Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Pelantikan Eselon 3 Pemprovsu Abal-abal: Gubsu dan Sekda Harus Jeli

Pelantikan Eselon 3 Pemprovsu Abal-abal: Gubsu dan Sekda Harus Jeli

Oleh: Artam
Jumat, 24 Jan 2020 22:10
Dibaca: 1.117 kali
drberita/istimewa
Kantor Gubernur Sumut
Bobby Nasution Center
DRberita | Sejumlah masalah menyelimuti pelantikan pejabat eselon 3 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada awal tahun 2020. Mulai dari izin pindah sampai penempatan pejabat yang dilantik pada masing-masing OPD.

Satu dari sejumlah permasalaha yang muncul itu adalah pejabat eselon 3 yang dilantik tapi dibatalkan menduduki jabatan. Sang kepala OPD pun tidak berkenan bercerita panjang lebar soal pembatalan itu.

Alhasil pejabat eselon 3 yang dilantik itu tetap bertahan pada posisi jabatan semula di OPD asalnya di Jalan SM. Raja Medan.

Sepertinya kesalahan itu sengaja terjadi dilakukan oleh oknum-oknum dari luar Baperjakat. Sayangnya Gubsu Edy Rahmayadi mengaku tidak mengetahui adanya kesalahan-kesalahan itu pada saat pelantikan eselon 3.

Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) Azhari Sinik sudah menduga akan terjadi kesalahan-kesalahan pada pelantikan eselon 3 Pemprovsu yang dua kali dilakukan, yakni pertama 85 orang dan kedua 29 orang.

"Kalau saya bilang, itu pelantikan eselon 3 Pemprovsu abal-abal. Bisa terjadi kesalahan yang sangat fatal, orang yang dilantik tetapi batal menduduki jabatan. Kesalahan itu ada pada dua OPD yang terjadi, itu yang saya tahu," kata Sinik.

Azhari Sinik juga mengungkapkan adanya pejabat dari luar internal Pemprovsu yang dilantik, tetapi izinnya tidak ada dari kepala daerah tempat asal pejabat eselon 3 itu. Ada juga pejabat eselon 3 yang dilantik tetapi tidak cocok disiplin ilmunya pada bidang yang ditempati.

"Info yang saya dapat, kalah tidak salah ada lima pejabat dari Pemko Medan yang dilantik jadi eselon 3 Pemprovsu. Tapi izinnya tidak ada, karena walikotanya masih Plt. Sekarang orang dari BKD lagi sibuk mengurus izinnya ke Kemendagri, karena Plt tidak bisa mengeluarkan izin pindah terkecuali dapat izin dari Kemendagri," terang Azhari.

Keselahan yang lebih fatal lagi, kata Azhari, yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak melakukan penyadapan mulai dari rencana sampai pelaksanaan pelantikan pejabat eselon 3 Pemprovsu.

"Saya juga dapat informasi adanya dugaan suap untuk mendapatakan jabatan eselon 3 itu, infonya yang jadi tukang pikul ke masing-masing pejabat eselon 3 yang dilantik itu oknum dari BKD," cetus Azhari.

Namun semua itu sudah berlalu dan sudah terjadi, Azhari berharap Gubsu Edy Rahmayadi dan Baperjakat yang dipimpin Sekda Sabri kedepannya lebih jeli dan mawas diri.

"Infonya lagi bakal ada pelantikan eselon 3 pada bulan Maret mendatang, karena banyak eselon 3 bulan Februari ini yang pensiun," kata Azhari Sinik. (art/drc)

Editor: Gambrenk

T#g:kantor gubsupelantikan pejabat eselonpemporv sumutsuap jabatan pemprovsu
Berita Terkait
  • Senin, 10 Feb 2020 15:40

    Batal ke Kantor Gubsu, Massa Pendukung 'Save Babi' Kepung Kantor DPRD Sumut

    Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Aksi Masyarakat Sumut dipimpin Boasa Simanjuntak, itu diperkirakan berjumlah 3.000 orang, dan tiba di depan Kantor DPRD Sumut, pukul 09.45 WIB. Sebelum orasi, massa menyanyikan lagu nasional dan daerah.

  • Rabu, 05 Feb 2020 01:50

    Sabrina Bantah Mundur

    Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Sabrina diisukan dalam waktu dekat akan mengundurkan diri dari jabatannya. Dia disebut akan menjadi dosen di Univesitas Sumatera Utara.

  • Jumat, 31 Jan 2020 23:59

    Gubsu Imbau ASN Kerja Naik Sepeda

    Seluruh kepala OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diimbau bersepeda dari masing-masing kantor menuju Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Medan, Jumat 31 Januari 2020.

  • Minggu, 26 Jan 2020 02:12

    Beban APBN Khusus DAK Gaji ke Pemprovsu Berkurang

    Dari perbandingan jumlah ASN yang pensiun dengan formasi yang dibutuhkan, beban keuangan APBN khususnya Dana Alokasi Umum (DAU) ke Pemprovsu untuk gaji dipasti berkurang.

  • Rabu, 15 Jan 2020 16:21

    Awal 2020, Pemprov Sumut Lantik 144 Eselon 3

    Selain eselon tiga, Pemprovsu juga melantik dua orang eselon 2 yaitu Arsyad Lubis, Kepala OPD Pendidikan Sumut ke Asisten I Bidang Pemerintahan, dan Arif Kepala OPD Perinzinan Sumut ke Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir