Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Pemprovsu Laksanakan Bimtek Perda di Cambridge Hotel Medan

Pemprovsu Laksanakan Bimtek Perda di Cambridge Hotel Medan

Selasa, 17 Sep 2019 00:24
Dibaca: 72 kali
drberita/istimewa
Kepala Biro Hukum Setdaprovsu Andy Faisal membuka bimtek perda di Cambridge Hotel Medan.
DRberita | Peraturan Daerah (Perda) menjadi acuan dan dasar penyelenggaraan pemerintahan daerah. Produk hukum ini sangat dibutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memperkuat penyelenggaraan pemerintah daerah di kabupaten kota.

"Produk hukum yang disusun ini sangat penting bagi kelancaran proses pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah. Saya harapkan bimtek ini diikuti dengan serius dan diterapkan nantinya saat pulang ke daerah masing-masing. Manfaatkan waktu ini untuk menggali ilmu dari para narasumber," ucap Kepala Biro Hukum Setdaprovsu Andy Faisal membuka Bimtek Perda di Emerald Room Grand Swiss-Belhotel, Cambridge Hotel, Medan, Senin 16 September 2019.

Bimbingan teknik (Bimtek) Perda ini dihadiri Kepala Bidang Hukum dari masing-masing kabupaten kota se Sumatera Utara atau yang mewakili.

Andy berharap usai mengikuti bimtek, para peserta dapat meningkatkan pemahaman, pengetahunan dan keterampilan dalam menyiapkan, mengolah dan merumuskan rancangan produk hukum daerah sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Serta, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Di akhir sambutannya, Andy mengucapkan selamat datang sekaligus terima kasih kepada para peserta. Apresiasi juga ia sampaikan kepada para panitia dan narasumber yang mengisi acara.

Kepala Bagian Fasilitasi Produk Hukum Kabupaten Kota Biro Hukum Setdaprovsu Henry RK Keloko mengatakan tujuan bimtek dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman aparat pemerintah kabupaten kota dalam menyusun peraturan daerah sesuai dengan Undang Undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman aparat pemerintah kabupaten/kota dalam menyusun peraturan daerah kabupaten/kota sesuai dengan perundangannya menurut UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Terkahir, sebagai bahan evaluasi kinerja pelaksanaan program kerja dan menjadi tolok ukur tindak lanjut kinerja di masa depan," jelas ketua panitia.

Materi yang dibahas yaitu tentang harmonisasi perda, mekanisme pembahasan ranperda dan kewenangan desa. Narasumber yang dihadirkan dari Kanwil Hukum dan HAM, DPRD dan Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa Sumut. (art/drb)

Editor: admin

T#g:andi faisalcambridge hotel medanPemprov Sumutperaturan daerah
Berita Terkait
  • Kamis, 03 Okt 2019 22:23

    Lelang Ulang OPD Pemprovsu, Sabrina: Yang lain nyusul

    Satu dari 9 OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dilakukan lelang ulang. Delapan OPD lainnya akan menyusul. OPD yang dilelang ulang yaitu Direktur Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Muhammad Ildrem.

  • Selasa, 17 Sep 2019 00:02

    Pelantikan 100 Anggota DPRD Sumut: Mengabdilah Untuk Kepentingan Rakyat

    Sebanyak 100 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa pengucapan sumpah atau janji di Gedung Dewan, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin 16 September 2019.

  • Senin, 09 Sep 2019 12:14

    TPP ASN BP2RD Sumut Belum Dibayar: Plt Kaban Bantah

    Sudah delapan bulan ASN di Badan Pengelolaan Pajak & Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Sumatera Utara, belum menerima Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP). Namun insentip dari upah pungut (UP) sudah dua kali diterima ASN.

  • Senin, 26 Agu 2019 17:11

    Andy Faisal Pimpin Negoisasi Dengan Majikan TKI Asal Sumut

    Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal yang memimpin negoisasi. Sementara Sekda Provsu Sabrina dan tim lainnya menjenguk TKI ke rumah sakit.

  • Kamis, 22 Agu 2019 21:41

    Andi Faisal: Kita akan undang pihak PT AIJ dan Pemko Medan

    Kepala Biro Hukum Pemprov Sumut Andi Faisal berencana akan memanggil jajaran Direksi PT Aneka Industri dan Jasa (AIJ) untuk menindaklanjuti perbaikan BOT yang dilakukan Gubernur Edy Rahmayadi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir