Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Jumat, 26 Jan 2018 23:12
Dibaca: 327 kali
drberita/istimewa
Rombongan menteri dan gubernur sumut meninjau IPLT Medan
DINAMIKARAKYAT - Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang ada nantinya akan dikelola lebih lanjut oleh PDAM Tirtanadi.

"IPLT ini merupakan pengelolaan limbah tinja dengan system off side, di mana tinja dari rumah tangga akan disedot oleh mobil tangki tinja dibawa ke IPLT dan nantinya akan dijadikan pupuk. Sementara, airnya akan diproses sesuai dengan baku mutu air dan dibuang ke sungai," ujar Basuki diperesmian IPLT Medan, Jumat 26 Januari 2018.

Ia juga mengatakan, pembangunan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah mulai tahun 2016 hingga 2017.

Menurut Basuki, IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Sedangkan SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Sementara capaian sanitasi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 76,37%. Sedangkan akses air minum mencapai 72,04%. Oleh karena itu diharapkan, Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai mampu untuk menjamin keberlanjutan infrastruktur IPLT dan SPAM IKK yang telah terbangun melalui langkah-langkah strategis.

"Antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga, dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum," jelasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:iplt medanmeko puan maharanimenteri pupr basukiPDAM Tirtanaditengku erry niradi
Berita Terkait
  • Selasa, 14 Agu 2018 22:15

    PDAM Tirtanadi Terima Penghargaan Zerro Accicent Award Tingkat Nasional

    PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera untuk kelima kalinya mendapatkan Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) tingkat Nasional dan juga menerima Bendera Emas yang merupakan prestasi tertinggi hasil audit eksternal.

  • Minggu, 29 Jul 2018 11:13

    Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Sidak ke Asrama Haji

    Untuk menjaga kelancaran air di Asrama Haji, PDAM Tirtanadi menempatkan 6 orang petugas yang standby yang dibagi dalam 3 shift dalam bertugas secara bergantian selama 24 jam.

  • Jumat, 27 Jul 2018 00:48

    Perbaikan Panel Pompa Distribusi, 6 Cabang PDAM Tertanadi Terganggu

    Mengantisipasi terjadinya pemadaman aliran di IPA Delitua, PDAM Tirtanadi melakukan perbaikan di Panel Pompa Distribusi agar dapat mengalihkan power ke mesin genset pada saat aliran listrik padam.

  • Minggu, 22 Jul 2018 16:46

    Dari Dana CSR, PDAM Tirtanadi Serahkan 8.500 Handuk Untuk Jamaah Calon Haji

    Pada musim Haji kali ini, PDAM Tirtanadi memberikan sebanyak 8.500 handuk yang diserahkan secara simbolik melalui Kakanwil Depag Sumut H.T. Darmansyah, di Gedung Raudhah Asrama Haji Medan.

  • Sabtu, 21 Jul 2018 02:12

    3 Tenaga Kontrak Harumkan Nama PDAM Tirtanadi dan Pemprov Sumut

    Sebanyak 3 atlet angkat berat mewakili Sumut berhasil menyumbangkan 3 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu masing masing atasnama Teguh Imam Santoso yang bertanding di Kelas 120 Kg menyumbangkan 2 emas, 1 perak, 1 perunggu.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir