Bank Sumut
  • Home
  • Pilkada
  • Sebelum Berangkat ke Arab Saudi, Gubernur Sumut Lantik 97 Anggota Panwaslih

Sebelum Berangkat ke Arab Saudi, Gubernur Sumut Lantik 97 Anggota Panwaslih

Senin, 28 Agu 2017 23:48
Dibaca: 652 kali
drberita/istimewa
Gubsu Erry Nuradi lantik 97 anggota panwaslih.
Bobby Nasution Center
DINAMIKARAKYAT - Sebanyak 97 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) se-Sumut dilantik dan pembekalan di Hotel Garuda Plaza, Jalan SM. Raja, Medan, Senin 28 Agustus 2017.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengharapkan seluruh anggota Panwaslih dapat bekerja sesuai dengan aturan dan dapat bekerjasama dengan aparatur penegak hukum untuk menyelesaikan pelanggaran-pelanggaran pemilu yang terjadi.

Pelantikan panwaslih kabupaten/kota se-Sumut dalam rangka pilgubsu, pilkada 2018, serta pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019.

"Atasnama Pemprov Sumut kami mengucapkan selamat atas pelantikan bapak dan ibu. Setelah ini tugas-tugas anggota Panwaslih ke depan sudah menanti di hadapan. Apalagi, panwaslih memiliki tugas yang cukup panjang, mulai dari menggelar Pilkada dan pilgubsu, pemilhan legislatif hingga pemilihan presiden pada tahun 2019 mendatang," terang Erry.

Erry mengatakan, masa depan demokrasi berada di tangan penyelengara pemilu, sebab suksesnya demokrasi merupakan suksesnya penyelenggaraan pemilu.

"Makanya undang-undang pemilu itu harus menjadi buku wajib bagi semua anggota panwaslih. Selain itu kita harapkan juga panwaslih dapat berkoordinasi dengan aparat yang ada di daerah, karena itu akan berhubungan dengan penegakan hukum," terang Erry.

Setelah pelantikan ini, anggota panwaslih juga akan bekerja membentuk perangkat panitia pengawas di daerah mulai dari membentuk panwas kecamatan hingga panwas ke tingkat desa.

"Kami dari pemerintah berupaya untuk mempersiapkan anggaran melalui naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), KPU Sumut dan Bawaslu Sumut. Anggaran ini cukup besar, makanya kami berharap anggaran ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan memiliki nilai amanah," jelas Erry.

Erry mensyukuri karena 55 persen dari anggota panwaslih yang dilantik merupakan incumben yang sudah memiliki pengalaman menjadi pengawas pemilihan sebelumnya. Anggota Panwaslih yang masih baru dapat segera menyesuaikan diri sehingga panwas bisa segera bekerja dengan baik.

"Panwas itu harus menjaga netralitas, tidak boleh berafiliasi dengan salah satu partai dan harus benar-benar independen. Itulah yang kita harapkan dalam pembekalan ini nantinya anggota panwas dapat lebih memahami aturan dan mendapatkan pembekalan capacity building," kata Erry.

Setelah melantik 97 anggota panwaslih, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan istri Evi Diana berangkat ke Arab Saudi, atas undangan kerajaan Arab Saudi. (art/drc)

Editor: admin

T#g:Bawaslu Sumutpilgubsu 2018pilkada serentak
Berita Terkait
  • Kamis, 05 Mar 2020 21:09

    Diam-diam, Bobby dan Ihwan Sudah Dua Kali Bertemu

    Partai Gerindra, kata sumber, juga sudah mengambil sikap untuk calon di Pilkada Medan. Kemungkinan besar partai besutan Prabowo Subianto memilih Bobby Nasution sebagai calon Walikota Medan.

  • Selasa, 03 Mar 2020 21:21

    Double Bobby Masuk Bursa Pilkada Medan, ADC: Menambah Khasanah Pilihan Ummat

    Kalangan masyarakat diwakili aktivis dan pengamat, utamanya dari kelompok milenial, menyambut baik hal itu karena dengan kemunculan banyak tokoh muda yang punya kapasitas dan kapabilitas untuk membuat perubahan.

  • Kamis, 27 Feb 2020 11:40

    Pilkada Medan: Bobby OZ tak Ingin Berkhayal

    Bobby OZ diketahui sudah membidani Partai Gerindra Medan sejak 2013 hingga sekarang. Prestasinya yang menyejajarkan Partai Gerindra dengan PDIP pada pesta politik 2019, membuktikan tangan dinginya dalam pencapaian 10 kursi di DPRD Kota Medan.

  • Selasa, 25 Feb 2020 10:40

    Pilkada Medan, Golkar ke Bobby Nasution

    Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung memastikan Pilkada Kota Medan 2020, partainya akan memberi dukungan ke Bobby Nasution.

  • Selasa, 25 Feb 2020 10:29

    Usung 5 Program, Vokalis Jamrud Lolos Jalur Independen Pilkada Pandeglang

    Berdasarkan data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon), pasangan ini menyerahkan dukungan sebanyak 73.961 KTP. Sementara yang memenuhi syarat 72.912. Sebaran dukungan sendiri ada di 35 kecamatan di Pandeglang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir