• Home
  • Politik
  • Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Perda Sampah di Kota Medan Terancam Pidana 6 Bulan Penjara

Oleh: Raden Armand
Selasa, 12 Des 2017 22:43
Dibaca: 317 kali
Anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung memberikan bantuan sembako kepada warga/Poto: Armand.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah mulai disosialisasikan disejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Medan.

Sosialisasi perda tersebut dilakukan anggota DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung di Jalan Sikambing, Gang Patimura, Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah.

"Peran kepala lingkungan (kepling) sangat menentukan dalam aplikasi peraturan ini" kata Duma di hadapan Camat Medan Petisah, Parlidungan Nasution, Lurah Sei Putih Timur 1, Josep L Tobing, kepling dan ratusan masyarakat, Selasa 12 Desember 2017.

Politisi Gerindra ini meminta masyarakat bisa bekerjasama dengan kepling menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Selain menyebabkan penyakit dan banjir, sampah yang dibuang sembarangan dapat dikenakan sanksi dan denda.

"Penerapan Perda juga kita harapkan tegas seperti pemberlakuan sanksi pidana dan denda. Ini sangat penting guna memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan," kata Dame.

Seluruh pihak memiliki tanggung jawab yang sama menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan perda ini agar terjaga kelestarian lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, menjadikan sampah sebagai sumber daya dan menggugah kesadaran masyarakat hidup bersih.

"Bagi yang melanggar terancam hukuman tiga bulan atau denda Rp10 juta dan dipidana kurungan enam bulan atau denda Rp50 juta," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dame dumasari hutagalungdprd medanpartai gerindrapemko medanperda sampah
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Apr 2018 21:16

    Ketua Komisi C Heran dengan Pemko Medan

    Para pedagang menuntut ketegasan terhadap penunjukan pengelola Pasar Pringgan. Mereka meminta agar SK Walikota yang memberikan PT Parben's yang mengelola dan perbaiki pasar.

  • Senin, 16 Apr 2018 00:28

    Tak Ada Solusi, Bangunan Milik Besan Jokowi Resahkan Warga Sebelah

    Sampai saat ini tak ada solusi dari Pemko Medan untuk menertibkan bangunan milik besan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresahkan warga, khusunya yang tinggal di sebelah, di Jalan Pon 3, Medan, Sumut.

  • Rabu, 11 Apr 2018 16:16

    Resmi, Prabowo Jadi Capres 2019

    Keputusan tersebut diambil usai mendengarkan aspirasi seluruh kader Gerindra yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Jawa Barat.

  • Kamis, 05 Apr 2018 22:55

    Prabowo Sambut Baik Ajakan Puan Maharani

    Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut baik ajakan pertemuan dari Ketua DPP PDIP sekaligus Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

  • Kamis, 05 Apr 2018 00:17

    Ada Dugaan Suap Direncana PAW Wakil Ketua DPRD Sumut, Benarkah?

    Kisruh Partai Gerindra di Sumatera Utara ternyata belum berakhir. Kali ini kisruh tersebut bermuara ke DPRD Sumut. Parlinsyah Harahap yang merupakan Wakil Ketua DPRD Sumut direncanakan akan diganti (PAW) dengan Srikumala.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir