• Home
  • Politik
  • Luhut Dapat Tugas Selama 7 Tahun dari Jokowi

Luhut Dapat Tugas Selama 7 Tahun dari Jokowi

Jumat, 06 Apr 2018 00:10
Dibaca: 310 kali
drberita/istimewa
Luhut Binsar Panjaitan.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi koordinator tim untuk membersihkan dan merevitalisasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Ditargetkan revitalisasi pada hulu sungai selesai 7 tahun.

"Iya saya jadi koordinatornya. (Tugasnya) ya membersihkan sungai sepanjang 269 kilometer dan harus selesai dalam 7 tahun," ujar Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis 5 April 2018.

Penunjukan Luhut sebagai koordinator tim Citarum tercantum dalam Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citarum pada Pasal 5 bab III bagian kedua. Perpres tersebut dikeluarkan pada 14 Maret 2018.

Selain Luhut, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Wiranto sebagai Wakil Ketua I, Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai Wakil Ketua II, dan Menko PMK Puan Maharani sebagai Wakil Ketua III.

Tim yang dibentuk Jokowi tersebut memiliki tugas yang dijelaskan dalam pasal 6 sebagai berikut:

a. menetapkan kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum secara terintegrasi dan berkelanjutan; dan

b. memberikan arahan dalam pelaksanaan tugas Satgas, termasuk untuk penyempurnaan, pencabutan, dan/ atau penggantian ketentuan peraturan perundangundangan yang tidak mendukung atau menghambat upaya Pengendalian DAS Citarum, dan untuk mengambil langkah mitigasi dampak sosial yang timbul dalam upaya Pengendalian DAS Citarum.

Tim Citarum bakal melaporkan hasil evaluasi pelaksanaan tugas mereka kepada Jokowi paling sedikit satu kali selama enam bulan. (dtk/drc)


Editor: admin

T#g:joko widodoluhut binsar panjaitanPresiden Jokowisungai citarum
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Apr 2018 12:58

    Pilpres 2019: Jokowi Vs Gatot Bisa Terjadi

    Mantan Panglima TNI itu minimal harus mendapat dukungan dari gabungan partai yang memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen perolehan suara sah nasional. Saat ini, Gatot hanya mengandalkan sejumlah kelompok relawannya.

  • Senin, 16 Apr 2018 00:28

    Tak Ada Solusi, Bangunan Milik Besan Jokowi Resahkan Warga Sebelah

    Sampai saat ini tak ada solusi dari Pemko Medan untuk menertibkan bangunan milik besan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresahkan warga, khusunya yang tinggal di sebelah, di Jalan Pon 3, Medan, Sumut.

  • Senin, 09 Apr 2018 20:26

    Demo BBM, Mahasiswa Sholat Dalam Gedung Paripurna DPRD Sumut

    Ratusan mahasiswa yang terdiri dari beberapa universitas di Kota Medan menggelar aksi unjukrasa dan sholat berjamaah, dalam rangka protes kenaikan harga Pertalite, dan kelangkaan Premium, DPRD Sumut, Senin 9 April 2018.

  • Rabu, 07 Mar 2018 01:38

    Bermasalah, Proyek Rel Kereta Api di Kuala Tanjung Kena Demo Ratusan Warga

    Ratusan massa mahasiswa dan masyarakat Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Batubara, Sumut, berunjukrasa menuntut ganti untung pembebasan lahan dan bangunan yang terkena proyek pembangunan lintasan rel kereta api Bandar Tinggi - Kuala Tanjung.

  • Selasa, 13 Feb 2018 00:31

    Rakernas Himmah Rekomendasikan Kasus Register 40 ke Jokowi

    Rapat kerja nasional (Rakernas) Himpunan Mahasiswa Alwasliyah (Himmah) merekomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menuntaskan kasus register 40 di Provinsi Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir