Bank Sumut
  • Home
  • Pilkada
  • Tiga Isu Ini Diyakini Bisa Kalahkan AAH di Pilkada Paluta

Tiga Isu Ini Diyakini Bisa Kalahkan AAH di Pilkada Paluta

Sabtu, 23 Des 2017 02:49
Dibaca: 2.397 kali
drberita/istimewa
Andar Amin Harahap
DINAMIKARAKYAT - Ketua Forum Mahasiswa dan Pemuda (Formada) Tapanuli Bagian Selatan, Ahmad Junaidi Siagian (AJS) memaparkan tiga isu yang bisa dimanfaatkan para calon untuk mengalahkan Andar Amin Harahap di Pilkada Paluta 2018.

Andar Amin Harahap anak kandung dari Bupati Paluta Bachrum Harahap santer dikabarkan akan maju di Pilkada Paluta 2018. Andar Amin Harahap (AHH) saat ini menjabat sebagai Walikota Padangsidimpuan.

"AAH ikut di Pilkada Paluta, itu menjadi haknya sebagai warga negara Indonesia, Andar berhak memilih dan dipilih oleh masyarakat," ujar Junaidi Siagian dalam keterangan persnya kepada wartawan, Jumat 22 Desember 2017.

Pertama, kata Junaidi, mestinya kandidat-kandidat yang ada bisa meyakinkan publik, mereka bisa menjalankan sistem transparansi pemerintahan jauh lebih baik daripada yang dilakukan oleh Bachrum Harahap, ayah kandung dari Andar Amin Harahap.

"Jadi mereka membicarakan format transparansi yang jauh lebih baik dari Bachrum Harahap, kan itu lebih menarik," katanya.

Kedua, trek politik kekerabatan (politik dinasti), menurut Junaidi bisa menjadi senjata ampuh mengalahkan AAH. Penantang harus mampu mengkampanyekan diri sebagai penolak politik kekerabatan.

Junaidi tidak menampik pemimpin turun temurun dalam sebuah pemerintahan merupakan realita dalam kanca perpolitikan. "Politik kekerabatan bisa dimaklumi sebagai hak asasi manusia," katanya.

"Kalau yang bersangkutan memiliki kompetensi, integritas, kapabilitas yang mempuni memajukan daerah yang akan dipimpinnya, serta mampu memberikan solusi lebih dari kepemimpinan ayah AAH, hal itu bisa dipertimbangkan untuk dipilih oleh masyarakat Paluta," sambungnya.

"Andar itu kan sudah diketahui memiliki politik kekerabatan dengan bupati sekarang, dia itu kan anak kandungnnya Pak Bachrum Harahap. Sekarang, dari calon-calon yang lain mereka setuju atau tidak dengan keberlangsungan dinasti politik tersebut? Kalau tidak, apa solusinnya? Makanya harus disampaikan ke seluruh masyarakat Paluta, supaya masyarakat mengetahui hal itu, supaya jangan titisan kelurga mereka saja yang menguasai Kabupaten Paluta ini," tambah Junaidi.

Terakhir, kata Junaidi, tingkat (standar) kepuasaan masyarakat atas kepemimpinan AAH sebagai Walikota Padangsidimpuan, dan tingkat kepuasaan masyarakat atas kepemimpinan Bachrum Harahap sebagai Bupati Paluta juga bisa menjata senjata mengalahkannya.

Apalagi selama menjabat keduanya tak jarang dikritik oleh berbagai elemen dan lapisan masyarakat terkait dugaan keterlibatan keduanya dalam tindak pidana korupsi, yang hingga saat ini belum terselesaikan.

"Walaupun pada akhirnya mengenai tingkat kepuasan adalah sebuah relatif, dan masyarakat pasti berbeda-beda pendapat dan tergantung dari sisi mana kita melihatnya," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:andar amin harahappilkada palutapilkada serentak
Berita Terkait
  • Senin, 16 Sep 2019 21:42

    Cucu Walikota Tanjungbalai ke 7 Kembalikan Berkas Pendaftaran ke PDI Perjuangan

    Dinamika politik jelang pilkada serentak tahun 2020 di Kota Tanjungbalai semakin hangat. Cucu dari Walikota Tanjungbalai ke 7 periode 1975-1980, Siti Fatimah mengembalikan berkas pendaftaran ke PDI Perjuangan.

  • Sabtu, 14 Sep 2019 22:16

    Rembug Anak Deli Dampingi Maruli Kembalikan Berkas ke PDIP Medan

    Kantor DPC PDI Perjuangan Medan, mendadak terlihat ramai. Pasalnya, Maruli Siahaan didampingi Ketua Rembug Anak Deli (Radel) OK Hafifuddin datang untuk mengembalikan berkas bakal calon Walikota Medan.

  • Sabtu, 14 Sep 2019 10:26

    Ihwan Ritonga Masih Dipercaya Partai Gerindra

    Ihwan Ritonga masih dipercaya oleh DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai Wakil Ketua DPRD Medan. Kepercayaan ini diterima Ihwan untuk kedua kalinya dimasa periode 2019-2024.

  • Selasa, 13 Agu 2019 16:24

    Direktur PIB: Bobby Nasution Jawaban Kota Medan untuk Kalangan Milenial

    Tidak bisa dinafikan senergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat sangat dibutuhkan. Bobby adalah orang yang tepat untuk membangun Kota Medan dari kalangan milenial muda.

  • Kamis, 31 Mei 2018 01:42

    IMM Sumut Imbau Masyarakat Pilih Kepala Daerah Antikorupsi dan Peduli Pemuda

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Indonesia tidak akan lama lagi dilaksanakan, kurang dari satu bulan. Termasuk juga pilkada di Sumatera Utara, baik pemilihan Gubernur dan Walikota/Bupati.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir