• Home
  • Metropolis
  • Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Oleh: Herdian Armandhani
Selasa, 26 Des 2017 22:17
Dibaca: 123 kali
drberita/istimewa
KAMMI Komisariat Dewata, Denpasar, Bali.
DINAMIKARAKYAT - Peradaban Islam dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar saat ini, tidak lepas dari peran Nabi Muhammad SAW, para Khulafaul Rasyidin, Para Sahabat dan Para Ulama yang berdakwah semata-mata hanya untuk memperoleh keridhoan Allah SWT.

Sebagai seorang pemuda dan mahasiswa muslim yang hidup di era milenial, sangat penting sekali mengetahui dan mempelajari sejarah panjang lahirnya Islam sehingga dapat mengambil hikmah dan menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Seperti kutipan pidato Bapak Proklamator Soekarno sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama yang  mengatakan "Jangan sekali-kali melupakan sejarah atau Jas Merah".

Dengan mempelajari sejarah khususnya sejarah Islam, pemuda dan mahasiswa muslim dapat meneladani spirit kebangkitan Islam di masa lalu dan dapat mengaplikasikannya dalam dakwah untuk umat.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indinesia (KAMMI) Komisariat Dewata mengadakan kegitan diskusi dan bedah buku dengan Tema 'Mengenal Sahabat Rasulullah Sallahu Alaihi Wasssalam'.

Kegiatan ini diadakan di Sekretariat KAMMI Komisariat Dewata, Jalan Waturenggong, Gang 18, No. 29, Denpasar, Bali, Ahad 24 Desember 2017, selesai Sholat Magrib.

Pemateri dalam kegiatan diskusi dan bedah buku ini Ketua KAMMI Komisariat Dewata periode 2017-2018 Very Nur Syamsi. Buku yang dikaji pekan ini adalah buku Sejarah Emas dan Atlas Perjalanan Nabi Muhammad SAW dan buku Sahabat-Sahabat Rasullullah karangan Shafiyurrahman Al Mubarakfuri.

Very sapaan akrab pemuda semester akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasarasawati Denpasar ini menjelaskan tentang perjalanan sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq RA dalam berdakwah di Makkah.

"Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq RA menjadi tokoh perjuangan islam bersama Rasullullah SAW. Beliau adalah orang yang pertama kali mempercayai Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Miraj yang di luar nalar logika manusia biasa," papar Very.

Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq RA selalu mengajak orang-orang di sekitarnya untuk kembali ke jalan yang benar dan taat beribadah kepada Allah SWT.

"Sebagai mahasiswa dan pemuda dakwah kampus, kita harus mengambil pelajaran cara berdakwah Abu Bakar Ash Shidiq kepada umat yang jauh dari nilai-nilai keislaman," tegasnya.

Selain kegiatan bedah buku, KAMMI Komisariat Dewata juga ada agenda setor hafalan surat Alquran khusus untuk Kader KAMMI dan silaturahmi.

Diskusi dan bedah buku ini merupakan salah satu program kerja unggulan KAMMI Komisariat Dewata yang diadakan dwi pekanan.

Kegiatan ini juga tidak sebatas untuk kader dan anggota KAMMI saja, namun juga dibuka untuk umum. Di pekan-pekan selanjutnya, KAMMI Komisariat Dewata akan membahas satu persatu sahabat-shabat Nabi Muhammad SAW yang membantu dalam berdakwah dan perjuangan Islam hingga Islam bisa dikenal keseluruh dunia. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kammi dewatasejarah islamumat islam
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:03

    PDAM Tirtanadi Bersama Wartawan Berbagi Takjil Depan Kantor

    PDAM Tirtanadi Sumut bersama dengan wartawan menggelar kegiatan membagikan takjil berbuka puasa kepada masyarakat yang berpuasa di bulan suci ramadhan, Jumat 8 Juli 2018, sekira pukul 17:00 WIB.

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:19

    Rumah Sakit Haji Medan Masih Banyak yang Perlu Dibenahi

    Sebagai satu-satunya rumah sakit umum dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berstatus Badan Pelayanan Umum (BLU), Tengku Erry menyadari masih banyak yang perlu dibenahi.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:11

    Wakapolri Lantik Prima DMI Sumut

    Irwansyah Putra Nasution didapuk sebagai Ketua Umum Prima DMI Sumut, dilantik bersama puluhan pengurus lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi dan profesi.

  • Sabtu, 26 Mei 2018 02:49

    Komjen Pol Suhardi Alius Berbuka Puasa Bersama Mantan Teroris di Medan

    Suhardi Alius menyebutkan ada 630 orang mantan napi terorisme yang sudah keluar dari penjara. Sedangkan yang mengikuti program deradikalisasi sebanyak 325 orang.

  • Jumat, 25 Mei 2018 00:50

    MTQ Pemko Medan ke 51: Untuk generasi muda Islam yang berakhlakul karimah

    Pada MTQ ke-51 tingkat Kota Medan yang baru saja selesai dilaksanakan di bekas lahan Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Medan, kemarin, di sana terjadi adu keahlian membaca Alquran.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir