• Home
  • Politik
  • Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Jumat, 26 Jan 2018 23:12
Dibaca: 248 kali
drberita/istimewa
Rombongan menteri dan gubernur sumut meninjau IPLT Medan
DINAMIKARAKYAT - Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang ada nantinya akan dikelola lebih lanjut oleh PDAM Tirtanadi.

"IPLT ini merupakan pengelolaan limbah tinja dengan system off side, di mana tinja dari rumah tangga akan disedot oleh mobil tangki tinja dibawa ke IPLT dan nantinya akan dijadikan pupuk. Sementara, airnya akan diproses sesuai dengan baku mutu air dan dibuang ke sungai," ujar Basuki diperesmian IPLT Medan, Jumat 26 Januari 2018.

Ia juga mengatakan, pembangunan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah mulai tahun 2016 hingga 2017.

Menurut Basuki, IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Sedangkan SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Sementara capaian sanitasi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 76,37%. Sedangkan akses air minum mencapai 72,04%. Oleh karena itu diharapkan, Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai mampu untuk menjamin keberlanjutan infrastruktur IPLT dan SPAM IKK yang telah terbangun melalui langkah-langkah strategis.

"Antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga, dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum," jelasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:iplt medanmeko puan maharanimenteri pupr basukiPDAM Tirtanaditengku erry niradi
Berita Terkait
  • Rabu, 04 Apr 2018 22:53

    Jalur Q6 dan Q7 IPA Sunggal PDAM Tirtanadi Terganggu

    Perawatan akan dilakukan pada hari Jumat malam Sabtu 6 April 2018 dimulai pukul 21.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 04.00 Wib dinihari Sabtu 7 April 2018.

  • Jumat, 23 Mar 2018 02:31

    Pemuda Muhammadiyah Dukung KPK Tetapkan Tersangka Direksi PDAM Tirtanadi

    KPK sangat tepat jika mengambilalih kasus dan menetapkan tersangka, karena Kejati Sumut sepertinya tidak sanggup untuk melanjutkan kasus dugaan korupsi IPA Martubung.

  • Jumat, 23 Mar 2018 01:19

    Akibat Pembuatan Gorong-gorong, Pipa PDAM Depan Polda Sumut Direlokasi

    Gangguan pelayanan terjadi sehubungan dengan pekerjaan relokasi pipa transmisi diameter 600 mm di lokasi Jalan Medan - Tanjung Morawa depan Polda Sumut.

  • Kamis, 22 Mar 2018 00:33

    Kodrati Kumpulkan 111 Kantong Darah dari Pegawai dan Pelanggan PDAM

    Komunitas Donor Darah PDAM Tirtanadi (Kodrati) bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah (UTD) Medan kembali menggelar donor darah pegawai dan pelanggan di Aula Kantor Tirtanadi Jalan SM. Raja, Medan.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:28

    PIB Desak KPK Tetapkan Tersangka Suap Jabatan Direksi PDAM Tirtanadi

    Ketua Presedium Pemerhati Indonesia Bersih (PIB) Rosisyanto mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menetapkan tersangka kasus dugaan suap jabatan Direksi PDAM Tirtanadi Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir