Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Bertemu Tim Pengkaji Lemhanas, Erry Sampaikan Kondisi Persoalan Sumut

Bertemu Tim Pengkaji Lemhanas, Erry Sampaikan Kondisi Persoalan Sumut

Rabu, 07 Mar 2018 23:58
Dibaca: 400 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi di hadapan Tim Pengkaji Lemhanas RI.
DINAMIKARAKYAT - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyambut kedatangan Tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) di Gubernuran, Jalan Sudirman, Medan, Selasa 6 Maret 2018.

Hadir di antaranya mewakili Deputi Pengkajian Strategik Lemhanas RI, Tenaga Ahli Bidang Diplomasi Marsekal Muda TNI Gutomo, Direktur Opersional Dr. Agus Budijarto, Direktur Bidang Ekonomi Brigjen TNI Ramses L. Tobing, Tim Kajian Lemhanas RI, Wakil Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Sabrina, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) 3 Kolonel Pnb Tri Bowo Budi Susanto, Asisten dan Staf Ahli Gubsu serta Kepala OPD Provsu.

Tengku Erry menyampaikan persoalan tingginya harga gas (elpiji) di Sumut dibandingkan dengan daerah lain yang menyebabkan adanya gejolak di industri manufaktur. Karena sebahagian besar industri manufaktur di Sumut menggunakan gas sebagai bahan bakarnya.

"Kalau kita berbicara daya saing tentunya menjadi persoalan harga gas yang cukup kompetitif menyebabkan adanya gejolak dalam industri tersebut. Untuk itulah kita perlu mendiskusikan untuk mencari bagaimana solusi agar harga bahan bakar gas ini bisa lebih ditekan," ucap Erry.

Erry pun mengharapkan adanya kebijakan penurunan harga untuk wilayah Sumut menjadi salah satu pembahasan dalam studi Tim Pengkajian Lemhanas RI sebagai salah satu dukungan agar perusahaan industri semakin bisa bersaing.

Disamping masalah harga gas, mengenai hal yang berhubungan dengan aturan-aturan di Sumut masih lebih tinggi dengan daerah lain seperti landing fee bandara di Sumut masih tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan bandara di daerah lain.

Hal ini tentunya dapat menjadi masukan dari Lemhanas RI kepada pemerintah pusat karena Provinsi Sumut merupakan pintu gerbang Indonesia bagian barat.

Sementara, Tenaga Ahli Bidang Diplomasi Deputi Pengkajian Strategik Lemhanas RI, Marsekal Muda TNI Gutomo mengatakan pilihan studi pengkajian ke Provinsi Sumut dikarenakan provisi yang mempunyai 33 Kabupaten/Kota ini merupakan daerah yang sangat dinamis dan berpotensi cukup besar dalam kemajuan yang dapat memberikan kontribusi san berpengaruh sampai ke tingkat nasional.

Ada dua kajian yang dilakukan yakni bidang ekonomi dan pengaruhnya terhadap kebijakan-kebijakan luar negeri Indonesia, terhadap pengaruh dari Amerika dan Cina.

"Jadi kita akan melaksanakan pengambilan sample dan mengangkat permasalahan lokal yang terjadi saat kita di sini," ucapnya.

Disamping itu, kata Gutomo, keberadaan Sumut yang berbatasan dengan Selat Malaka tentunya sangat berpotensi terhadap keamanan nasional.

"Untuk itu diharapkan dengan adanya pengkajian terhadap akselerasi transformasi ekonomi berbasis industri manufaktur dapat meningkatkan kemandirian daya saing Sumut dalam rangka ketahanan nasional dan implementasi kebijakan luar negeri Indonesia guna menghadapi kebijakan Amerika dan Cina dalam rangka ketahanan nasional," jelasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:lembaga ketahanan nasionallemhanas riPemprov Sumuttengku erry nuradi
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:04

    Hulk & Black Panther Unjukrasa Depan Kantor Gubernur Sumut

    Hulk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang duduk dengan nyantai, namun terlibat penyelewengan uang rakyat.

  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Selasa, 12 Jun 2018 02:39

    Tengku Erry Resmikan Tol Tanjung Morawa-Parbarakan

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi meresmikan ruas jalan Tol Medan - Kualanamu –Tebing Tinggi, Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km beroperasi, Senin 11 Juni 2018.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Jumat, 08 Jun 2018 07:20

    Meski Belum Selesai 100 Persen, Tol Tamora-Perbarakan Dibuka Untuk Lebaran

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa kondisi fisik ruas tol di seksi 1 Tanjung Morawa (Tamora)-Perbarakan sepanjang 10,3 km sudah siap dilalui untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 M.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir