Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • Alumni Minta KASN Beri Sanksi Rektor UINSU

Alumni Minta KASN Beri Sanksi Rektor UINSU

Oleh: Artam
Rabu, 05 Feb 2020 09:36
Dibaca: 618 kali
istimewa
Rektor UINSU Prof Saidurrahman
Bobby Nasution Center
DRberita | Komite Aparatur Sipil Negeri (KASN) seharusnya memberikan sanksi administrasi kepada Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Saidurrahman, terkait perintah peminjaman uang ke bank oleh 15 ASN dengan cara menggadaikan SK Pegawai.

Demikian dikatakan Safruddin Lubis SH.I kepada wartawan di kawasan Jalan Panglima Denai, Rabu 5 Februari 2020.

"Cocoknya Rektor UINSU itu diberi sanksi oleh KASN, biar tahu dirinya agar tidak suka-sukanya menyuruh ASN minjam uang ke bank untuk kepentingannya," kata Safruddin.

Safruddin menilai, Rektor UINSU Prof Saidurrahman tidak pantas lagi memimpin kampus kebanggaan umat islam di Sumatera Utara ini. Menurutnya, bisa semakin parah nantinya kondisi moral ASN dan mahasiswa yang ada di kampus UINSU.

"Kita harapkan juga dari KASN merekomendasikan ke Menteri Agama agar rektor periode selanjutnya bukan lagi Saidurrahman, begitu juga kita memminta kepada jaksa dan KPK untuk membuktikan dugaan korupsi gedung kuliah terpadu UINSU yang pembangunannya kini tidak berlanjut alias mangkrak," kata safruddin.

Diketahui, sejak dilantik 2016, Rektor UINSU Prof Saidurrahman sudah dua kali memerintahkan 15 Aparatur Sipil Negeri (ASN) meminjam uang ke Bank Puda Artha Insani. Pinjaman itu dilakukan dengan cara menggadaikan SK Pegawai.

Pinjaman uang pertama dilakukan ke Bank Puda Artha Insani, lunas pada pertengahan 2017 dan pinjaman yang kedua baru lunas pada awal 2020.

"Pinjaman pertama lunas pertengahan 2017. Terus pada 2018, kami disuruh minjam lagi ke Bank Puda Artha Insani. Pinjaman yang 2018 itu lunas pada Rabu 8 Januari 2020," kata sumber, Sabtu 1 Februari 2010.

Anehnya, jumlah uang yang dipinjam tidak diketahui oleh masing-masing ASN. Padahal pinjaman itu dilakukan atas nama pribadi masing-masing ASN. Setelah cair, uang pun langsung masuk ke rekening Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

"Untuk jumlahnya kami tak tahu. Yang tahu hanya pak rektor, WK (wakil rektor) 2 dan dirut bank nya," kata sumber tersebut.

"Duitnya ga ada ke kami, tau pun tidak kami entah kapan cairnya," sambungnya.

Sumber mengakui baru kali ini mereka punya rektor yang kelakuannya demikian. Suka meminjam uang ke bank dengan mengorbankan ASN. "Sudah lama, aslinya mungkin demikian dia orangnya," katanya.

"Ga sanggup kami, kami serahkan ke Allah saja, yang maha kuasa, yang maha mampu mengalahkan yang berkuasa dan serakah. Makasih supportnya ya bro," kata ASN.

Direktur Utama (Dirut) Bank Puda Artha Insani Safaruddin Siregar tidak membantah adanya pinjaman 15 ASN UINSU untuk menutupi kas kosong pascapelantikan rektor Prof Saidurrahman.

"Itu sdh selesai/lunas," jawab Safaruddin melalui pesan whatapp, Rabu 29 Januari 2020. (art/drc)

Editor: Gambrenk

T#g:acil lubisgedung mangkrak uinsukasnkorupsi uin sumut
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Feb 2020 23:23

    Gubsu Baiknya Copot Jabatan Plt Arsyad Lubis di Dinas Pendidikan Sumut

    Sejak Agustus 2019, pascapelantikan 7 pejabat eselon 2, Pemprovsu sampai saat belum ada lagi membuka lelang. Dimana Komite Aparatur Sipil Negeri (KASN) dikabarkan tidak memberikan izin lelang sampai batas waktu tidak ditentukan.

  • Minggu, 02 Feb 2020 09:27

    Terungkap, 2 Kali Rektor UINSU Perintahkan 15 ASN Pinjam Uang ke Bank

    Anehnya, jumlah uang yang dipinjam tidak diketahui oleh masing-masing ASN. Padahal pinjaman itu dilakukan atas nama pribadi masing-masing ASN. Setelah cair, uang pun langsung masuk ke rekening Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

  • Selasa, 28 Jan 2020 10:10

    Terungkap, Rektor UIN Sumut Akui Sudah Diperiksa Jaksa dan KPK

    Hal itu diakui Saidurrahman kepada Anggota Komisi VIII DPR RI saat datang ke UIN Sumut, di Medan, pada Jumat 15 November 2019, dalam rangka kunjungan kerja untuk meninjau Proyek SBSN senilai Rp 90 miliar.

  • Minggu, 19 Jan 2020 23:42

    Kapolda Sumut Diminta Tuntaskan Dugaan Korupsi Gedung Mangkrak UINSU

    Sampai saat ini Polda Sumut belum juga menuntaskan kasus dugaan korupsi gedung mangkrak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Padahal, penyidik Tipikor Polda Sumut Sudah melakukan ekspos dan gelar perkara.

  • Senin, 02 Des 2019 15:58

    Aminullah: Saya apresiasi alumni yang mendukung dugaan korupsi UIN Sumut terbongkar

    Amiullah mengatakan sepenuhnya menudukung penegak hukum Kepolisian, Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menuntaskan penanganan adanya dugaan korupsi UIN Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir