Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Kadis SDACKTR Sumut dan Staf Teken Fakta Integritas Bebas Narkoba

Kadis SDACKTR Sumut dan Staf Teken Fakta Integritas Bebas Narkoba

Selasa, 29 Okt 2019 01:14
Dibaca: 214 kali
drberita/istimewa
Kepala Dinas SDACKTR Sumut Alfi Syahriza (tengah) menandatangani fakta integritas bebas dari narkoba bersama BNNP Sumut dan seluruh staf jajaran.
DRberita | Jajaran pegawai Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan "Deklarasi Bersama Bebas Dari Narkoba dan Penandatanganan Pakta Integritas Bebas Narkoba" di kantor dinas, Jalan Sakti Lubis Medan, Senin 28 Oktober 2019.

Kepala Dinas SDACKTR Sumut Alfi Syahriza mengungkapkan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika 2018-2019. Kegitan ini juga dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

"Selaku OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kita berkewajiban melaksanakan kegiatan seperti ini, sekaligus sebagai wujud nyata memerangi bahaya penyalahgunaan narkotika," katanya.

Penyalahgunaan narkotika terbukti telah merusak masa depan bangsa dan negara manapun. Daya rusaknya juga luar biasa. Bisa merusak karakter manusia, merusak fisik dan kesehatan masyarakat serta dalam jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan sebuah bangsa.

"Dengan daya rusak seperti itu, narkoba bisa digolongkan sebagai kejahatan luar biasa dan serius. Tidak ada pilihan lain bagi kita untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Perang terhadap kejahatan narkoba ini memerlukan kerja sama semua pihak, tidak hanya BNN, namun semua pihak mesti turun tangan membantu melawan kejahatan narkoba," katanya.

Jika didapati pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas SDACKTR terjerat penyalahgunaan narkotika setelah deklarasi dan penandatanganan pakta integritas, maka kata Alfi, dirinya tak akan sungkan untuk memecat siapa saja yang terlibat.

"Saya akan bertindak represif jika ada ASN dan pejabat dinas ini melakukan kejahatan narkoba, baik apakah dia sebagai pemakai apalagi pengedar. Takkan ada ampun lagi untuk itu. Karena sebelum saya diberi amanah bertugas di sini, hal-hal semacam ini pernah terjadi. Saya harapkan ke depan kejahatan-kejahatan narkoba maupun minuman keras, tidak ada lagi di dinas ini setelah deklarasi," tegasnya.

Deklarasi bebas narkoba dan fakta integritas ini dipandu salah seorang kepala bidang, diikuti pejabat eselon 3, 4 dan staf lainnya dengan disaksikan Kepala Dinas SDACKTR Alfi Syahriza didampingi Sekretaris Muhammad Haldun dan Penyuluh Narkoba Ahli Madya BNNP Sumut Karjono.

Karjono kepada wartawan mengapresiasi deklarasi yang digagas Dinas SDACKTR Sumut. Menurut dia, kegiatan ini sangat baik sebagai tindak lanjut dari Inpres No.6/2018. Semua OPD di Pemprovsu harusnya membuat rencana aksi P4GN tersebut.

"Salah satunya membuat pakta integritas bagi seluruh ASN di lingkungannya. Jadi mereka sudah berjanji untuk tidak terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyalahgunaan narkoba," katanya.

Pihaknya berharap bagi OPD yang sudah melaksanakan kegiatan deklarasi dan penandatanganan fakta integritas ini mampu menstimulus bahaya narkoba ke keluarganya masing-masing. "Selain si ASN yang bersih, lingkungan OPD bersih, juga keluarga ASN ikut bersih dari penyalahgunaan narkoba. Itu intinya," pungkasnya. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: Pers Rilis

T#g:alfi syahrizalbnn sumutdinas sdacktrfakta integritas bebas narkoba
Berita Terkait
  • Jumat, 03 Nov 2017 01:51

    Ribuan Mahasiswa UMN Medan Dapat Pencerahan Bahaya Narkoba

    Ribuan mahasiswa UMN Al Washliyah Medan mendapat pencerahan akan bahaya narkoba dari Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto dan Gubernur Tengku Erry Nuradi pada acara Tabligh Akbar Deklarasi Sadar Bahaya Narkoba.

  • Jumat, 25 Agu 2017 00:54

    Peran Orangtua Itu Sebagai Guide Untuk Anak

    Kasih sayang dan pengawasan orangtua adalah kunci utama agar anak tidak terbawa arus pergaulan di lingkungannya baik masyarakat, sekolah dan lainnya yang mengarah kepada tindakan negatif.

  • Minggu, 19 Mar 2017 21:27

    BNN Sumut Berencana Gerebek Diskotik X3 Yanglim Plaza dan Equator

    Rencana itu terkait dugaan lokasi peredaran dan transaksi narkoba menyusul adanya seorang pengunjung yang overdosis usai mengkonsumsi ekstasi di X3 Yanglim Plaza.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir