil terpilih menjadi tuan rumah Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perdoski tingkat nasional.

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:20

    Dokter Kulit dan Kelamin dari USU Sudah Nyebar di Sumut

    Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Medan melakukan penyebaran dan penempatan Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kulit dan kelamin ke berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir