Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kejahatan Kemanusian: Irham Imbau Edy & Musa Berangkat ke Wamena

Kejahatan Kemanusian: Irham Imbau Edy & Musa Berangkat ke Wamena

Kamis, 03 Okt 2019 21:24
Dibaca: 331 kali
drberita/istimewa
Irham Buana.
Bobby Nasution Center
DRberita | Anggota DPRD Sumut Irham Buana mengimbau Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah agar turun langsung mengamankan warga Sumut yang ada di Wamena.

Kejahatan kemanusiaan di Wamena, Papua, memerlukan dialog-dialog antara pemda dan tokoh masyarakat setempat dengan pemda yang warganya banyak bermukim di sana.

"Untuk konteks Sumatera Utara, saya pikir pemda yakni Gubernur dan wakilnya beserta dewan harus segera turun langsung ke sana. Tidak bisa terpisah karena pemda itu kepala daerah dan DPRD. Harus berdialog dan urun rembug. Kejahatan kemanusiaan ini memang memerlukan urun rembug, itu sebab warga sangat perlu untuk ditenangkan," kata Irham, Kamis 3 Oktober 2019.

Politisi Golkar ini menduga ada pemantik atau pemicu yang mengakibatkan kejahatan kemanusiaan terjadi di Wamena.

"Tentu ada pemicu. Karena kita tahu selama ini Wamena kondusif, hubungan antara warga lokal dengan dari luar Wamena terjalin harmonis. Apa pemicunya harus diidentifikasi dengan urun rembug yang menjunjung kearifan lokal di sana. Kalau kita biarkan pemicu ini tentu bisa saja berdampak pada keberlangsungan kondusifitas nasional," kata Irham.

"Jadi bukan hanya semata hanya kita mendata warga," sambung Irham, menyarankan perlu dilakukan segera dengan sejumlah catatan.

"Misalnya dievakuasi ke tempat yang kondusif terlebih dulu tanpa harus memulangkan ke Sumut. Karena bila kita pulangkan ke Sumut, justru akan berdampak pada perekonomian warga kita yang sudah berpuluh tahun hidup bersama warga lokal di Wamena," kata Irham.

Terkait tim yang dibentuk Edy dan Musa untuk ke Wamena, Irham menyarankan agar melibatkan lembaga kemanusiaan independen.

"Memang kita tahu dalam tim ada juga Lembaga ACT terhadap kemanusiaan. Tapi saya pikir perlu dilibatkan tim lain seperti KontraS atau media massa yang update melaporkan kondisi real di sana tanpa masyarakat harus termakan info hoax," katanya. (art/drb)

Editor: admin

T#g:edy rahmayadiirham buanakejahatan kemanusiaanmusa rajekshahpapuawamena
Berita Terkait
  • Sabtu, 22 Feb 2020 22:13

    Kabarnya Usulan Gubsu, PUPR Akan Bangun Sekolah Baru di Mandailing Natal

    Rencana pembangunan sekolah baru di Kabupaten Mandailing Natal tersebut dikabarkan awalnya atas usulan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi ke Kementerian PUPR.

  • Kamis, 20 Feb 2020 11:24

    Lasro Marbun Pejabat Bermasalah dari DKI, Gubsu Edy Salah Pilih

    Belasan massa dari DPW PEMA Sumut beraksi di depan Kantor Inspektorat Provinsi, Jalan Wahid Hasyim, Medan, Kamis 20 Februari 2020. Massa menuding Lasro Marbun pejabat bermasalah dan minta Gubsu Edy Rahmayadi menyopotnya.

  • Rabu, 19 Feb 2020 11:03

    Baku Tembak Dengan KKSB: Kodam Cenderawasih Pastikan Seorang Remaja Perempuan Tertembak

    Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih memastikan seorang warga bernama Kina Sani, tertembak oleh anggota KKSB. Korban seorang remaja perempuan berusia 14 tahun tertembak di telapak kaki kirinya.

  • Jumat, 14 Feb 2020 10:32

    Kapolda Sumut: Stop Isu Babi

    Menurut Kapolda, setelah diklarifikasi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkait pemberitaan di media, Gubernur menyatakan tidak ada rencana memusnahkan ternak babi, hanya memusnahkan babi yang telah terjangkit virus AFS.

  • Kamis, 13 Feb 2020 22:35

    Kepada KKDBI, Edy Pastikan Tidak akan Musnahkan Babi

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memastikan Pemprovsu tidak akan memusnahkan ternak babi yang terjangkit virus Afrikan Swain Fever (ASF). Virus tersebut ternyata tidak menular ke manusia dan hewan lainnya, hanya kepada babi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir