Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kata Menteri Agama, Toleransi dan Kerukunan Bukan Milik Sesuatu Golongan

Kata Menteri Agama, Toleransi dan Kerukunan Bukan Milik Sesuatu Golongan

Oleh: Admin
Selasa, 03 Jan 2017 16:31
Dibaca: 577 kali
istimewa
Gubernur Sumut memberikan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN Kementerian Agama.
DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumut Erry Nuradi mengajak seluruh masyarakat yang terdiri dari beraneka suku, agama, ras dan golongan untuk tetap menjalin persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

Demikian disampaikan Gubernur Sumut pada apel Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama di Lapangan Benteng Medan, Selasa (3/1/2017).

Ia berharap hal itu menjadi momentum peningkatan pelayanan Kementerian Agama, khususnya dalam mempererat kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Atasnama Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, kami mengucapkan dirgahayu Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 71. Salah satu yang dapat mempersatukan kebhinekaan itu adalah Kementerian Agama," ucap Erry.
Menteri Agama Agama RI Lukman Hakim Saifudin dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Sumut mengaku bangga kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Agama dan peserta upacara yang hadir.

Dikatakan, agama tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bangsa dan negara RI. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional dan menjaga keutuhan NKRI.

"Agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tata kehidupan masyarakat, sehingga dijadikan salah satu sumber pembentukan hukum nasional. Agama menjadi ruh kehidupan kebangsaan kita sesuai dengan dasar ketuhanan yang maha esa," ujarnya.

Agama yang diyakini dan diamalkan oleh umatnya masing-masing menjadi unsur pembentuk nation dan character building bangsa Indonesia yang majemuk. Oleh karenanya seluruh umat beragama harus menyadari dan disadarkan bahwa nilai-nilai agama merupakan unsur perekat intergrasi nasional.
"Dalam kaitan ini pula saya ingin mengingatkan, toleransi dan kerukunan bukan milik sesuatu golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama. Saling menghormati dan saling menghargai identitas keyakinan antar umat beragama harus terus dijaga dalam upaya melindungi keutuhan NKRI," ujarnya.

Menteri Lukman juga berpesan agar ASN Kementerian Agama senantiasa mengembangkan wawasan serta meningkatkan keterampilan dan kesigapan dalam bertugas. Ego sektoral, sektarianisme dan sejenisnya harus disingkirkan dari lingkungan kerja kementerian agama.

"Kita harus bersikap sebagai agamawan sekaligus negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok," harapnya.

Pada peringatan Hari Amal Bakti ke -71 di Sumut, Gubernur Erry Nuradi menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN di Kementerian Agama di Sumut.

Tanda kehormatan ini diberikan sebagai penghargaan atas darmabakti ASN yang telah bekerja, dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara dan Pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin. (art/drc)
T#g:bhineka tunggal ikagubernur erry nuradikementerian agamalapangan benteng medanlukman hakim saifuddinmenteri agamanktiuud 1945
Berita Terkait
  • Senin, 24 Des 2018 13:08

    Menteri Agama: Selamat Merayakan Natal dan Menyambut Tahun Baru 2019

    "Saya mengajak seluruh umat Kristiani khususnya dan segenap umat beragama untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai, dan terus proaktif mendukung percepatan pembangunan," pesan Lukman.

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:16

    Penukaran Uang Pecahan Kecil Jelang Idul Fitri Cukup Tunjukkan KTP Elektronik

    Untuk penukaran uang kecil juga dilakukan BI Sumut melalui loket mobile disejumlah pasar tradisional di Kota Medan mencapai Rp 1,1 miliar dan di loket-loket bank umum sebesar Rp 215,6 miliar.

  • Jumat, 01 Jun 2018 23:24

    Presiden Jokowi Ajak Rakyat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

    Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjadikan peringatan hari lahir Pancasila sebagai momen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

  • Jumat, 01 Jun 2018 23:22

    Tengku Erry: Mari Kita Jaga Pancasila, Jangan Mau Diadudomba

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi MSi mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sumatera Utara untuk menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momen untuk menjaga persatuan dan menghindari perpecahan.

  • Jumat, 23 Mar 2018 01:52

    6 Rektor dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Dilantik, 1 Antaranya Ketua STAIN Madina

    Torkis Lubis dilantik di kantor Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Selasa 20 Maret 2018 bersama 5 rektor dan ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) lainnya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir