• Home
  • Politik
  • Dana Cetak Rp400 Miliar: Stiker Coklit Akar Masalah

pilgubsu 2018

Dana Cetak Rp400 Miliar: Stiker Coklit Akar Masalah

Sabtu, 10 Feb 2018 00:37
Dibaca: 189 kali
drberita/istimewa
Pengamat Sosial dan Budaya Hamdan Noor Manik
DINAMIKARAKYAT - Pemutahiran data pemilih pada Pilkada Serentak 2018 menjadi akar masalah pada proses pencoklitan yang diduga tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Pengamat Sosial dan Budaya Hamdan Noor Manik mengatakan hibah dana dari APBD untuk pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara bukan kecil diperoleh.

"KPU Sumut dan Pemprovsu sudah meneken kesepakatan dana hibah untuk Pilgubsu mencapai Rp1,2 triliun. Akan tetapi masalah cetak stiker coklit sampai saat ini juga belum selesai," ujar Hamdan Noor Manik kepada wartawan di Medan, Jumat 9 Februari 2018.

Hal ini, menurut Hamdan, membuat proses pencoklitan bisa jalan di tempat. Ia merasa terkejut dan heran padahal dana hibah sudah digelontorkan sekira Rp400 miliar untuk pencetakan stiker coklit. Akan tetapi cetak stiker tersebut belum tuntas juga.

"Seperti yang disampaikan oleh Kordinator JPPR Sumut, di Kabupaten Toba Samosir kebutuhan stiker ciklit seketitar 61.000 ribu yang telah diterima baru 31.000 sehingga kekurangan 30.000 stiker," sebutnya.

Hamdan mengatakan itu baru satu kabupaten, bagaiman dengan kabupaten kota lainnya seperti Kota Medan yang sampai jutaan, Kabupaten Deliserdang, Langkat, Simalungun, Labuhanbatu dan Mandailing Natal.

"Persoalan coklit dan hasil coklit ini bisa menjadikan persoalan baru yang sangat krusial. Akibatnya akan menimbulkan konflik sosial di masyarakat, selain itu amanat PKPU No. 2 tahun 2017 tidak akan tercapai," terangnya.

Hamdan juga mengatakan apa yang disampaikan oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea masih ada sekitar 1 juta lebih masyarakat di Sumut yang belum terekam dalam DP4. "Ini sudah jauh dari panggang untuk terdata," ujarnya.

Hamdan Noor Manik mengimbau KPU Sumut harus responsif menyelesaikan masalah coklit dengan waktu yang tidak berapa lama lagi.

"Mari kita masyarakt Sumut bergotong royong untuk mensukseskan pencoklitan dan pemilihan kepala daerah ini nantinya," serunya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:hamdan noor manikKPU Sumutpilgubsu 2018pilkada serentak
Berita Terkait
  • Minggu, 20 Mei 2018 07:41

    Sihar dan Ondim Hadir Dipembukaan Kejuaraan Catur Piala Gubernur Sumut

    Hadir Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, anggota DPR RI Sofyan Tan, Sihar Sitorus, Syah Affandi alias Ondim, para pecatur Sumut dan nasional serta undangan.

  • Rabu, 16 Mei 2018 23:37

    Dua Pasangan Calon Pilgub Sumut Dukung Pemekaran Kepulauan Nias, Tetapi...

    Dua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Utara, memiliki pendapat yang sama soal pemekaran Kepulauan Nias menjadi provinsi.

  • Rabu, 16 Mei 2018 03:05

    Deklarasi: Demokrat Siap Menangkan Edy-Ijeck

    Deklarasi dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) dukungan kepada Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rijek Shah.

  • Selasa, 01 Mei 2018 00:09

    Disambut Berpakain Adat, Edy Rahmayadi Menjawab Permintaan Pemekaran Pantai Barat

    Dalam kunjungannya ke kabupaten yang berada di Pantai Barat tersebut, sejumlah tokoh adat menginginkan Edy mendukung pemekaran wilayah Natal dan sekitarnya menjadi Kabupaten Pantai Barat, atau terpisah dari Kabupaten Mandailing Natal.

  • Senin, 30 Apr 2018 21:41

    Djarot Sindir Kasus Suap Gatot Pinjam Uang Pada Pihak Swasta

    Djarot Saiful Hidayat merasa heran saat mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) massa gubernurnya dijabat Gatot Pujo Nugroho mengajukan pinjaman ke pihak swasta.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir