Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kurun Waktu 2 Tahun Sumut Alami Bencana 493 Kali

Kurun Waktu 2 Tahun Sumut Alami Bencana 493 Kali

Rabu, 22 Nov 2017 22:11
Dibaca: 664 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi buka jambore kesiapsiagaan bencana.
DINAMIKARAKYAT - Provinsi Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana. Kurun waktu 2015-2016 telah terjadi bencana sebanyak 493 kali, di mana sebagian besar adalah banjir yaitu 299 kejadian.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat membuka Jambore Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sumatera Utara 2017, di Taman Jubileum Sibolangit, Deliserdang, Rabu 22 November 2017.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi, Kepala Basarnas Medan Budiawan, Kepala BPBD Provsu Raidil Akhir Lubis, Bupati Labura Khairuddin Syah Sitorus, Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Samosir, Rektor Universitas Sari Mutiara juga para Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sumbar dan Kabupaten Serang.

Berdasarkan data BNPB Sumut, selama kurun waktu 2015-2016 telah terjadi bencana di Sumut sebanyak 493 kali yang sebagian besar adalah banjir yaitu 299 kejadian.

Selain banjir, dalam kurun waktu tersebut terjadi bencana akibat cuaca ekstrim sebanyak 58 kejadian,  tanah 40 kejadian, gempa bumi 38 kejadian dan selebihnya adalah abrasi, kebakaran hutan epidemi, kekeringan dan bencana lainnya.

"Kejadian banjir bencana alam tertinggi, sebagian besar terjadi di wilayah topografi rendah di pesisir Timur Sumut. Selain itu, cuaca ekstrim dan musim hujam yang terjadi berkepanjangan menjadi penyebab bencana banjir pesisir timur hingga hingga bencana longsor," paparnya.

Di samping kejadian banjir dan bencana longsor yang terjadi secara periodik, Erry mengungkapkan bencana alam lainnya yang masih terus memerlukan perhatian bersama adalah erupsi Gunung Sinabung yang sampai saat masih terjadi.

"Untuk itu atasnama pemerintah dan masyarakat Sumut, saya ucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang sampai saat ini konsisten memberikan perhatian khusus kepada Sumut, baik untuk percepatan dampak bencana Sinabung, banjir dan bencana lainnya," paparnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:basarnasbencana alamaBNPBbpbd sumuterupsi gunung sinabung
Berita Terkait
  • Senin, 24 Des 2018 12:29

    Tsunami Selat Sunda: 281 Tewas, 1.016 Luka dan 57 Hilang

    Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, penanganan pengungsi, dan perbaikan darurat sarana prasarana yang rusak.

  • Jumat, 01 Des 2017 20:04

    Gubernur Sumut dan 4 Kepala Daerah Studi Bencana ke Jepang

    Selama di Jepang, Tengku Erry didampingi 3 bupati dan 1 walikota masing-masing Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu dan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.

  • Jumat, 10 Nov 2017 23:59

    Gubernur Sumut Tinjau Lokasi Banjir Tiga Daerah

    Tengku Erry didampingi Sekda Langkat Indra Salahuddin mengarungi banjir menggunakan perahu karet di Lingkungan 3 Payakiri, Kelurahan Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

  • Kamis, 26 Okt 2017 22:41

    Field Trip di Raja Ampat, Tengku Erry Minta Pemda Tidak Mengabaikan PRB

    Gubernur Tengku Erry Nuradi meminta agar Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dapat diselaraskan dan diintegrasikan dalam berbagai aktivitas pembangunan daerah di Sumatera Utara.

  • Kamis, 26 Okt 2017 07:02

    Miliki 12 Jenis Bencana, Sumut Terpilih Tuan Rumah PRB 2018

    Penetapan Sumut sebagai tuan rumah ditandai dengan penyerahan bendera (pataka) kepada Gubernur Sumut diwakili oleh Kepala BPBD Riadil Akhir Lubis.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir