• Home
  • Politik
  • Jokowi Nasehati Bobby-Kahiyang Pake Bahasa Mandailing

Jokowi Nasehati Bobby-Kahiyang Pake Bahasa Mandailing

Minggu, 26 Nov 2017 00:36
Dibaca: 780 kali
drberita/istimewa
Jokowi dan istri Iriana.
DINAMIKARAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan nasihat dengan bahasa Mandailing kepada Bobby dan Kahiyang dalam resepsi pernikahan pesta adat di Medan, Sabtu 25 November 2017.

"Kita diajarkan, holong da maroban domu, domu maroban parsaulian. Kasih sayang membawa persatuan. Persatuan membawa kebaikan bersama," ucap Jokowi.

"Ada beberapa hal yang ananda berdua amalkan, pantun hangoluan, teas hamatean, untuk itu harus menjaga sopan santun, jika tidak menjaga sopan santun maka malapetaka akan datang," sebut Jokowi didampingi istri Iriana.

Jokowi juga mengingatkan dalam bahasa Mandailing 'suan tobu di bibir dohot di ate-ate'. Artinya sesuatu yang baik itu, tidak hanya terlihat manis di bibir saja tetapi dalam hati harus sama. Juga dalam membina kerukunan bertetangga, bersaudara, dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Sehingga apa yang diperbuat, maka begitu pula yang akan diterima dari orang lain.

"Tangi di siluluton, inte di siriaon. Artinya, jika ada kemalangan walaupun kita tidak diundang, kita wajib untuk datang dan menolong. Tetapi jika ada kegembiraan, kita hanya wajib datang kalau diundang. Bahat disabur, anso bahat salongon, kalau kita banyak menanam (kebaikan) maka kita akan banyak memetik hasilnya," ujar Jokowi kepada anak dan menantunya.

Usai pesta adat, Jokowi bersama keluarga besar dari Solo serta rombongan keluarga besar (alm) Erwin Nasution beranjak dari lokasi untuk kembali ke kediaman. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bobby kahiyangpesta adatPresiden Jokowi
Berita Terkait
  • Senin, 14 Mei 2018 01:02

    Pilpres: Golkar Ingin Sosok Airlangga ataupun JK

    Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham merasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berpengalaman untuk memilih pasangan untuk menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

  • Senin, 07 Mei 2018 01:04

    IMM: Pemko Medan Terlalu Berlebihan Sikapi Atribut #2019GantiPresiden

    Tagar #2019GantiPresiden, #2019TetapJokowi atau #Jokowi2Periode merupakan pendapat rakyat secara konstitusional mengingat pemilihan presiden memang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

  • Minggu, 22 Apr 2018 12:58

    Pilpres 2019: Jokowi Vs Gatot Bisa Terjadi

    Mantan Panglima TNI itu minimal harus mendapat dukungan dari gabungan partai yang memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen perolehan suara sah nasional. Saat ini, Gatot hanya mengandalkan sejumlah kelompok relawannya.

  • Senin, 16 Apr 2018 00:28

    Tak Ada Solusi, Bangunan Milik Besan Jokowi Resahkan Warga Sebelah

    Sampai saat ini tak ada solusi dari Pemko Medan untuk menertibkan bangunan milik besan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresahkan warga, khusunya yang tinggal di sebelah, di Jalan Pon 3, Medan, Sumut.

  • Senin, 09 Apr 2018 20:26

    Demo BBM, Mahasiswa Sholat Dalam Gedung Paripurna DPRD Sumut

    Ratusan mahasiswa yang terdiri dari beberapa universitas di Kota Medan menggelar aksi unjukrasa dan sholat berjamaah, dalam rangka protes kenaikan harga Pertalite, dan kelangkaan Premium, DPRD Sumut, Senin 9 April 2018.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir