• Home
  • Politik
  • 76 Diplomat Muda Luar Negeri Diharapkan Dapat Promosikan Potensi Sumut

76 Diplomat Muda Luar Negeri Diharapkan Dapat Promosikan Potensi Sumut

Kamis, 22 Mar 2018 01:23
Dibaca: 155 kali
drberita/istimewa
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama 76 diplomat muda.
DINAMIKARAKYAT - Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa, Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara. Sehingga dapat dikembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas di luar negeri.

Hal tersebut diharapkan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi ketika menerima kunjungan para pejabat diplomatik dan konsuler, serta pejabat pembantuan perwakilan RI di luar negeri di ruang Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Medan, Rabu 21 Maret 2018.

Sebanyak 76 diplomat muda yang akan bertugas di luar negeri itu dibekali pengetahuan tentang Sumatera Utara, baik dari bidang ekonomi sosial dan budaya. Pembekalan ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan hubungan diplomasi bilateral dengan negara di Asia Pasifik, Afrika dan Amerika serta Eropa.

Kunjungan ini dipimpin Sekretaris Ditjen Amerika Eropa Ratu Silvi Gayatri bersama Sekretaris Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Rosy Verona. Turut hadir juga mantan Dubes RI untuk Yunani Beni Bahana Dewa, mantan Dubes RI untuk Turki Nahari Agustini dan mantan Konjen RI untuk Mumbay Saut Siringo-ringo.

Gubernur Sumut Erry Nuradi menyampaikan, Sumatera Utara merupakan gambaran miniatur Indonesia dilihat dari keragaman suku etnis agama dan budaya. Dengan luas wilayah yang mencapai 71.680 km dan jumlah penduduk yang mencapi 14 juta jiwa. "Keragaman ini merupakan potensi besar," katanya.

Dikatakan Erry, secara umum kondisi makro ekonomi sosial Sumut juga terus berada di atas pertumbuhan nasional. Pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2017 berada pada angka 5,12 persen, sementara pertumbuhan ekonomi nasional berada pada 5,07 persen.

Namun, Erry menyadari potensi yang dimiliki belum sepenuhnya diberdayakan secara maksimal.

"Karena itu saya berharap para delegasi kementerian luar negeri  RI yang bertugas di luar negeri untuk dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara untuk dapat di kembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas," harapnya.

Sekretaris Ditjen Amerika dan Eropa Ratu Silvi Gayatri mengatakan para diplomat mendapat informasi yang lengkap mengenai potensi Sumatera Utara. Sehingga dapat menjadi bekal bagi diplomat untuk memperjuangkan kepentingan negara Indonesia di dunia dan sekaligus mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatera Utara di luar negeri. (art/drc)

Editor: admin

T#g:gubernur sumutPemprov Sumuttengku erry nuradi
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Selasa, 12 Jun 2018 02:39

    Tengku Erry Resmikan Tol Tanjung Morawa-Parbarakan

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi meresmikan ruas jalan Tol Medan - Kualanamu –Tebing Tinggi, Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km beroperasi, Senin 11 Juni 2018.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Jumat, 08 Jun 2018 07:20

    Meski Belum Selesai 100 Persen, Tol Tamora-Perbarakan Dibuka Untuk Lebaran

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa kondisi fisik ruas tol di seksi 1 Tanjung Morawa (Tamora)-Perbarakan sepanjang 10,3 km sudah siap dilalui untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 M.

  • Minggu, 03 Jun 2018 22:36

    MPPM Sumut Dilantik di Rumah Dinas Gubsu

    Terbentuknya Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumut sejak dua tahun lalu, bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat Melayu, agar tidak luntur di tengah perkembangan zaman era globalisasi saat ini.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir