Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Oleh: Raden Armand
Selasa, 12 Des 2017 22:43
Dibaca: 127 kali
Anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung memberikan bantuan sembako kepada warga/Poto: Armand.
DINAMIKARAKYAT - Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah mulai disosialisasikan disejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Medan.

Sosialisasi perda tersebut dilakukan anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung di Jalan Sikambing, Gang Patimura, Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah.

"Peran kepala lingkungan (kepling) sangat menentukan dalam aplikasi peraturan ini" kata Duma di hadapan Camat Medan Petisah, Parlidungan Nasution, Lurah Sei Putih Timur 1, Josep L Tobing, kepling dan ratusan masyarakat, Selasa 12 Desember 2017.

Politisi Gerindra ini meminta masyarakat bisa bekerjasama dengan kepling menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Selain menyebabkan penyakit dan banjir, sampah yang dibuang sembarangan dapat dikenakan sanksi dan denda.

"Penerapan Perda juga kita harapkan tegas seperti pemberlakuan sanksi pidana dan denda. Ini sangat penting guna memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan," kata Dame.

Seluruh pihak memiliki tanggung jawab yang sama menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan perda ini agar terjaga kelestarian lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, menjadikan sampah sebagai sumber daya dan menggugah kesadaran masyarakat hidup bersih.

"Bagi yang melanggar terancam hukuman tiga bulan atau denda Rp10 juta dan dipidana kurungan enam bulan atau denda Rp50 juta," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dame dumasari hutagalungdprd medanpartai gerindrapemko medanperda sampah
Berita Terkait
  • Jumat, 19 Jan 2018 00:25

    Bayar Rp 5000, Kata Jukir Karcis Parkir Habis

    Kebocoran PAD dari sektor parkir sangat mungkin terjadi pada Dinas Perhubungan Pemko Medan. Pasalnya, para juru pakir (jukir) mengaku karcis parkir telah habis.

  • Kamis, 18 Jan 2018 23:35

    Karcis Parkir di RSU Pringadi Medan Pakai Perda 2011

    Karcis parkir dengan Perda No. 10 Tahun 2011 beredar di Rumah Sakit umum (RSU) Pirngadi Medan. Padahal, Pemko Medan sudah mengeluarkan karcis parkir dengan Perda tahun 2014.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:41

    MTQ Tingkat Kecamatan Medan Polonia Digelar di Masjid Taqwa

    Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 51 tingkat Kecamatan Medan Polonia diselenggarakan di Masjid Taqwa, Jalan Polonia, Gang A, Kota Medan, Sabtu 20 Januari 2018.

  • Selasa, 16 Jan 2018 13:29

    Bentrokan Pengemudi Online dan Angkot di Medan Kesalahan Pemerintah Pusat

    Bentrokan antar pengemudi ojek online dan supir angkot beberapa waktu lalu dinilai satu kelalaian dari pemerintah pusat. Pemerintah harusnya tidak cuek dan peduli terhadap regulasi kesetaraan antar keduanya.

  • Minggu, 14 Jan 2018 14:07

    Kader Tak Laku, Gerindra Salahkan Sistem Pilkada

    Ketua DPP Partai Gerindra, Bidang Advokasi Habiburokhman mengatakan mahar dalam ajang pilkada kerap terjadi akibat sistem pemilihan langsung.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir