Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Menteri PUPR: IPLT Akan Dikelola PDAM Tirtanadi

Jumat, 26 Jan 2018 23:12
Dibaca: 144 kali
drberita/istimewa
Rombongan menteri dan gubernur sumut meninjau IPLT Medan
DINAMIKARAKYAT - Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang ada nantinya akan dikelola lebih lanjut oleh PDAM Tirtanadi.

"IPLT ini merupakan pengelolaan limbah tinja dengan system off side, di mana tinja dari rumah tangga akan disedot oleh mobil tangki tinja dibawa ke IPLT dan nantinya akan dijadikan pupuk. Sementara, airnya akan diproses sesuai dengan baku mutu air dan dibuang ke sungai," ujar Basuki diperesmian IPLT Medan, Jumat 26 Januari 2018.

Ia juga mengatakan, pembangunan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah mulai tahun 2016 hingga 2017.

Menurut Basuki, IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Sedangkan SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Sementara capaian sanitasi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 76,37%. Sedangkan akses air minum mencapai 72,04%. Oleh karena itu diharapkan, Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai mampu untuk menjamin keberlanjutan infrastruktur IPLT dan SPAM IKK yang telah terbangun melalui langkah-langkah strategis.

"Antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga, dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum," jelasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:iplt medanmeko puan maharanimenteri pupr basukiPDAM Tirtanaditengku erry niradi
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Feb 2018 02:36

    Sidang Mediasi Class Action PDAM Tirtanadi Belum Ada Sepakat

    Sidang mediasi gugatan class action yang dilayangkan masyarakat terhadap PDAM Tirtanadi di Pengadilan Negeri Medan belum ada titik sepakat atau berdamai antara kedua belah pihak.

  • Sabtu, 10 Feb 2018 01:30

    Kasus Pencurian, Polisi Akan Panggil Pegawai PDAM Tirtanadi

    Polsek Medan Kota dalam waktu dekat akan memanggil dan memeriksa sejumlah pegawai PDAM Tirtanadi terkait kasus pencurian sepeda motor milik Zaman Karya.

  • Kamis, 01 Feb 2018 02:41

    Laskar Anak Negeri Desak KPK Tangkap Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi

    Belasan massa Laskar Anak Negeri (LARI) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi Sumut Arif Haryadian yang terlibat dugaan suap mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

  • Jumat, 26 Jan 2018 23:04

    Erry Berharap Para Menteri Bantu Pembangunan Infrastruktur Sumut

    Berdasarkan Perda No. 10 tahun 2009, tentang PDAM Tirtanadi bahwa tujuan pokok Tirtanadi mengelola dan menyelenggarakan pelayanan air minum yang memenuhi syarat kesehatan dan untuk mengembangkan perekonomian daerah.

  • Jumat, 26 Jan 2018 23:01

    Dua Menteri Hadiri Peresmian IPLT dan SPAM di Medan

    Dua orang menteri menghadiri peresmian Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Medan dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) skala Ibukota Kecamatan (IKK) Kabupaten Serdang Bedagai.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir