Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • DPRD Sumut Akan Panggil PT KAI dan PT Antariksa Terkait Demo Warga Batubara

DPRD Sumut Akan Panggil PT KAI dan PT Antariksa Terkait Demo Warga Batubara

Minggu, 11 Mar 2018 23:22
Dibaca: 339 kali
drberita
Unjukrasa mahasiswa dan masyarakat Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara terhdap proyek rel kereta api.
DINAMIKARAKYAT - Komisi A DPRD Sumut berencana akan memanggil PT KAI dan PT Antariksa terkait proyek pembangunan lintasan rel kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, yang didemo mahasiswa dan masyarakat Batubara.

"Akan kita panggil," ucap Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz kepada wartawan di Medan, Minggu 11 Maret 2018.

Muhri menilai, jika mahasiswa dan masyarakat sudah melakukan unjukrasa terhadap proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah, kemungkinan ada hal yang harus diperjelas agar tidak ada terjadi kesalahan.

"Semua proyek negara harus dijaga, salah satunya dengan melakukan pengawasan agar proyek-proyek tersebut tertib administrasi tidak melanggar aturan dan tidak merugikan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan," serunya.

Sejauh ini, kata Muhri, DPRD Sumut khususnya Komisi A akan selalu merespon semua persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, terutama yang menyangkut dengan pelanggaran peraturan dan perundang-undangan.

"Maka, jika ada ditemukan satu kegiatan proyek yang diduga tidak lengkap syarat izinnya harus dihentikan dan diurus terlebih dahulu izin-izin yang terkait," tegasnya.

Sebelumnya, ratusan massa mahasiswa dan masyarakat Desa Lalang, Kecamatan Medan Deras, Batubara, Sumut, berunjukrasa menuntut gantu untung pembebasan lahan dan bangunan yang terkena proyek pembangunan lintasan rel kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, Selasa 6 Maret 2018.

Aksi massa unjukrasa dipimpin MS. Batubara mengatakan perjanjian penyelesain ganti untung pemebesan lahan dan bangunan rumah warga sampai saat ini belum juga terselesaikan dengan baik oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Proyek pembanggunan lintasan rel kereta api tersebut sampai saat ini belum memberikan kenyamanan kepada rakyat, dan sangat disesalkan karena merugikan hak-hak rakyat.

Dalam kenyataannya PT KAI sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) melalui PT Antariksa sebagai pelaksana (pemenang) proyek telah melanggar perjanjian yang dibuat dengan masyarakat khususnya warga Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Sesuai isi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantaun Lingkungan Hidup (UKL-UPL) yang dibuat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara melalui Laura Consultant yang diterbitkan Oktober 2011, yang sebagai acuan pelaksanaan proyek lintasan rel kereta api, sampai saat ini belum terlaksana dengan baik. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dprd sumutproyek rel kereta apipt antariksaPT KAI
Berita Terkait
  • Senin, 24 Sep 2018 23:59

    Hati-hati, Aktivis Soroti KUA-PPAS APBD-P Pemprov Sumut

    Kalangan aktivis menengarai rencana penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan TA 2018, yang terlambat serta kesepakatannya harus ditandatangani dalam waktu sangat singkat, merupakan salah satu

  • Selasa, 31 Jul 2018 07:07

    Dugaan Kolusi Proyek Pendopo Rumdis Gubsu, MFH: Ok Henry dan Eric Aruan Harus Jujur

    Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz (MFH) meminta OK Henry selaku Kepala Inspektorat dan Eric Aruan selaku Kepala Biro Administrasi Pembangunan, harus jujur dan turut bertanggungjawab.

  • Senin, 30 Jul 2018 10:35

    DPRD Sumut Minta KPK Usut Proyek Pendopo Rumah Dinas Gubernur

    Aroma kolusi itu begitu kentara, saat proses lelang pekerjaan dengan harga penawaran sendiri (HPS) sebesar Rp 6.695.740.000,00 dan pagu Rp 6.696.000.000,00. KPK harus mengusut proyek ini.

  • Minggu, 10 Jun 2018 03:19

    Ketua DPRD Sumut Digugat ke PTUN Medan

    Gugatan yang dibuat berdasarkan surat keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor: 11/K/2018 tanggal 5 Juni 2018, tentang Pemberhentian Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara sisa masa jabatan 2014-2019.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:24

    PT KAI Divre Sumut Kerahkan 250 Petugas Untuk Arus Mudik

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumut menerjunkan 250 petugas Perlintasan Jalan (PJL) di sepanjang rute yang dilintasi untuk memuluskan laju kereta api tanpa ada kendala saat arus mudik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir