Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Gubsu Apresiasi Dewan: Kata Wagirin, Semua Etnis Harus Gunakan Bahasa Indonesia

Gubsu Apresiasi Dewan: Kata Wagirin, Semua Etnis Harus Gunakan Bahasa Indonesia

Senin, 09 Okt 2017 00:07
Dibaca: 242 kali
drberita/istimewa
Gubsu Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mendapat penghargaan jadi duta bahasa kehormatan.
DINAMIKARAKYAT - Gubernur Tengku Erry Nuradi mengapresiasi DPRD Sumut atas lahirnya Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang perlindungan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah  yang pertama kali di Indonesia.

"Bahwa ini menjadi perda pertama di Indonesia, Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khusunya DPRD Sumut yang telah mengupayakan lahirnya Perda ini," ungkap Erry di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu 8 Oktober 2017.

Namun yang terpenting, katat Erry, adalah penerapan perda sehingga Bahasa Indonesia bisa diutamakan penggunaannya di Sumatera Utara.

Langkah pertama yang perlu dilakukan. lanjut Erry, melakukan sosialisasi perda kepada masyarakat luas agar mengetaui dan bisa menerapkannya kemudian.

"Dengan adanya perda ini semua kita bisa memantau ruang-ruang publik yang belum mengutamakan penggunaaan bahasa Indonesia agar dapat disampaikan kepada yang bersangkutan agar bisa merubahnya," ujar Erry.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman melihat saat ini banyak sekali bahasa asing digunakan sebagai promosi usaha. Dengan adanya Perda No. 6 tahun 2017, maka pemerintah harus tegas.

"Pemprov Sumut tidak boleh ragu menerapkan aturan yang ada. Sosialisasikan, utamakan bahasa Indonesia menjadi kewajiban di Sumut karena sudah ada aturannya," katanya.

Jika melihat negara-negara lain seperti Thailand, Rusia, Jepang dan Korea yang sudah maju, kata Wagiri, mereka tetap mengutamakan bahasa nasionalnya. Demikian juga Indonesia, harusnya menjadi bahasa utama.

"Kepada seluruh etnis yang ada di Sumut, ketika berada di ruang publik harus gunakan bahasa Indonesia untuk persatuan dan kesatuan bangsa," tegas Wagirin. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bahasa daerahbahasa indonesiawagirin arman
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Sep 2018 00:33

    Tergerus Bahasa Asing, Kota Binjai Ingin Menjadi Barometer Bahasa Indonesia

    Kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik harus terus ditingkatkan warga negara yang lahir dan dibesarkan di Indonesia. Tapi pada kenyataannya banyak masyarakat justru lebih bangga menggunakan bahasa asing.

  • Minggu, 10 Jun 2018 03:19

    Ketua DPRD Sumut Digugat ke PTUN Medan

    Gugatan yang dibuat berdasarkan surat keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor: 11/K/2018 tanggal 5 Juni 2018, tentang Pemberhentian Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara sisa masa jabatan 2014-2019.

  • Kamis, 23 Nov 2017 00:57

    Wagirin Larang Penandatanganan KUA-PPAS Diliput, Aripay: Tidak benar itu

    Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sumut Wagiri Arman dan Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, yang sebelumnya diberlangsung di ruang paripurna. Karena tidak korum, rapat dialihkan ke ruangan aula lantai 1.

  • Minggu, 08 Okt 2017 23:19

    Pertama di Indonesia, Erry dan Wagirin Jadi Duta Bahasa Kehormatan

    Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dinobatkan sebagai Duta Bahasa Kehormatan oleh Balai Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu 8 Oktober 2017.

  • Senin, 07 Agu 2017 22:14

    Gubernur Sumut Sholat Zuhur Berjemaah di Masjid Agung Moskow

    Di sela-sela kunjungan kerja menghadiri rangkaian kegiatan Festival Indonesia 2017, Gubernur Sumut Erry Nuradi singgah dan sholat zuhur berjemaah di Masjid Agung Moskow, Rusia.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir