Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Dua Pasangan Calon Pilgub Sumut Dukung Pemekaran Kepulauan Nias, Tetapi...

Press release

Dua Pasangan Calon Pilgub Sumut Dukung Pemekaran Kepulauan Nias, Tetapi...

Rabu, 16 Mei 2018 23:37
Dibaca: 355 kali
drberita/istimewa
Dua pasangan calon di Pilgub Sumut.
DINAMIKARAKYAT - Dua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Utara, memiliki pendapat yang sama soal pemekaran Kepulauan Nias menjadi provinsi.

Pernyataan itu terungkap dalam debat publik Pilgub Sumut, beberapa pekan lalu di salah satu hotel di Medan.

Calon Wakil Gubernur Sumut nomor urut 2, Sihar Sitorus mendukung pemekaran Kepulauan Nias, namun pemekaran itu adalah kewenangan dari pemerintah pusat. Terpenting bagi mereka adalah percepatan dan pemerataan seluruh daerah di Provinsi Sumut, terutama Kepulauan Nias.

"Kewenangan pusat sudah mengatur kriteria bagaimana pemekaran suatu daerah. Yang terpenting dari itu, yaitu apa yang harus kita lakukan bagi Nias," ungkap Sihar.

Namun Sihar menyayangkan jika Kepulauan Nias berpisah dari Provinsi Sumut. Menurutnya, kekayaan yang dimiliki Kepulauan Nias sepatutnya menjadi pendongkrak investasi bagi Provinsi Sumut.

"Nias kaya akan pariwisata, memiliki sumber daya laut yang sangat luar biasa. Tapi Nias dari berbagai indeks, berada di bawah. Ini dengan kata lain kita harus menunjukkan keberpihakan kepada Nias," jelasnya.

Untuk solusinya Sihar mengatakan jika terpilih sabagai pemenang Pilgub Sumut akan siap menganggarkan alokasi dana demi wujudkan kemajuan Kepulaun Nias.

"Nias butuh infrastruktur baik fisik dan non-fisik. Kita akan alokasikan dana yang lebih besar dibandingkan lainnya. Tentunya dana ini diambil dari kerja efisiensi, biaya operasional, biaya investasi dan libatkan swasta bersama-sama dengan pemerintah mencari solusi terbaik bagi Nias," terangnya.

Sementara calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi mengatakan pemekaran wilayah merupakan wewenang pemerintah pusat. Edy mengakui siap mendukung pemekaran Kepulauan Nias jika itu menjadi keputusan pemerintah pusat.

"Jika itu pantas dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, kenapa tidak? Semua kita serahkan kepada pemerintah pusat," katanya.

Edy berjanji akan menyembatani pemekaran tersebut ke pemerintah pusat jika itu menjadi keinginan masyarakat Kepulauan Nias.

"Tugas kami sebagai gubernur hanya bisa memfasilitasi, membicarakannya, tetapi keputusan tetap ada pada pemerintah pusat, dan itu atas dasar keinginan masyarakat Nias," tuturnya.

Tetapi, mantan Panglima Kostrad tersebut meminta masyarakat Kepulauan Nias untuk menyiapkan diri jika ingin memisahkan diri dari Provinsi Sumut.

"Pemekaran itu menuntut sumber daya manusia, sumber daya alam, dan infrastruktur. Ada banyak yang harus dibicarakan untuk itu (pemekaran)," jelas Edy. (art/drc)

Editor: admin

T#g:djarot siharedy-ijeckedy ijeckpemekaran kepulauan niaspilgubsu 2018
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Jun 2018 08:22

    Dinamika Pilgubsu: Ketidaklaziman KTP-el dan Sikap Ambigu

    Esensi dari polemik yang ada bukan sah atau tidaknya KTP elektronik tersebut. Yang menjadi trigger hinggga isu lokal "beraroma" nasional ini menarik perhatian adalah stereotip yang terlanjur muncul.

  • Rabu, 06 Jun 2018 03:54

    Masyarakat Nias Kecewa, Djoss Menolak Pemekaran Provinsi di Sumatera Utara

    Namun sangat disayangkan aspirasi masyarakat Kepualuan Nias untuk menjadi sebuah provinsi sebagai solusi untuk memajukan Pulau Nias sampai saat ini belum mendapat ketidaksetujuan dari pengabil kebiajakan di Provinsi Sumatera Utara.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:34

    ICW Ingatkan Masyarakat Sumut Jangan Salah Pilih

    Masyarakat Sumatera Utara diminta untuk melihat secara detail rekam jejak Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang bertarung di Pilkada 2018, bebas dari korupsi dan anti korupsi.

  • Kamis, 31 Mei 2018 01:42

    IMM Sumut Imbau Masyarakat Pilih Kepala Daerah Antikorupsi dan Peduli Pemuda

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Indonesia tidak akan lama lagi dilaksanakan, kurang dari satu bulan. Termasuk juga pilkada di Sumatera Utara, baik pemilihan Gubernur dan Walikota/Bupati.

  • Kamis, 24 Mei 2018 22:39

    Ilyas Sitorus Berharap Tengku Erry Jadi Pj Gubernur

    Hal itu terjadi atas kerjasama berbagai stakeholder termasuk kerukunan umat beragama sehingga Provinsi Sumut menjadi tuan rumah perhelatan tingkat nasional seperti PON dan MTQ Nasional serta berbagai penghargaan nasional yang diraih lainnya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir