Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Masalah Lingkungan Saat Ini Sudah Berada Pada Level Atas

Masalah Lingkungan Saat Ini Sudah Berada Pada Level Atas

Sabtu, 02 Nov 2019 11:04
Dibaca: 219 kali
drberita/istimewa
Direktur KIRAB Provinsi Sumut Indra Buana Tanjung SH bersama pengurus KIRAB Kabupaten Langkat.
DRberita | Direktur Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB) Provinsi Sumatera Utara, Indra Buana Tanjung mengatakan permasalahan lingkungan saat ini sudah berada pada level teratas yang menghawatirkan.

"Penyebab permasalahan lingkungan tersebut antara lain karena lemahnya pelaksanaan pengawasan baik dari masyarakat maupun aparat penegak hukum," ungkap Indra, dalam keterangan persnya, seusai pembentukan KIRAB Kabupaten Langkat, akhir pekan.

Menurutnya, terjadinya eksploitasi lingkungan yang berlebihan dan penyemaran lingkungan, serta penegakan hukum yang idak berpihak dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan terhadap penyemaran menjadi alasan.

Sehubungan dengan permasalahan lingkungan tersebut, maka KIRAB hadir memberikan solusi nyata sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan antara lain melakukan normalisasi sungai dan saluran air sehingga dapat mengalir dengan baik.

"Kemudian, membuat program kerja berbasis lingkungan di berbagai daerah, seperti kampung bebas rokok dan Obat-obatan psikotropika, bedah kampung dari kampung kotor dan tercemar menjadi kampung bersih dan nyaman atau sehat. Pembuatan biogas guna mengelola lingkungan dan mengubah barang tidak berguna menjadi berguna, pembuatan bank sampah berbasis 3R (Recycle, Reduse, Reuse)," kata Indra.

KIRAB Kabupaten Langkat yang terbentuk dipimpin Koordinator Sutiman, S.Ip, Sekretaris Sauli Lubis dan Bendahara Saripuddin. Sutiman mengatakan telah menyiapkan program kerja untuk masa baktinya, yaitu pertama akan melaksanakan bimbingan teknis fasilitator lingkungan.

"Kedua, pendidikan dan pelatihan pengelolaan bank sampah sekaligus pembentukan unitnya yang berlokasi di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura. Ketiga, sosialisasi kesadaran lingkungan dengan mengajak masyarakat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan," paparnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dinas lingkunganindra buana tanjungkirab langkatkirab sumutlimbahlsm kirabsampah
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Sep 2019 11:39

    Dukung WCD 2019: Nikson Nababan Dukung Pembangunan Pusat Penanganan Limbah B3

    Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyatakan dukungan penuh pihaknya dalam aksi World Cleanup Day (WCD) 2019 yang akan digelar Sabtu 21 September 2019.

  • Sabtu, 21 Sep 2019 10:32

    Soal Limbah B3: Wakil Presiden Mahasiswa UIN Sumut Tolak PT KIM Ditutup

    Pernyataan ini mendapat respon Wakil Presiden Mahasiswa UIN Sumut Syahnan Afriansyah. Ia menolak penutupan PT. KIM yang dinilainya setiap perusahaan pasti memiliki sistem produksi limbah.

  • Sabtu, 21 Sep 2019 10:07

    Daun Outbound Ambil Bagian di World Cleanup Day

    Kegiatan yang digeber oleh 'Rumah Baca Indonesia Danau Siombak' pimpinan Wibi Nugraha S, salah seorang pegiat Mangrove, yang baru-baru ini mendapat penghargaan dari pemerintah bidang rehabilitasi bermacam tanaman bakau.

  • Rabu, 11 Sep 2019 21:33

    ICC Forum & Expo 2019: PT TPL Raih Stand Terbaik II Kategori Perusahaan/BUMN

    PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) bersyukur kembali mendapatkan Stand Terbaik II Kategori Perusahaan/BUMN, pada Indonesia Climate Change (ICC) Forum dan Expo 2019 yang ke-9, dan Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.

  • Jumat, 06 Sep 2019 21:31

    Edukasi Lingkungan di Hotel Mewah Tidak Sesuai Tema

    Mengangkat tema 'Biru Langitku, Hijau Bumiku' kegiatan ini dilaksanakan di hotel mewah sekelas Santika Diyandra, Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir