UMSU Kembali Raih Akreditas A Untuk Dua Prodi

Jumat, 08 Jun 2018 07:00
Dibaca: 803 kali
drberita/istimewa
Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP (kiri) dan WR 3 UMSU Dr. Rudianto, M.Si ketika menjadi pembicara dalam kegiatan Konsolidasi dan Koordinasi Pencapaian Visi Fakultas 2018-2023.
DINAMIKARAKYAT - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali meraih akreditas A untuk dua program studi (prodi) yang ada di FISIP, yakni Ilmu Komunikasi (IKO) dan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS).

Akreditasi A dengan keluarnya surat keputusan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini disampaikan langsung oleh Dekan FISIP UMSU Arifin Saleh pada acara Konsolidasi dan Koordinasi Pencapaian Visi Misi FISIP UMSU 2018-2023 di Hotel Garuda Plaza Medan, Rabu 6 Juni 2018.

"BAN PT Sudah mengeluarkan SK Nomor 614/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018 untuk Prodi IKO dan SK Nomer Nomor 1202/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 untuk Prodi IKS. Kedua SK tersebut dapat kita lihat di website resmi BAN PT dengan nilai Peringkat A dan masa berlaku kedua SK tersebut sampai tahun 2023," ungkap Arifin.
 
Pencapaian akreditasi A untuk dua prodi itu, lanjut Arifin, sebagai bukti pengakuan pemerintah terhadap bagusnya tata kelola institusi dan juga wujud dari profesionalitas prodi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

"Ke depan, prodi lainnya yakni Ilmu Administrasi Negara juga ditargetkan untuk memperoleh akreditasi A," sebutnya.
 
Kegiatan yang dirangkai dengan berbuka puasa bersama civitas akademika FISIP UMSU, Arifin Saleh juga memaparkan bahwa selama periode 2013-2018, Visi-Misi FISIP UMSU telah mencapai target yang ditetapkan, di antaranya kondisi pendidikan dan pengajaran yang kian kondusif, pertumbuhan jumlah publikasi dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan kualifikasi dosen pada jenjang doctoral.
 
"Peningkatan-peningkatan tersebut akan terus kita jaga dan mendorong perkembangan-perkembangan lainnya seperti peningkatan jabatan fungsional dosen dari lektor ke lektor kepala, dan dari lektor kepala ke jenjang guru besar bagi yang sudah menyelesaikan pendidikan S-3," paparnya.
 
Sementara itu, Wakil Rektor 3 UMSU Rudianto yang hadir menjadi narasumber kegiatan mengatakan saat ini UMSU telah memiliki 8 prodi yang memiliki Akreditasi A. Oleh karenanya, UMSU saat ini menjadi PTS di luar Pulau Jawa yang memiliki prodi dengan nilai Akreditasi A terbanyak.
 
Untuk itu, Rudianto memastikan agenda kondolidasi dan koordinasi yang dilaksanakan oleh FISIP UMSU menjadi penting agar terjadi penguatan-penguatan pada tingkatan program studi dan fakultas khususnya dalam aspek penyamaan pemahaman dan tujuan-tujuan yang hendak dicapai secara bersama-sama.
 
"Saya mengapresiasi kegiatan ini, sebab dari kegiatan seperti ini akan terbentuk pemahaman yang sama. Sehingga kerja sama untuk membangun universitas yang lebih baik ke depan akan lebih mudah terwujud," pungkasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:Arifin Saleh Siregarkampus umsumahasiswaUMSU
Berita Terkait
  • Sabtu, 22 Jun 2019 02:16

    Puluhan Mahasiswa USU Tuntut Dosen Peleceh Seksual Dipecat

    Mereka menuntut adanya perlindungan khusus dari pihak kampus terhadap korban pelecehan seksual agar tidak ada penekanan dalam bentuk apapun dari dosen, mahasiswa dan civitas akademika kampus lainnya.

  • Rabu, 19 Jun 2019 14:35

    41 Pelajar dan Mahasiswa Kota Medan Diamankan

    Sebanyak 41 pelajar dan mahasiswa berasal dari sejumlah sekolah dan kampus di Kota Medan, diamankan polisi karena tawuran, Selasa 18 Juni 2019.

  • Minggu, 30 Sep 2018 21:32

    Peternak Kabupaten Simalungun Terbantu Dengan Program Kimitraan Unimed

    Unimed telah beberapa kali memberikan bantuan dan melakukan kegiatan di Kabupaten Simalungun dalam upaya memberikan stimulus dan menunjang produktivitas UMKM agar mampu menjadi usaha yang maju dan mandiri.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:47

    Tahun 2039, USU Targetkan Akreditas Internasional

    Selaras dengan rencana strategis tahun 2015-2019 tentang peningkatan manajemen universitas yang berkesinambungan dan memiliki standar internasional, USU tahun 2039 menargetkan memperoleh akreditas Internasional.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:22

    Tahun Ajaran Baru 2018/2019 USU Menerima 7.775 Mahasiswa

    Universitas Sumatera Utara (USU) tahun ajaran baru 2018/2019 menerima calon mahasiswa dengan daya tampung 7.775 orang untuk penempatan pendidikan diseluruh fakultas dan program studi (prodi).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir