Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Pertama di Indonesia, Erry dan Wagirin Jadi Duta Bahasa Kehormatan

Pertama di Indonesia, Erry dan Wagirin Jadi Duta Bahasa Kehormatan

Minggu, 08 Okt 2017 23:19
Dibaca: 407 kali
drberita/istimewa
Gubernur Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman jadi duta bahasa kehormatan.
DINAMIKARAKYAT - Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dinobatkan sebagai Duta Bahasa Kehormatan oleh Balai Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu 8 Oktober 2017.

Penobatan itu merupakan apresiasi Balai Bahasa di Sumut atas terbitnya Perda No. 6 Tahun 2017 tentang Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah. Dan perda ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Plakat penobatan sebagai Duta Bahasa Kehormatan kepada Tengku Erry dan Wagirin Arman diserahkan oleh Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Gufron Ali Ibrahim didampingi Kepala Balai Bahasa Sumut Tengku Syarfina, dan Kepala Balai Bahasa Jambi.

Gufron Ali mengatakan provinsi lainnya sudah ada Perda tentang bahasa namun hanya mengatur pelestarian bahasa sastra daerah. Perda yang menggabungkan pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa dan sastra daerah baru ada di Sumut.

"Ini luar biasa, karenanya Balai Bahasa merasa berkepentingan memberi penghargaan, dengan begini Pak Gubsu dan Ketua DPRD menjadi teladan dalam pengutamaan Bahasa Indonesia. Karena dua pihak ini mendorong lahirnya Perda sampai selesai," kata Gufron. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bahasa daerahbahasa indonesiaduta bahasa kehormatanwagiri arman
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Sep 2018 00:33

    Tergerus Bahasa Asing, Kota Binjai Ingin Menjadi Barometer Bahasa Indonesia

    Kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik harus terus ditingkatkan warga negara yang lahir dan dibesarkan di Indonesia. Tapi pada kenyataannya banyak masyarakat justru lebih bangga menggunakan bahasa asing.

  • Senin, 09 Okt 2017 00:07

    Gubsu Apresiasi Dewan: Kata Wagirin, Semua Etnis Harus Gunakan Bahasa Indonesia

    Gubernur Tengku Erry Nuradi mengapresiasi DPRD Sumut atas lahirnya Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang perlindungan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah yang pertama kali di Indonesia.

  • Rabu, 10 Mei 2017 23:26

    1.500 Orang Deklarasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

    ruang publik menjadi barometer komitmen warga dalam menjaga martabat bangsa dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan negara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir