Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • MUI Sumut Pertanyakan Dasar Pemerintah Lakukan Sertifikasi Ustad

MUI Sumut Pertanyakan Dasar Pemerintah Lakukan Sertifikasi Ustad

Senin, 06 Feb 2017 19:38
Dibaca: 439 kali
istimewa
Ceramah ustad di masjid.
DINAMIKARAKYATCOM - Wacana sertifikasi ustad yang dikemukakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendapat penolakan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Utara.

Wakil Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak mengatakan, dasar pemerintah untuk melakukan sertifikasi tersebut belum jelas.

"Kami menolak sertifikasi ini karena belum jelas tujuan dari sertifikasi ini untuk apa, manfaatnya seperti apa," kata Maratua di Medan, Senin 6 Februari 2017.


Ia mengaku, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan dan sosialisasi rencana penerapan sertifikasi tersebut. Maratua pun menyebut pemerintah harus mengkaji ulang wacana tersebut karena berpotensi mengganggu ibadah umat islam.

Menurutnya, tidak ada standardisasi baku yang menentukan seseorang bisa disebut sebagai ustaz atau khatib. Hal ini pun, kata Maratua, bukan merupakan bagian dari tugas pemerintah.

"Kalau untuk mendata saja, untuk apa. Jadi kesannya kalau sudah bersertifikasi baru layak disebut ustad. Jangan karena kebijakan ini pelaksanaan Sholat Jumat jadi terganggu," katanya. (republika)

Editor: admin

T#g:lukman hakim saifuddinmenteri agamamui sumutsertifikasi ustadumat islam
Berita Terkait
  • Senin, 24 Des 2018 13:08

    Menteri Agama: Selamat Merayakan Natal dan Menyambut Tahun Baru 2019

    "Saya mengajak seluruh umat Kristiani khususnya dan segenap umat beragama untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai, dan terus proaktif mendukung percepatan pembangunan," pesan Lukman.

  • Minggu, 29 Jul 2018 12:06

    Kasus BUD Boru Turnip, Ombudsman Surati IPB dan Panggil Pemkab Simalungun

    Menerima laporan itu, Ombudsman RI Perwakilan Sumut langsung menanganinya melalui metode Reaksi Cepat Ombudsman (RCO) dengan segera koordinasi dengan pihak IPB.

  • Minggu, 29 Jul 2018 11:47

    Pindah Agama Islam, Pemkab Simalungun Diduga Hentikan Program BUD Boru Turnip Kuliah di IPB

    Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera utara menjadwalkan, akan meminta keterangan Kepala Dinas Pendidikan Simalungun, Selasa 31 Juli 2018, terkait kebijakan pemerintah daerah itu yang diduga berbau Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) dalam progr

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:03

    PDAM Tirtanadi Bersama Wartawan Berbagi Takjil Depan Kantor

    PDAM Tirtanadi Sumut bersama dengan wartawan menggelar kegiatan membagikan takjil berbuka puasa kepada masyarakat yang berpuasa di bulan suci ramadhan, Jumat 8 Juli 2018, sekira pukul 17:00 WIB.

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:19

    Rumah Sakit Haji Medan Masih Banyak yang Perlu Dibenahi

    Sebagai satu-satunya rumah sakit umum dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berstatus Badan Pelayanan Umum (BLU), Tengku Erry menyadari masih banyak yang perlu dibenahi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir