Bank Sumut
  • Home
  • Politik
  • 1.500 Orang Deklarasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

1.500 Orang Deklarasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Rabu, 10 Mei 2017 23:26
Dibaca: 739 kali
drberita/ilustrasi
Bahasa Indonesia.
DINAMIKARAKYAT - Badan Pengembangan dan Pembinaan (BPP) Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, meyerukan penertiban penggunaan bahasa asing di ruang publik.

"Pengutamaan bahasa negara merupakan bagian dari literasi kewarganegaraan sepanjang hayat," kata Kepala BPP Bahasa Kemendikbud Dadang Sunendar dalam kegiatan Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik yang diselenggarakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Menurut Dadang, ruang publik menjadi barometer komitmen warga dalam menjaga martabat bangsa dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan negara.

Sehingga, menurut Dadang, butuh upaya pengendalian sesuai amanat konstitusi. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kerjasama semua pihak.


BPP Bahasa Kemendikbud mengajak pemerintah daerah untuk dapat berperan lebih aktif dalam menertibkan penggunaan bahasa asing dan mengutamakan bahasa negara.

Hal itu sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Sebanyak 1.500 orang mendeklarasi pengutamaan penggunaan bahasa negara. Mereka juga menyatakan janji; pertama, tetap setia dan bangga mengutamakan penggunaan bahasa negara, bahasa Indonesia, di ruang publik.

Kedua, ikut serta menjaga kelestarian bahasa daerah sebagai pendukung kukuhnya bahasa negara. Ketiga, siap menertibkan penggunaan bahasa asing demi kemajuan bahasa negara. (republika)

Editor: admin

T#g:bahasa asingbahasa daerahbahasa indonesia
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Sep 2018 00:33

    Tergerus Bahasa Asing, Kota Binjai Ingin Menjadi Barometer Bahasa Indonesia

    Kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik harus terus ditingkatkan warga negara yang lahir dan dibesarkan di Indonesia. Tapi pada kenyataannya banyak masyarakat justru lebih bangga menggunakan bahasa asing.

  • Senin, 09 Okt 2017 00:07

    Gubsu Apresiasi Dewan: Kata Wagirin, Semua Etnis Harus Gunakan Bahasa Indonesia

    Gubernur Tengku Erry Nuradi mengapresiasi DPRD Sumut atas lahirnya Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang perlindungan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah yang pertama kali di Indonesia.

  • Minggu, 08 Okt 2017 23:19

    Pertama di Indonesia, Erry dan Wagirin Jadi Duta Bahasa Kehormatan

    Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dinobatkan sebagai Duta Bahasa Kehormatan oleh Balai Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu 8 Oktober 2017.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir