• Home
  • Politik
  • Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Oleh: Raden Armand
Selasa, 12 Des 2017 22:43
Dibaca: 517 kali
Anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung memberikan bantuan sembako kepada warga/Poto: Armand.
DINAMIKARAKYAT - Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah mulai disosialisasikan disejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Medan.

Sosialisasi perda tersebut dilakukan anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung di Jalan Sikambing, Gang Patimura, Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah.

"Peran kepala lingkungan (kepling) sangat menentukan dalam aplikasi peraturan ini" kata Duma di hadapan Camat Medan Petisah, Parlidungan Nasution, Lurah Sei Putih Timur 1, Josep L Tobing, kepling dan ratusan masyarakat, Selasa 12 Desember 2017.

Politisi Gerindra ini meminta masyarakat bisa bekerjasama dengan kepling menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Selain menyebabkan penyakit dan banjir, sampah yang dibuang sembarangan dapat dikenakan sanksi dan denda.

"Penerapan Perda juga kita harapkan tegas seperti pemberlakuan sanksi pidana dan denda. Ini sangat penting guna memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan," kata Dame.

Seluruh pihak memiliki tanggung jawab yang sama menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan perda ini agar terjaga kelestarian lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, menjadikan sampah sebagai sumber daya dan menggugah kesadaran masyarakat hidup bersih.

"Bagi yang melanggar terancam hukuman tiga bulan atau denda Rp10 juta dan dipidana kurungan enam bulan atau denda Rp50 juta," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dame dumasari hutagalungdprd medanpartai gerindrapemko medanperda sampah
Berita Terkait
  • Kamis, 19 Jul 2018 11:06

    Kata Prabowo, Bicara Koalisi Dengan Demokrat Setelah SBY Sembuh

    Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

  • Selasa, 29 Mei 2018 03:06

    Toleransi Menjadi Ciri Khas Masyarakat Medan

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Henry Jhon Hutagalung menyebutkan ikut melaksanakan puasa. Hal ini telah berlangsung dalam lima tahun terakhir.

  • Senin, 28 Mei 2018 14:40

    Rapat Paripurna, Ini Hasil LKPj 2017

    Kemudian Pemko Medan diharapkan secara konsisten memperjuangkan bersama apa yang telah disepakati dalam forum musrembang tanpa mengesampingkan faktor top down dan politis.

  • Jumat, 25 Mei 2018 00:50

    MTQ Pemko Medan ke 51: Untuk generasi muda Islam yang berakhlakul karimah

    Pada MTQ ke-51 tingkat Kota Medan yang baru saja selesai dilaksanakan di bekas lahan Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Medan, kemarin, di sana terjadi adu keahlian membaca Alquran.

  • Minggu, 20 Mei 2018 08:41

    77 Gedung SD di Kota Medan Diduga Jadi Ajang Korupsi

    Sebanyak 77 gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan, diduga jadi ajang korupsi oknum Dinas Pendidikan dan petinggi Pemko Medan, dengan total anggarannya sebanyak Rp 15,027 miliar.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir