Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Beban APBN Khusus DAK Gaji ke Pemprovsu Berkurang

Beban APBN Khusus DAK Gaji ke Pemprovsu Berkurang

Oleh: Artam
Minggu, 26 Jan 2020 02:12
Dibaca: 284 kali
drberita/istimewa
Kantor Gubernur Sumatera Utara
Bobby Nasution Center
DRberita | Sebanyak 1.196 orang Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu) pensiun pada tahun 2020 ini. Sementara 5 orang pensiun dini pada tahun 2019.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu Damar Wulan mengatakan, jumlah ASN yang pensiun tersebut dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

"Sementara formasi calon ASN tahun ini (2020) sebanyak 306 orang," kata Damar Wulan di kantornya, Jumat 24 Januari 2020.   

"Yang pensiun dini ada 5 orang. Tahun ini belum ada, itu tahun 2019 kemarin," sambungnya.

Dari perbandingan jumlah ASN yang pensiun dengan formasi yang dibutuhkan, beban keuangan APBN khususnya Dana Alokasi Umum (DAU) ke Pemprovsu untuk gaji dipasti berkurang. Namun Damar Wulan tidak mengetahui jumlah beban APBN yang berkurang tersebut.

"Yang tahu jumlahnya itu BPKAD, kalau beban APBD bukan dari ASN tetapi dari honor di masing-masing OPD. Lain lagi dengan outsourcing, itu kan pakai kontrak dan ditenderkan," kata Damar.

Diketahui, 1.196 ASN Pemprovsu yang pensiun tahun 2020 ini, paling banyak dari Dinas Pendidikan Sumut 591 orang, diikuti Dinas Kehutanan 90 orang, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang 51 orang, Dinas Kesehatan 49 orang, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura 48 orang.

Kemudian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan 40 orang, Dinas Sosial 38 orang, BP2RD 33 orang, Dinas BMBK 28 orang, Dinas Tenaga Kerja 22 orang, Dinas Perhubungan 18 orang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 13 orang, Dinas Kominfo 12 orang.

Dinas Perkebunan, Dinas ESDM, Dinas PKP masing-masing 10 orang. Inspektorat dan Biro Umum masing-masing 8 orang. Bappeda, DKP, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perpustakaan dan Arsip masing-masing 7 orang.

BPSDM, Bakesbang Polinmas, Sekretariat DPRD masing-masing 6 orang. BKD dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan masing-masing 5 orang. BPBD, BPKAD, Dispora, DLH, Dinas PMD, Biro Pemerintahan, Biro Sostra dan RS Haji Medan masing-masing 4 orang.

RS Jiwa, Satpol PP, Biro Perekonomian, DP2KB, DP3A masing-masing 3 orang. Badan Penghubung dan Biro Otda masing-masing 2 orang. Biro Humas, Biro Pembangunan, Biro Organisasi, Dukcapil dan Balitbang masing-masing 1 orang. (art/drc)

Editor: Gambrenk

T#g:apbnasn pemprovsucalon asndana alokasi khususgaji ASNkantor gubsu
Berita Terkait
  • Sabtu, 22 Feb 2020 22:13

    Kabarnya Usulan Gubsu, PUPR Akan Bangun Sekolah Baru di Mandailing Natal

    Rencana pembangunan sekolah baru di Kabupaten Mandailing Natal tersebut dikabarkan awalnya atas usulan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi ke Kementerian PUPR.

  • Kamis, 13 Feb 2020 23:17

    Tender Rusunawa BP2JK Sumut Diduga Bermasalah

    Tender Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) khususnya paket pembangunan rumah susun Univ. RIS Maduma di Kabupaten Dairi, BP2JK Sumut diduga bermasalah.

  • Senin, 10 Feb 2020 18:56

    Kejatisu Bentuk Tim Usut Kasus PPK Darurat Permukiman Regional I Medan

    Massa diterima Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian di dalam kantornya untuk menyampaikan bahwa pihak (Kejatisu) telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan terkait tuntutan dari massa pengunjuk rasa.

  • Senin, 10 Feb 2020 15:40

    Batal ke Kantor Gubsu, Massa Pendukung 'Save Babi' Kepung Kantor DPRD Sumut

    Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Aksi Masyarakat Sumut dipimpin Boasa Simanjuntak, itu diperkirakan berjumlah 3.000 orang, dan tiba di depan Kantor DPRD Sumut, pukul 09.45 WIB. Sebelum orasi, massa menyanyikan lagu nasional dan daerah.

  • Selasa, 04 Feb 2020 22:43

    1 Tahun DPO, Taufik Ditangkap di Jakpus

    Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menangkap THM alias Taufik Direktur PT Mitra Multi Communication, tersangka kasus korupsi yang buron sejak satu tahun terakhir.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir