Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • RSCC Rekomendasikan Presiden Pimpin Langsung Evakuasi Korban KM Sinar Bangun

RSCC Rekomendasikan Presiden Pimpin Langsung Evakuasi Korban KM Sinar Bangun

Sabtu, 28 Jul 2018 23:32
Dibaca: 222 kali
drberita/istimewa
Seminar "Toba Informal Meeting" yang diadakan Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC) di Hotel Danau Toba International.
DINAMIKARAKYAT - Persteruan penghentian evakuasi korban Kapal KM. Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, menjadi pembahasan dalam seminar "Toba Infromal Meeting" yang dilaksanakan Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC), di Hotel Danau Toba International, Rabu 25 Juli 2018, menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan Presiden Joko Widodo.

"Rekomendasi ini disampaikan kepada pemerintah pusat serta pihak-pihak yang berkepentingan," ujar Jurubicara RSCC Saharuddin dalam keterangan persnya kepada wartawan, Sabtu 28 Juli 2018.

Dasar rekomendasi, kata Saharuddin, meliputi aspek hukum, sosial budaya, kemanusiaan dan lingkungan hidup, teknologi dan akademik, serta aspek geografis dan filosofis.

Berikut ini rekomendasi Toba Informal Meetin; Pertama, evakuasi korban mutlak dilanjutkan oleh negara, karena hal tersebut masih mungkin untuk dilaksanakan, oleh karena itu harus terus diperjuangkan melalui saluran gerakan kemanusiaan tingkat nasional maupun international, terhadap hal tersebut RSCC adalah lokomotif pergerakannya.

Kedua, mendesak DPR RI membentuk pansus dan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan evakuasi Korban KM. Sinar Bangun dilanjutkan.

Ketiga, menuntut Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk mengumumkan bahwa tragedi tenggelamnya KM. Sinar Bangun sebagai musibah nasional, dan karena tragedi itu akibat dari kelalaian Pemerintah. Maka Presiden RI berkewajiban memimpin kelanjutan evakusi Korban KM. Sinar Bangun sebagai komitmen kemanusiaan dan tanggungjawabnya selaku kepala negara dan kepala Pemerintahan.

Keempat, RSCC segera membentuk tim teknis terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, aktvis kemanusiaan, pemerhati lingkungan hidup dan perwakilan peserta TIM untuk meminta dukungan dunia international (PBB atau NGO International) melakukan perlawanan hukum dan budaya.

Kelima, RSCC segera mempersiapkan tim kajian menyangkut dampak hukum, politik, ekonomi, sosial, budaya, para wisata, lingkungan hidup, pertahanan, keamanan dan Hak-hak kemanusiaan jika korban KM. Sinar Bangun tidak dievakuasi.

"Terakhir, RSCC agar mendesak pemerintah untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap eksistensi dan kinerja Badan Otorita Danau Toba (BODT)," jelas Saharuddin. (art/drc)

Editor: admin

T#g:danau tobahotel danau tobakm sinar bangunratna sarumpaet crisis centerrscc
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:46

    John M Situngkir "Diam" Soal Pinjaman Rp 4,16 triliun dari Bank Dunia Untuk Danau Toba

    Perkembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional, bukan tugas Pemerintah Pusat. Namun tugas bersama antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut serta kalangan masyarakat sendirinya.

  • Kamis, 31 Mei 2018 00:53

    Ryan Novandi Promosikan Potensi Sumut di Konferensi Pemuda Asia Pasific

    Presiden JCI Medan, Ryan Novandi mengatakan telah berhasil menyelenggarakan kampanye Perdamaian Dunia #peaceispossible di Pantai Bulbul, Kabupaten Balige, pada 2017 lalu, yang dihadiri lebih dari 11.000 orang.

  • Jumat, 23 Mar 2018 01:54

    Indonesia Bukan Hanya Bali: Gubernur Sumut Tawarkan Penerbangan India - Kualanamu

    Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan sangat tertarik dengan Indonesia, selain hubungan yang telah lama terjalin dan jarak yang tidak begitu jauh, juga potensi yang cukup banyak untuk kerjasama.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:43

    Erry: Terima kasih 33 kabupaten kota yang ikut PRSU

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan even PRSU merupakan even yang membanggakan karena dihadiri seluruh kepala daerah atau wakil kepala daerah 33 kabupaten/kota. Apalagi Pemprov Sumut yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta rakyat.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:11

    Kementerian Pariwisata Apresiasi Acara PRSU di Tapian Daya Medan

    Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI mengapresiasi kinerja Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi yang meramaikan dan memajukan dunia pariwisata dan investasi selama menjabat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir