Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Gubsu: Zakat Berpotensi Mewujudkan Rasa Keadilan Sosial

Gubsu: Zakat Berpotensi Mewujudkan Rasa Keadilan Sosial

Minggu, 03 Jun 2018 01:31
Dibaca: 117 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi.
DINAMIKARAKYAT - Zakat merupakan salah satu solusi pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat. Tidak hanya itu, zakat juga dinilai memiliki potensi besar untuk mewujudkan rasa keadilan sosial bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi pada acara Peringatan Nuzulul Quran 1439 H/2018 M yang dirangkaikan dengan penerimaan zakat serentak dari kaum aghniya dan pemberian santunan kepada anak yatim dan para lansia, di Lapangan Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Jumat 1 Juni 2018.

"Zakat tentunya akan berdampak positif dalam mengentaskan kemiskinan. Hal ini karena di dalam zakat itu sendiri telah diatur secara jelas, siapa saja yang berhak menjadi penerima zakat, yakni yang tergolong menjadi delapan asnaf. Seperti golongan fakir dan miskin," ujarnya.

Erry menyampaikan bahwa zakat adalah salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting, strategis, dan menentukan baik dari sisi hukum agama maupun dari sisi pembangunan ekonomi umat.

Sebagai suatu ibadah, kata Erry, zakat termasuk rukun Islam, dimana kesediaan berzakat bagi umat Islam dipandang sebagai indikasi utama kedudukan seseorang terhadap ajaran Islam.

Dari sisi pembangunan ekonomi umat, menurutnya, ibadah zakat mengandung berbagai hikmah dan manfaat yang demikian besar dan mulia baik bagi muzakki, mustahik, maupun masyarakat keseluruhan.

Terkait peringatan Nuzulul Quran, Erry mengajak para hadirin untuk mulai menghayati makna yang terkandung dalam Al-Quran ke dalam sendi-sendi kehidupan.

"Dengan memperingati Nuzulul Qur’an berarti mengingatkan kita turunnya ayat pertama iqra’ pada tanggal 17 Ramadhan. Al-Quran merupakan pedoman hidup yang mengatur seluruh aspek kehidupan kita, umat Islam," ujar Erry. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bulan ramadhanlebaran idul fitrinuzul quranPemprov Sumutzakat fitra
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:04

    Hulk & Black Panther Unjukrasa Depan Kantor Gubernur Sumut

    Hulk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang duduk dengan nyantai, namun terlibat penyelewengan uang rakyat.

  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:07

    TPHP Sumut Klaim Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Idul Fitri

    Tim Pemantau Harga Pangan (TPHP) Sumut mengklaim harga kebutuhan pangan masih tergolong stabil ‎menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Namun masih ada sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:18

    5 Maskapai Tambah Penerbangan Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu

    Pihak Bandara Kualanamu Internasional Airport, Deliserdang, Sumatera Utara, sudah menerima tambahan jadwal penerbangan (Ekstra Filght) dari 5 maskapai penerbangan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir