Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Melalui Akun Twitter BPIP, Yudian Wahyudi Klarifikasi 'Agama Musuh Pancasila'

Melalui Akun Twitter BPIP, Yudian Wahyudi Klarifikasi 'Agama Musuh Pancasila'

Jumat, 14 Feb 2020 11:13
Dibaca: 84 kali
istimewa
Pernyataan Ketua BPIP Yudian Wahyudi di twitter, Jumat 14 Februari 2020.
Bobby Nasution Center
DRberita | Yudian Wahyudi akhirnya mengklarifikasi. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu meluruskan pernyataannya soal 'agama musuh Pancasila' yang membuat gaduh.

"Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis karena kelima sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam Kitab Suci keenam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI," ujar Yudian dalam penjelasan resminya, Jumat 14 Februari 2020, yang diunggah akun Twitter BPIP, @BPIPRI, Selasa 14 Februari 2020 pagi.

Namun, kata dia, pada kenyataannya justru Pancasila sering dibenturkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrem.

"Padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas). dalam konteks inilah, "agama" dapat menjadi musuh terbesar," kata dia.

Berikut pernyataan lengkap klarifikasi Yudian terkait 'Agama Musuh Pancasila' yang diunggah akun Twitter BPIP, @BPIPRI, Jumat 14 Februari 2020 pagi.

'Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis karena kelima sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam Kitab Suci keenam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI. Namun pada kenyataannya, pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrim, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas). Dalam konteks inilah, "agama" dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas, bahkan setiap orang, beragama, padahal Pancasila dan Agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung.' (art/drc)

Editor: Bornok

Sumber: cnnindonesia.com

T#g:agama musuh pancasilabpipumat islamyudian wahyudi
Berita Terkait
  • Kamis, 27 Feb 2020 12:43

    Jokowi Hormati Larangan Umroh Arab Saudi

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara perihal keputusan pemerintahan Arab Saudi yang melakukan pencegahan secara proaktif penyebaran Covid-19 dengan melarang dan menolak umroh.

  • Selasa, 25 Feb 2020 09:48

    Dapat Hidayah, Gadis Cantik Nias Utara Syahadat Islam di Aceh Singkil

    Seorang gadis cantik asal Kabupaten Nias Utara, Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, mengucap syahadat memeluk agama Islam. Ikrar syahadat tersebut dilaksanakan di rumah imam masjid di Aceh Singkil.

  • Sabtu, 22 Feb 2020 20:49

    Santri Preneur Sumut Lahirkan Usaha Rumahan Keripik Pisang Kualitas Ekspor

    Sebagai wujud gerakan ekonomi ummat, Pengurus Sumatera Utara Santeri Preneur Indonesia melahirkan usaha rumahan yang bergerak dalam bidang makanan ringan.

  • Selasa, 11 Feb 2020 19:41

    Koalisi Umat Islam Dukung Penuh Edy Rahmayadi Berantas Virus Babi

    Maraknya teror bangkai babi tiga bulan terakhir ini telah membuat masyarakat resah, bukan saja umat Islam akan tetapi juga seluruh masyarakat di Sumut, khususnya Kota Medan.

  • Senin, 10 Feb 2020 15:57

    Pengurus Salimah Cabang Belawan Dilantik

    Mereka dilantik langsung oleh Pengurus Daerah Salimah Kota Medan Susilawati, Yanti dan Zulfida Ariani, dan disaksikan juga oleh Ketua BKM dan Ketua Majelis Ta'lim Masjid Al Aqobah serta masyarakat sekitar Gudang Arang Belawan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir