Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Oleh: Raden Armand
Selasa, 12 Des 2017 22:43
Dibaca: 640 kali
Anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung memberikan bantuan sembako kepada warga/Poto: Armand.
DINAMIKARAKYAT - Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah mulai disosialisasikan disejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Medan.

Sosialisasi perda tersebut dilakukan anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung di Jalan Sikambing, Gang Patimura, Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah.

"Peran kepala lingkungan (kepling) sangat menentukan dalam aplikasi peraturan ini" kata Duma di hadapan Camat Medan Petisah, Parlidungan Nasution, Lurah Sei Putih Timur 1, Josep L Tobing, kepling dan ratusan masyarakat, Selasa 12 Desember 2017.

Politisi Gerindra ini meminta masyarakat bisa bekerjasama dengan kepling menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Selain menyebabkan penyakit dan banjir, sampah yang dibuang sembarangan dapat dikenakan sanksi dan denda.

"Penerapan Perda juga kita harapkan tegas seperti pemberlakuan sanksi pidana dan denda. Ini sangat penting guna memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan," kata Dame.

Seluruh pihak memiliki tanggung jawab yang sama menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan perda ini agar terjaga kelestarian lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, menjadikan sampah sebagai sumber daya dan menggugah kesadaran masyarakat hidup bersih.

"Bagi yang melanggar terancam hukuman tiga bulan atau denda Rp10 juta dan dipidana kurungan enam bulan atau denda Rp50 juta," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dame dumasari hutagalungdprd medanpartai gerindrapemko medanperda sampah
Berita Terkait
  • Kamis, 09 Agu 2018 09:57

    Kata Fadli Zon, Bukan Mahar Tapi Logistik

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membantah tudingan yang dilayangkan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief terkait mahar sebesar Rp500 miliar dari Sandiaga Uno untuk PAN dan PKS agar menjadi cawapres Prabowo Subianto.

  • Kamis, 09 Agu 2018 09:36

    Pagi Ini Prabowo Dijadwalkan Jumpa SBY

    Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menerima Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Kamis 9 Agustus 2018, pagi ini di kediamannya. Begini suasana di sekitar kediaman SBY jelang pertemuan.

  • Rabu, 01 Agu 2018 17:08

    Boydo: Apa Motivasi Dia Menaikkan Gaji

    Sekretaris Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan heran dengan kenaikan gaji karyawan dalam situasi keuangan badan usaha milik daerah (BUMD). Padahal, setiap rapat dengar pendapat

  • Selasa, 31 Jul 2018 08:27

    Demokrat Koalisi Gerindra, Hinca: Kali ini kami turun full

    Berbeda saat 2014 lalu ketika Demokrat tidak mendukung salah satu pasangan calon, baik itu Joko Widodo-Jusuf Kalla atau Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

  • Minggu, 29 Jul 2018 00:34

    AHY Selalu Diunggulkan Sebagai Cawapres

    Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi mengatakan nama AHY juga masih terus dibicarakan dengan koalisi yang akan dibentuk oleh partainya dan kawan-kawan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir