Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • 14 DPC Tuntut Prabowo Copot Ketua DPD Gerindra Sumut, Ada Apa?

14 DPC Tuntut Prabowo Copot Ketua DPD Gerindra Sumut, Ada Apa?

Selasa, 31 Okt 2017 20:58
Dibaca: 2.227 kali
drberita/istimewa
Prabowo Subianto.
 DINAMIKARAKYAT - Selama menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Sumut Gusirawan Pasaribu tidak pernah memberikan bimbingan, teguran bahkan konsolidasi partai kepada DPC Kabupaten/Kota.

Begitu juga dengan Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumut John Robert Simanjuntak. Ia tidak pernah dilibatkan dan diberdayakan oleh Gusirawan karena dianggap tidak sejalan. Misalnya mengurus calon legislatif dan calon kepala daerah. Gusirawan melakukannya sendiri untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

"Di sini Gusirawan sudah jelas transaksionalnya, ia berbuat untuk kepentingan pribadinya. 14 Ketua DPC Gerindra digantinya demi uang, Gusirawan saya nyatakan perusak Partai Gerindra. Sepertinya dia tidak menginginkan Prabowo jadi Presiden," tegas Ketua DPC Gerindra Karo Abed Nego Sembiring didampingi Ketua DPC Gerindra Madina Khoiruddin Nasution (Barqo) dan Ketua DPC Gerindra Deliserdang Jhon Sebayang kepada wartawan, Minggu 29 Oktober 2017.

Menurut mereka, Gusirawan sudah lama berniat mengganti 14 ketua DPC, dengan alasan tidak ada prestasi membesarkan partai. Padahal, jika Gusirawan sadar dan mau membaca, DPC Gerindra Karo awalnya miliki anggota dewan, kini menjadi enam orang. Begitu juga daerah lainnya yang bisa mendapatkan satu fraksi di DPRD daerahnya masing-masing.

"Bertahun-tahun di Kabupaten Karo, PDIP tidak terkalahkan, tapi sejak ada Partai Gerindra, PDIP kalah jumlahnya. Kami (14 DPC) melakukan protes keras, karena diganti dengan melanggar aturan partai tanpa ada pemberitahuan, pemanggilan dan sebagainya. Tiba-tiba kami dicopot begitu saja," kata mereka.

Apalagi pengganti Ketua DPC-DPC yang dicopot Gusirawan adalah orang-orang yang bermasalah di partai dan tak pernah membesarkan partai. Pernah di sidang oleh mahkamah partai dan menjadi anggota dewan tidak pernah berkontribusi kepada partai.

"Memang itu keinginan dia (Gusirawan), mengadu domba sesama kader partai. Kami akan berjuang terus sampai jumpa Prabowo. Kalau masih ada Gusirawan di Gerindra, kami tidak tenang di partai ini. Kami berharap Prabowo memecat Gusirawan. Kami bukan tidak terima diganti sebagai Ketua DPC, tetapi harus sesuai ketentuan dan mekanisme partai dan AD/ART," tegas mereka.

Sebagai Ketua Komisi VII DPR RI, Gusirawan seharusnya bisa memberikan pandangan kepada kader, tapi itu tidak pernah dilakukannya. Ia hanya tahu menarik uang dari Ketua-ketua DPC dan calon kepala daerah.

"Kalau memang Pak Prabowo setuju dengan pergantian ini, kami terima dan tidak ada masalah. Tapi perlu Pak Prabowo ketahui, bahwa Gusirawan adalah orang yang tidak pernah membesarkan partai dan hanya maunya uang saja untuk kepentingan pribadinya. Begitu juga kenapa menjelang pilkada, Pilgubsu dan Pilpres, Ketua-ketua DPC Gerindra digantinya. Agar dia bisa menarik uang dari calon kepala daerah dan dari Ketua DPC Gerindra. Gusirawan tidak pernah memikirkan partai. Yang dipikirkannya bagaimana mencari uang sebanyak-banyaknya di Partai Gerindra ini," ujar mereka berempat.

"Jika bertemu dengan Pak Prabowo, kami akan buka siapa-siapa saja orang di DPP yang kerjasama dengan Gusirawan untuk mengganti ketua-ketua DPC Gerindra di Sumut," sambung Ketua DPC Gerindra Karo Abed Nego Sembiring.

Ketua DPC Gerindra Madina Khoiruddin Nasution alias Barqo mengatakan mereka akan terus berjuang menjumpai Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, sampai tuntutan mereka terkabul.

"Memang tak ada kata lain, Gusirawan harus dicopot dari Ketua DPD Gerindra Sumut. Karena ia selalu memecah belah kader partai dan merusak partai," tegas Barqo.

14 Ketua DPC Gerindra yang diberhentikan Gusirawan Pasaribu tanpa alasan di antaranya Ketua DPC Gerindra Karo, Madina, Siantar, Dairi, Deliserdang, Binjai, Padangsidimpuan, Tebingtinggi, Tapanuli Utara, Tobasa, Labuhanbatu, Simalungun, Langkat dan Paluta.

Sementara, Sekretaris DPD Gerindra Sumut Jhon Robert Simanjuntak yang dicopot Gusirawan mengatakan, proses pergantian yang dlikaukan sangat licik. Harusnya ketua DPC yang diganti diajak bicara, bukan diberhentikan begitu saja.

"Sekretaris (saya) yang digulingkan sampai saat ini tidak ada serah terima jabatan. Pergantian yang dilakukan Gusirawan tidak bermoral, sesuka hatinya asal-asalan. Pergantian 14 Ketua DPC Gerindra ini saya tentang, tapi tidak diperdulikannya. Saya tak masalah diganti, tapi harus sesuai dengan AD/ART partai. Kan ada mekanisme partai, Mahkamah Partai dan lainnya. Ada apa sebenarnya dengan Gusirawan ini," cetus Jhon Robert.

"Gusirawan tidak pernah berbuat untuk Gerindra, Dia perusak partai dan pemecah belah kader partai," sambungnya.

Ketua DPC Gerindra Jhon Sebayang mengatakan sebagai kader Partai Gerindra, mereka dituntut menjadi pejuang politik, bukan sebagai politisi. Artinya, mereka rela berkorban demi kemenangan Partai Gerindra. Ini terbukti dengan hasil suara partai Gerindra yang sangat signifikan.

"Yang dipecat itu semua pejuang politik, rata-rata satu fraksi. Kalau pejuang dikebiri ada apa dibalik itu, Gusirawan sepertinya tidak menginginkan Prabowo jadi Presiden 2019. DPP harus tanggap dengan kondisi ini. Kita tidak ingin partai ini hancur, lebih baik Gusirawan dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumut," kata Jhon Sebayang.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumut Gusirawan Pasaribu sampai saat ini belum bisa terkonfirmasi terkait pergantian 14 Ketua DPC se Sumut. (ril/drc)

Editor: admin

T#g:gerindra sumutgusirawan pasaribupartai gerindraprabowo subianto
Berita Terkait
  • Minggu, 11 Feb 2018 23:48

    Jalan Sehat Rumah Juang, Ihwan : Kita suka olahraga

    Ketua Rumah Juang Sumut Ihwan Ritonga mengatakan kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan sangat penting demi menjaga kesehatan. Sehingga jiwa dan fikiran dalam kondisi sehat dan baik.

  • Jumat, 09 Feb 2018 23:24

    Ihwan Ritonga: Ayo Ikut Jalan dan Senam Sehat Rumah Juang

    Ketua Rumah Juang Sumut Ihwan Ritonga mengajak masyarakat hadir dalam kegiatan jalan dan senam sehat, di Stadion Teladan, pada Minggu 11 Februari 2018, pagi mendatang.

  • Selasa, 23 Jan 2018 00:34

    Fraksi Gerindra Medan Tolak LGBT

    Fraksi Gerindra DPRD Medan menolak keberadaan Lesbi Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) di Indonesia, yang merupakan penyakit dan berpotensi bisa disembuhkan.

  • Minggu, 14 Jan 2018 14:07

    Kader Tak Laku, Gerindra Salahkan Sistem Pilkada

    Ketua DPP Partai Gerindra, Bidang Advokasi Habiburokhman mengatakan mahar dalam ajang pilkada kerap terjadi akibat sistem pemilihan langsung.

  • Minggu, 07 Jan 2018 23:11

    Prabowo Resmikan Rumah Juang Sumut

    Setiba di Markas Tunas Indonesia Raya (Tidar) itu, Prabowo disambut oleh ratusan massa pendukung Cagubsu dan Cawagubsu Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir