Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Dana Cetak Rp400 Miliar: Stiker Coklit Akar Masalah

pilgubsu 2018

Dana Cetak Rp400 Miliar: Stiker Coklit Akar Masalah

Sabtu, 10 Feb 2018 00:37
Dibaca: 297 kali
drberita/istimewa
Pengamat Sosial dan Budaya Hamdan Noor Manik
DINAMIKARAKYAT - Pemutahiran data pemilih pada Pilkada Serentak 2018 menjadi akar masalah pada proses pencoklitan yang diduga tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Pengamat Sosial dan Budaya Hamdan Noor Manik mengatakan hibah dana dari APBD untuk pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara bukan kecil diperoleh.

"KPU Sumut dan Pemprovsu sudah meneken kesepakatan dana hibah untuk Pilgubsu mencapai Rp1,2 triliun. Akan tetapi masalah cetak stiker coklit sampai saat ini juga belum selesai," ujar Hamdan Noor Manik kepada wartawan di Medan, Jumat 9 Februari 2018.

Hal ini, menurut Hamdan, membuat proses pencoklitan bisa jalan di tempat. Ia merasa terkejut dan heran padahal dana hibah sudah digelontorkan sekira Rp400 miliar untuk pencetakan stiker coklit. Akan tetapi cetak stiker tersebut belum tuntas juga.

"Seperti yang disampaikan oleh Kordinator JPPR Sumut, di Kabupaten Toba Samosir kebutuhan stiker ciklit seketitar 61.000 ribu yang telah diterima baru 31.000 sehingga kekurangan 30.000 stiker," sebutnya.

Hamdan mengatakan itu baru satu kabupaten, bagaiman dengan kabupaten kota lainnya seperti Kota Medan yang sampai jutaan, Kabupaten Deliserdang, Langkat, Simalungun, Labuhanbatu dan Mandailing Natal.

"Persoalan coklit dan hasil coklit ini bisa menjadikan persoalan baru yang sangat krusial. Akibatnya akan menimbulkan konflik sosial di masyarakat, selain itu amanat PKPU No. 2 tahun 2017 tidak akan tercapai," terangnya.

Hamdan juga mengatakan apa yang disampaikan oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea masih ada sekitar 1 juta lebih masyarakat di Sumut yang belum terekam dalam DP4. "Ini sudah jauh dari panggang untuk terdata," ujarnya.

Hamdan Noor Manik mengimbau KPU Sumut harus responsif menyelesaikan masalah coklit dengan waktu yang tidak berapa lama lagi.

"Mari kita masyarakt Sumut bergotong royong untuk mensukseskan pencoklitan dan pemilihan kepala daerah ini nantinya," serunya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:hamdan noor manikKPU Sumutpilgubsu 2018pilkada serentak
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 04:11

    Partai Demokrat Daftar ke KPU Sumut Diiringi Musik Drumband "Anak Medan"

    DPD Partai Demokrat mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut). Pendaftaran diiringi musik drumband lagu "Anak Medan".

  • Sabtu, 16 Jun 2018 08:22

    Dinamika Pilgubsu: Ketidaklaziman KTP-el dan Sikap Ambigu

    Esensi dari polemik yang ada bukan sah atau tidaknya KTP elektronik tersebut. Yang menjadi trigger hinggga isu lokal "beraroma" nasional ini menarik perhatian adalah stereotip yang terlanjur muncul.

  • Rabu, 06 Jun 2018 03:54

    Masyarakat Nias Kecewa, Djoss Menolak Pemekaran Provinsi di Sumatera Utara

    Namun sangat disayangkan aspirasi masyarakat Kepualuan Nias untuk menjadi sebuah provinsi sebagai solusi untuk memajukan Pulau Nias sampai saat ini belum mendapat ketidaksetujuan dari pengabil kebiajakan di Provinsi Sumatera Utara.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:34

    ICW Ingatkan Masyarakat Sumut Jangan Salah Pilih

    Masyarakat Sumatera Utara diminta untuk melihat secara detail rekam jejak Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang bertarung di Pilkada 2018, bebas dari korupsi dan anti korupsi.

  • Kamis, 31 Mei 2018 01:42

    IMM Sumut Imbau Masyarakat Pilih Kepala Daerah Antikorupsi dan Peduli Pemuda

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Indonesia tidak akan lama lagi dilaksanakan, kurang dari satu bulan. Termasuk juga pilkada di Sumatera Utara, baik pemilihan Gubernur dan Walikota/Bupati.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir