Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Pelantikan 100 Anggota DPRD Sumut: Mengabdilah Untuk Kepentingan Rakyat

Pelantikan 100 Anggota DPRD Sumut: Mengabdilah Untuk Kepentingan Rakyat

Selasa, 17 Sep 2019 00:02
Dibaca: 216 kali
drberita/istimewa
Pelantikan 100 anggota DPRD Sumut dihapan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah.
Bobby Nasution Center
DRberita | Sebanyak 100 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa pengucapan sumpah atau janji di Gedung Dewan, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin 16 September 2019. Pengucapan sumpah atau janji dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Medan Cicut Sutiarso.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menghadiri acara pelantikan mengucapkan selamat kepada para anggota dewan yang baru dilantik. Dikatakannya, legislatif merupakan rekan atau teman dalam berpikir dan bekerja dalam upaya menyejahterakan rakyat.

"Eksekutif dan legislatif itu bekerja bersama-sama sesuai job deskripsi (tupoksi) masing-masing.  Sehingga keputusan-keputusan itu matang untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Acara dihadiri juga Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Sekdaprovsu Sabrina, Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis, dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

Secara legal formal, kedudukan DPRD merupakan bagian yang integral dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. Meski setiap anggota dewan adalah keterwakilan partai politik, namun apapun kepentingannya, diharapkan selalu mengutamakan kepentingan kesejahteraan rakyat.

"Saya juga berharap anggota dewan yang terhormat dapat memberikan pemahaman kepada rakyat untuk kembali merajut silaturahmi yang mungkin pada saat lalu berbeda pilihan. Sebagaimana kita tahu, Pemilu 2019 dari pusat hingga daerah, telah menyebabkan polarisasi dukungan terhadap calon-calon yang ada," ucap Edy.

Edy meminta kepada 100 anggota dewan bersama-sama ikut memupuk dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Menjaga kemajemukan, mempersatukan perbedaan, dan merawat keberagaman di bawah naungan panji Bhineka Tunggal Ika.

"Mengabdilah untuk kepentingan rakyat, dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi, golongan maupun kelompok masing-masing, karena para anggota dewan merupakan representasi rakyat," pesannya.

Ketua Sementara DPRD Sumut Baskami Ginting menyampaikan, pihaknya akan segera menyusun alat kelengkapan dewan seperti komisi, fraksi, badan anggaran, badan musyawarah, badan kehormatan, badan pembentukan peraturan daerah serta lainnya.

Sedangkan untuk pimpinan definitif, ditarget November dilantik, dimana saat ini Baskami didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut Sri Kumala. "Kami akan terus mengawal pemerintahan ini dalam rangka mewujudkan visi misi Sumut Bermartabat," sebut Baskami. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dprd sumutpelantikan dprd sumutPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Kamis, 13 Feb 2020 22:35

    Kepada KKDBI, Edy Pastikan Tidak akan Musnahkan Babi

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memastikan Pemprovsu tidak akan memusnahkan ternak babi yang terjangkit virus Afrikan Swain Fever (ASF). Virus tersebut ternyata tidak menular ke manusia dan hewan lainnya, hanya kepada babi.

  • Kamis, 13 Feb 2020 22:01

    KPK Belum Jadwalkan Penahanan 14 Tersangka Suap DPRD Sumut

    Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) belum menjadwalkan penahanan 14 mantan anggota DPRD Sumut yang menjadi tersangka suap mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

  • Senin, 10 Feb 2020 21:17

    Kepastian Hukum Adat di Sumut Dipertanyakan

    Tidak hanya itu, DPRD Sumut juga dinilai tidak mampu melindungi hak dan memperkuat akses masyarakat adat di Povinsi Sumatera Utara terhadap tanah, air dan sumber daya alam lainya.

  • Senin, 10 Feb 2020 15:40

    Batal ke Kantor Gubsu, Massa Pendukung 'Save Babi' Kepung Kantor DPRD Sumut

    Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Aksi Masyarakat Sumut dipimpin Boasa Simanjuntak, itu diperkirakan berjumlah 3.000 orang, dan tiba di depan Kantor DPRD Sumut, pukul 09.45 WIB. Sebelum orasi, massa menyanyikan lagu nasional dan daerah.

  • Sabtu, 08 Feb 2020 22:41

    KPK Jangan Tebang Pilih Kasus Suap DPRD Sumut

    Pada prinsipnya, sebagai masyarakat hukum tentunya harus menghormati semua proses dan mekanisme hukum yang berlaku, termasuk menghormati hak-hak para tersangka yaitu tentang asas praduga tak bersalah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir