Bank Sumut
  • Home
  • Olahraga
  • Sail Nias 2019: Selancar Yang Utama Dikembangkan

Sail Nias 2019: Selancar Yang Utama Dikembangkan

Sabtu, 14 Sep 2019 23:33
Dibaca: 59 kali
drberita/istimewa
Kejuaraan selancar Sail Nias 2019.
DRberita | Acara puncak Sail Nias 2019 dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan. Acara tanpa dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu 14 September 2019.

Gubernur Aumut Edy Rahmayadi mengatakan dunia pariwisata di Nias akan terus digenjot pasca Sail Nias 2019. Kehadiran para menteri merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah pusat untuk mengembangkan pariwisata Nias.

"Pemerintah daerah dan pusat bersungguh-sungguh ingin membangun pariwisata Nias. Sail Nias salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat promosi wisata Nias. Tidak berhenti di sini saja, akan ada program-program lainnya seperti yang dikatakan Menko Maritim tadi," kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, pemerintah saja tidak cukup untuk menyukseskan pembangunan pariwisata Nias, perlu dukungan masyarakat agar Nias benar-benar menjadi objek wisata dunia.

"Pemerintah daerah serius, pemerintah pusat serius, jika masyarakatnya tidak serius, itu akan sulit. Jadi ini butuh dukungan kuat masyarakat," tambahnya.

Usai menyaksikan acara puncak di Teluk Dalam, Edy Rahmayadi dan para menteri serta undangan termasuk beberapa duta besar negara sahabat menyaksikan kejuaraan Nias Pro International Surfing di pantai Sorake. Kejuaraan selancar ini diikuti oleh 126 peserta dari 15 negara.

Kejuaraan selancar di Nias ini menarik sekitar 50.000 penonton, sehingga sektor ini akan diperkuat terlebih dahulu. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Nias memang sangat punya potensi untuk menjadi tempat selancar kelas dunia.

"Potensi Nias untuk oleh raga selancar sangat besar. Jadi kita perlu sepakat dulu kalau selancar ini yang utama akan kita kembangkan. Bali juga memulai promosi mereka dari selancar. Tetapi, sektor lain juga tidak kita tinggalkan seperti Desa Budaya Bawomataluo yang sedang kita usahakan untuk menjadi warisan budaya UNESCO seperti Danau Toba," kata Arief Yahya.

Sail Nias 2019 sendiri akan berakhir pada 15 September setelah dimulai dari tanggal 13 September dengan berbagai agenda seperti Festival Kopi Nusantara, voli pantai, lomba memancing, festival layang-layang, 1000 tenda dan funbike, festival budaya nyanyian dan tarian khas Nias, atraksi 10 penerjun payung dan 3 pesawat tempur. (art/drb)

Editor: admin

T#g:objek wisataolah ragasail nias 2019selencar
Berita Terkait
  • Selasa, 01 Okt 2019 23:44

    SPRI Adakan Kemah Pers Indonesia di 4 Geosite Sumatera Utara

    Rencana pelaksanaan Kemah Pers Indonesia (KPI) yang digagas DPD Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Provinsi Sumatera Utara saat ini telah memasuki tahapan penetapan waktu pelaksanaan dan penjaringan peserta.

  • Senin, 30 Sep 2019 00:24

    Dukung GIXA 2019: Bank Sumut Jelajah Belantara Untuk Kualitas Pendidikan

    Bank Sumut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mendukung penyelenggaraan event Green Internasional Extreme Adventure atau GIXA 2019.

  • Sabtu, 14 Sep 2019 23:13

    Minus Jokowi, Luhut Buka Acara Puncak Sail Nias 2019

    Namun beberapa menteri hadir diantaranya Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri DPDT Eko Putro Sandjojo, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

  • Sabtu, 14 Sep 2019 22:50

    Pesona Danau Toba akan Dapat Bantuan Ikan Endemik dari Kementerian

    Belasan Ribuan warga memadati jalan Sisingamangaraja, Balige, tempat berlangsungnya karnaval. Warga antusias menyaksikan karnaval mobil hias dan parade kostum berbahan ulos.

  • Senin, 09 Sep 2019 17:35

    Medan Jurnalis Club: KPAI Keliru Anggap PB Djarum Eksploitasi Anak

    Presidium Medan Jurnalis Club, Ryan Juskal, menilai KPAI harus melihat secara bijaksana dan objektif terkait peran PB Djarum selama ini terhadap pengembangan bakat pemain bulutangkis Indonesia.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir