Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kejahatan Kemanusian: Irham Imbau Edy & Musa Berangkat ke Wamena

Kejahatan Kemanusian: Irham Imbau Edy & Musa Berangkat ke Wamena

Kamis, 03 Okt 2019 21:24
Dibaca: 187 kali
drberita/istimewa
Irham Buana.
DRberita | Anggota DPRD Sumut Irham Buana mengimbau Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah agar turun langsung mengamankan warga Sumut yang ada di Wamena.

Kejahatan kemanusiaan di Wamena, Papua, memerlukan dialog-dialog antara pemda dan tokoh masyarakat setempat dengan pemda yang warganya banyak bermukim di sana.

"Untuk konteks Sumatera Utara, saya pikir pemda yakni Gubernur dan wakilnya beserta dewan harus segera turun langsung ke sana. Tidak bisa terpisah karena pemda itu kepala daerah dan DPRD. Harus berdialog dan urun rembug. Kejahatan kemanusiaan ini memang memerlukan urun rembug, itu sebab warga sangat perlu untuk ditenangkan," kata Irham, Kamis 3 Oktober 2019.

Politisi Golkar ini menduga ada pemantik atau pemicu yang mengakibatkan kejahatan kemanusiaan terjadi di Wamena.

"Tentu ada pemicu. Karena kita tahu selama ini Wamena kondusif, hubungan antara warga lokal dengan dari luar Wamena terjalin harmonis. Apa pemicunya harus diidentifikasi dengan urun rembug yang menjunjung kearifan lokal di sana. Kalau kita biarkan pemicu ini tentu bisa saja berdampak pada keberlangsungan kondusifitas nasional," kata Irham.

"Jadi bukan hanya semata hanya kita mendata warga," sambung Irham, menyarankan perlu dilakukan segera dengan sejumlah catatan.

"Misalnya dievakuasi ke tempat yang kondusif terlebih dulu tanpa harus memulangkan ke Sumut. Karena bila kita pulangkan ke Sumut, justru akan berdampak pada perekonomian warga kita yang sudah berpuluh tahun hidup bersama warga lokal di Wamena," kata Irham.

Terkait tim yang dibentuk Edy dan Musa untuk ke Wamena, Irham menyarankan agar melibatkan lembaga kemanusiaan independen.

"Memang kita tahu dalam tim ada juga Lembaga ACT terhadap kemanusiaan. Tapi saya pikir perlu dilibatkan tim lain seperti KontraS atau media massa yang update melaporkan kondisi real di sana tanpa masyarakat harus termakan info hoax," katanya. (art/drb)

Editor: admin

T#g:edy rahmayadiirham buanakejahatan kemanusiaanmusa rajekshahpapuawamena
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Okt 2019 21:38

    Gubernur Edy Disambut Hangat Customer Gathering Bank Sumut di Batam

    Dalam kunjungannya, Edy Rahmayadi turut menyapa para nasabah yang sedang bertransaksi di Bank Sumut Cabang Batam. Terlihat beberapa nasabah mengajak Edy foto bersama.

  • Kamis, 03 Okt 2019 22:23

    Lelang Ulang OPD Pemprovsu, Sabrina: Yang lain nyusul

    Satu dari 9 OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dilakukan lelang ulang. Delapan OPD lainnya akan menyusul. OPD yang dilelang ulang yaitu Direktur Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Muhammad Ildrem.

  • Rabu, 02 Okt 2019 00:35

    Musa Komitmen Cegah Korupsi di Pemprov Sumut

    Tata kelola pemerintah yang baik, adil, terpercaya, politik yang beretika, masyarakat yang berwawasan kebangsaan, dan memiliki kohesi sosial yang kuat serta harmonis.

  • Rabu, 02 Okt 2019 00:22

    Edy Siapkan Tim dari Sumut ke Papua

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membentuk tim khusus untuk menangani warga Sumut yang ada di Wamena, Papua. Tim khusus diharapkan segera bekerja dan berangkat ke Papua.

  • Rabu, 02 Okt 2019 00:03

    Basaria Panjaitan Bicara Pencegahan Korupsi di Kantor Gubernur Sumut

    Dalam Perpres 54/2018 tentang Stranas PK, KPK merupakan salah satu unsur Stranas PK dalam memahami dan melakukan upaya pencegahan korupsi kepada arah kebijakan nasional sesuai dengan kebutuhan pencegahan korupsi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir