pilgubsu 2018

Coklit KPU Medan Bermasalah

Minggu, 04 Feb 2018 02:00
Dibaca: 261 kali
ilustrasi
Kantor KPU Medan
DINAMIKARAKYAT - Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Sumut menilai kinerja PPDP dalam melakukan pencoklitan sangat buruk dan bemasalah.

"Berdasarkan hasil pantauan kami dibeberapa Kecamatan se-Kota Medan, ditemukan sejumlah masalah besar dalam form A-KWK, form A.A-KWK, form A.A1.KWK, form A.A2.KWK serta form A.A.3-KWK pada data pemilih pilgubsu 2018 ini," ujar Koordinator JPPR Sumut Darwin Sipahutar dalam keterangan persnya, Sabtu 3 Februari 2018.

Seperti di Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, tepatnya di TPS 07 terdapat kekeliruan data pemilih pada form A-KWK. Dari 321 jumlah pemilih, tidak satu pun ada yang berjenis kelamin laki-laki semuanya berjenis kelamin perempuan.

"Padahal pemukiman di daerah tersebut dihuni ratusan kepala keluarga," sebut Darwin.

Selain itu ditemukan juga masalah di Kecamatan Medan Polonia. Terdapat petugas PPDP yang tidak menyerahkan bukti pendaftaran pemilih kepada warga yang sudah didata.

Begitu juga apa yang terjadi di Kecamatan Medan Helvetia, form A.A1-KWK dan Form A.A2-KWK sudah diisi terlebih dahulu oleh PPDP.

Sementara di Kecamatan Medan Marelan terjadi kesemrawutan yang lebih parah lagi terkait pencoklitan, mulai dari kehabisan stiker A.A.2.KWK yang belum didistribusikan oleh PPS, dimana PPDP tidak melakukan pencoklitan secara langsung dan hanya melalui foto copy kartu keluarga serta terdapat PPDP yang tidak memiliki tanda pengenal.

"Di Kelurahan Harjosari 2 Kecamatan Medan Amplas terdapat 200 penduduk yang terdaftar di form daftar pemilih (A-KWK) yang mana nomor KK dari keseluruhan penduduk tersebut semuanya sama tetapi nama dan alamatnya berbeda-beda," terang Darwin.

Kemudian, lanjut Darwin, delum lagi di Kecamatan Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Timur, Medan Deli dan Medan Barat juga terdapat sejumlah kesalahan dan ketidakpahaman PPDP dalam melakukan pencoklitan. Parahnya lagi adalah tidak ditandatanginya form A.A2-KWK oleh PPDP.

"Sejumlah persoalan dan temuan ini nantinya akan kami serahkan ke Panwaslu Kota Medan dan Bawaslu Sumut dan ditembuskan ke Bawaslu RI agar ditindaklanjuti sesuai regulasi yang berlaku," tandasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:darwin sipahutarjppr sumutKPU Medanpilgubsu 2018
Berita Terkait
  • Minggu, 20 Mei 2018 07:41

    Sihar dan Ondim Hadir Dipembukaan Kejuaraan Catur Piala Gubernur Sumut

    Hadir Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, anggota DPR RI Sofyan Tan, Sihar Sitorus, Syah Affandi alias Ondim, para pecatur Sumut dan nasional serta undangan.

  • Rabu, 16 Mei 2018 23:37

    Dua Pasangan Calon Pilgub Sumut Dukung Pemekaran Kepulauan Nias, Tetapi...

    Dua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Utara, memiliki pendapat yang sama soal pemekaran Kepulauan Nias menjadi provinsi.

  • Rabu, 16 Mei 2018 03:05

    Deklarasi: Demokrat Siap Menangkan Edy-Ijeck

    Deklarasi dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) dukungan kepada Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rijek Shah.

  • Selasa, 01 Mei 2018 00:09

    Disambut Berpakain Adat, Edy Rahmayadi Menjawab Permintaan Pemekaran Pantai Barat

    Dalam kunjungannya ke kabupaten yang berada di Pantai Barat tersebut, sejumlah tokoh adat menginginkan Edy mendukung pemekaran wilayah Natal dan sekitarnya menjadi Kabupaten Pantai Barat, atau terpisah dari Kabupaten Mandailing Natal.

  • Senin, 30 Apr 2018 21:41

    Djarot Sindir Kasus Suap Gatot Pinjam Uang Pada Pihak Swasta

    Djarot Saiful Hidayat merasa heran saat mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) massa gubernurnya dijabat Gatot Pujo Nugroho mengajukan pinjaman ke pihak swasta.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir