Bank Sumut
  • Home
  • Metropolis
  • Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Tumbuhkan Minat Baca Sejarah Islam, KAMMI Dewata Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Oleh: Herdian Armandhani
Selasa, 26 Des 2017 22:17
Dibaca: 32 kali
drberita/istimewa
KAMMI Komisariat Dewata, Denpasar, Bali.
DINAMIKARAKYAT - Peradaban Islam dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar saat ini, tidak lepas dari peran Nabi Muhammad SAW, para Khulafaul Rasyidin, Para Sahabat dan Para Ulama yang berdakwah semata-mata hanya untuk memperoleh keridhoan Allah SWT.

Sebagai seorang pemuda dan mahasiswa muslim yang hidup di era milenial, sangat penting sekali mengetahui dan mempelajari sejarah panjang lahirnya Islam sehingga dapat mengambil hikmah dan menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Seperti kutipan pidato Bapak Proklamator Soekarno sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama yang  mengatakan "Jangan sekali-kali melupakan sejarah atau Jas Merah".

Dengan mempelajari sejarah khususnya sejarah Islam, pemuda dan mahasiswa muslim dapat meneladani spirit kebangkitan Islam di masa lalu dan dapat mengaplikasikannya dalam dakwah untuk umat.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indinesia (KAMMI) Komisariat Dewata mengadakan kegitan diskusi dan bedah buku dengan Tema 'Mengenal Sahabat Rasulullah Sallahu Alaihi Wasssalam'.

Kegiatan ini diadakan di Sekretariat KAMMI Komisariat Dewata, Jalan Waturenggong, Gang 18, No. 29, Denpasar, Bali, Ahad 24 Desember 2017, selesai Sholat Magrib.

Pemateri dalam kegiatan diskusi dan bedah buku ini Ketua KAMMI Komisariat Dewata periode 2017-2018 Very Nur Syamsi. Buku yang dikaji pekan ini adalah buku Sejarah Emas dan Atlas Perjalanan Nabi Muhammad SAW dan buku Sahabat-Sahabat Rasullullah karangan Shafiyurrahman Al Mubarakfuri.

Very sapaan akrab pemuda semester akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasarasawati Denpasar ini menjelaskan tentang perjalanan sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq RA dalam berdakwah di Makkah.

"Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq RA menjadi tokoh perjuangan islam bersama Rasullullah SAW. Beliau adalah orang yang pertama kali mempercayai Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Miraj yang di luar nalar logika manusia biasa," papar Very.

Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq RA selalu mengajak orang-orang di sekitarnya untuk kembali ke jalan yang benar dan taat beribadah kepada Allah SWT.

"Sebagai mahasiswa dan pemuda dakwah kampus, kita harus mengambil pelajaran cara berdakwah Abu Bakar Ash Shidiq kepada umat yang jauh dari nilai-nilai keislaman," tegasnya.

Selain kegiatan bedah buku, KAMMI Komisariat Dewata juga ada agenda setor hafalan surat Alquran khusus untuk Kader KAMMI dan silaturahmi.

Diskusi dan bedah buku ini merupakan salah satu program kerja unggulan KAMMI Komisariat Dewata yang diadakan dwi pekanan.

Kegiatan ini juga tidak sebatas untuk kader dan anggota KAMMI saja, namun juga dibuka untuk umum. Di pekan-pekan selanjutnya, KAMMI Komisariat Dewata akan membahas satu persatu sahabat-shabat Nabi Muhammad SAW yang membantu dalam berdakwah dan perjuangan Islam hingga Islam bisa dikenal keseluruh dunia. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kammi dewatasejarah islamumat islam
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jan 2018 02:41

    MTQ Tingkat Kecamatan Medan Polonia Digelar di Masjid Taqwa

    Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 51 tingkat Kecamatan Medan Polonia diselenggarakan di Masjid Taqwa, Jalan Polonia, Gang A, Kota Medan, Sabtu 20 Januari 2018.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:25

    Anak Medan Penghina Jokowi dan Tito Divonis 18 Bulan Penjara

    Farhan Balatif terbukti bersalah melakukan penghinaan terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui media sosial facebook dan twitter.

  • Minggu, 14 Jan 2018 14:26

    Umat Muslim Bali Hadiri Kajian Majelis Jejak Nabi

    Komunitas Lingkar Peradaban mengadakan kembali Kajian Majelis Jejak Nabi berlokasi di Masjid Muhammad, Jalan Imam Bonjol No. 335 Denpasar, Bali, Sabtu 13 Januari 2018.

  • Kamis, 11 Jan 2018 01:59

    10 Januari Titik Puncak Kemarahan Kader PPP Sumut

    Padahal Ketua DPW PPP Sumut Yulizar Parlagutan Lubis sebelumnya telah menyampaikan bahwa seluruh kader PPP di Sumut mendukung pasangan calon islam-islam, bukan pasangan 'pelangi' (islam-nonislam).

  • Kamis, 28 Des 2017 22:33

    Terdakwa Muhammad Farhan Hina Jokowi Karena Kinerja Buruk

    Muhammad Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah, terdakwa penghinaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui facebook dan twitter didasari kinerja buruk selama menjabat sebagai kepala negara.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir