Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Jokowi Nasehati Bobby-Kahiyang Pake Bahasa Mandailing

Jokowi Nasehati Bobby-Kahiyang Pake Bahasa Mandailing

Minggu, 26 Nov 2017 00:36
Dibaca: 673 kali
drberita/istimewa
Jokowi dan istri Iriana.
DINAMIKARAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan nasihat dengan bahasa Mandailing kepada Bobby dan Kahiyang dalam resepsi pernikahan pesta adat di Medan, Sabtu 25 November 2017.

"Kita diajarkan, holong da maroban domu, domu maroban parsaulian. Kasih sayang membawa persatuan. Persatuan membawa kebaikan bersama," ucap Jokowi.

"Ada beberapa hal yang ananda berdua amalkan, pantun hangoluan, teas hamatean, untuk itu harus menjaga sopan santun, jika tidak menjaga sopan santun maka malapetaka akan datang," sebut Jokowi didampingi istri Iriana.

Jokowi juga mengingatkan dalam bahasa Mandailing 'suan tobu di bibir dohot di ate-ate'. Artinya sesuatu yang baik itu, tidak hanya terlihat manis di bibir saja tetapi dalam hati harus sama. Juga dalam membina kerukunan bertetangga, bersaudara, dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Sehingga apa yang diperbuat, maka begitu pula yang akan diterima dari orang lain.

"Tangi di siluluton, inte di siriaon. Artinya, jika ada kemalangan walaupun kita tidak diundang, kita wajib untuk datang dan menolong. Tetapi jika ada kegembiraan, kita hanya wajib datang kalau diundang. Bahat disabur, anso bahat salongon, kalau kita banyak menanam (kebaikan) maka kita akan banyak memetik hasilnya," ujar Jokowi kepada anak dan menantunya.

Usai pesta adat, Jokowi bersama keluarga besar dari Solo serta rombongan keluarga besar (alm) Erwin Nasution beranjak dari lokasi untuk kembali ke kediaman. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bobby kahiyangpesta adatPresiden Jokowi
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Feb 2018 00:31

    Rakernas Himmah Rekomendasikan Kasus Register 40 ke Jokowi

    Rapat kerja nasional (Rakernas) Himpunan Mahasiswa Alwasliyah (Himmah) merekomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menuntaskan kasus register 40 di Provinsi Sumatera Utara.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:25

    Anak Medan Penghina Jokowi dan Tito Divonis 18 Bulan Penjara

    Farhan Balatif terbukti bersalah melakukan penghinaan terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui media sosial facebook dan twitter.

  • Kamis, 28 Des 2017 22:33

    Terdakwa Muhammad Farhan Hina Jokowi Karena Kinerja Buruk

    Muhammad Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah, terdakwa penghinaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui facebook dan twitter didasari kinerja buruk selama menjabat sebagai kepala negara.

  • Senin, 27 Nov 2017 23:57

    Tengku Erry Dampingi Jokowi Tanam Pohon Sawit di Sergai

    Presiden Jokowi menanam pohon kelapa sawit di Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), untuk program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Senin 27 November 2017, didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

  • Senin, 27 Nov 2017 22:25

    Di Siantar Sumut, Jokowi Pesan Rakyat Jangan Pecah Gara-gara Politik

    Dalam rangkaian kegiatannya di Sumatera Utara, Presiden Jokowi berkunjung ke Kota Pematangsiantar, untuk menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada masyarakat.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir