Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kecuali Papua, 100 Persen TNI AD Kawal Pelantikan Jokowi

Kecuali Papua, 100 Persen TNI AD Kawal Pelantikan Jokowi

Rabu, 09 Okt 2019 23:44
Dibaca: 290 kali
drberita/istimewa
KSAD Jenderal Andika Perkasa.
DRberita | Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan perkembangan keamanan wilayah di Indonesia menjelang pelantikan presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang sangat baik.

"Kami semua kumpul dalam rangka untuk meng-update situasi terakhir di semua wilayah tapi dalam hal ini kecuali di Papua, karena memang mereka sedang fokus operasi di wilayahnya. Kami minta update tentang situasi terakhir jadi secara umum perkembangan sebetulnya sudah sangat-sangat baik," kata Jenderal Andika Perkasa di Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019.

Menurutnya, memang ada beberapa daerah yang saat ini menjadi perhatian dan masuk inventarisasi TNI AD sebagai wilayah-wilayah yang berpotensi rawan.

"30 persen itu adalah estimasi setelah kita inventarisasi, kita semakin tahu perlu fokus di daerah mana saja, kita sudah merencanakan menyiapkan dari titik-titik yang kita anggap tidak terlalu rawan untuk, menyiapkan pasukan-pasukan sehingga apabila dibutuhkan itu bisa kita gerakkan ke titik yang menjadi pusat," ujarnya.

Andika mengatakan, untuk personel pengamanan, mengerahkan hampir 100 persen kekuatan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik.

"Kita mengerahkan semua seluruh jajaran, bukan hanya satuan tempur, tapi juga satuan teritorial, kalau jumlah hampir 100 persen kekuatan angkatan darat, bukan untuk 'standby force', tetapi semuanya siap untuk membantu menciptakan kondisi yang lebih bagus," kata Andika.

Untuk saat ini, menurut dia, hanya ada dua persoalan yang menonjol, yakni adanya rencana demonstrasi, terutama di beberapa daerah yang sudah menginformasikan akan menggelar aksi.

"Tapi rencana demonstrasi itu pun tidak terlihat, paling tidak sampai hari ini tidak terlihat di semua wilayah, ada beberapa daerah yang secara faktual memang sudah mendapatkan informasi tanggal pelaksanaan maupun tempatnya, tapi itu sangat sedikit," kata dia.

Kemudian, persoalan kedua, menurut dia, terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus diupayakan penanganan dan pemadaman api.

"Semua sudah bekerja keras, untuk berusaha menangani dan memadamkan sebisa mereka dengan bekerjasama semua instansi, leading sektornya dalam hal ini BNPB, kita semua para panglima kodam dan panglima korem semuanya membantu all out," ujarnya. (art/drb)

Editor: admin

Sumber: republika.co.id

T#g:jenderal andika perkasapilpres 2019Presiden Jokowi
Berita Terkait
  • Sabtu, 28 Sep 2019 12:02

    Dilema, Jokowi Sendiri & RUU KPK

    Sebuah pilihan yang sulit bagi Jokowi. Diteruskan akan berhadapan dengan mahasiswa! Tak diteruskan dengan Perppu KPK, bakal ditinggal Parpol Koalisi. Apalagi, BEM se-Indonesia menolak undangan pertemuan dengan Presiden Jokowi.

  • Jumat, 27 Sep 2019 23:30

    Puan & Yasonna Mundur dari Anggota Kerja Jokowi

    Dua menteri Jokowi yang akan dilantik sebagai anggota DPR yakni Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Keduanya berasal dari PDI Perjuangan.

  • Selasa, 24 Sep 2019 09:59

    Aktivis PMII: Jokowi Harus Terbitkan Perppu KPK Seperti SBY

    Pemerintagh harus gerak cepat dalam melihat gejolak yang ditimbulkan akibat RUU KPK yang disahkan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK.

  • Rabu, 18 Sep 2019 10:40

    KPK Wajib Lapor ke Presiden, DPR, BPK dan Dewan Pengawas

    Revisi Undang Undang Komisi Pemberantsan Korupsi (RUU KPP) Nomor 30 Tahun 2002 yang baru disahkan, ternyata menguntungkan Presiden, DPR, BPK plus Dewan Pengawas (DP).

  • Jumat, 13 Sep 2019 00:32

    Membangun Pariwisata dengan Aparat & Kekerasan

    BPODT mengirim alat berat ke Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. BPODT bermaksud membangun jalan dari The Nomadic Kaldera Toba Escape menuju Batu Silali sepanjang 1900 meter dan lebar 18 meter.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir