Bank Sumut

Raimuna Nasional Akan Dibuka Presiden Jokowi

Jumat, 11 Agu 2017 23:05
Dibaca: 254 kali
drberita/ilustrasi
Raimuna Nasional.
DINAMIKARAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka pada 14 Agustus mendatang di Cibubur, Bogor, Jawa Barat. Jokowi juga berharap Raimuna Nasional Pramuka dapat terselenggara dengan sukses.

"Saya akan datang lebih awal pada 14 Agustus 2017 ke Cibubur. Selamat Hari Pramuka ke-56 dan mari kita sukseskan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka," kata Jokowi lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Pernyataan Presiden RI tersebut keluar seiring pertemuan Jokowi dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Istana Negara pada Kamis 10 Agustus 2017.

Adhyaksa mengatakan kegiatan Pramuka akan dihadiri 15 ribu Pramuka usia 17-25 tahun dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten se-Indonesia. Kontingen yang sudah hadir di antarnaya Nusa Tenggara Timur, Papua, Aceh, Maluku dan lain-lain.

Dia menjelaskan kata "raimuna" yang diambil dari bahasa Ambai, Yapen, Papua. "Rai" berarti sekelompok orang dan "muna" adalah daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

Raimuna berarti sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

"Peserta Raimuna Nasional XI adalah Pramuka pilihan di daerahnya yang telah lolos seleksi. Mereka jauh-jauh datang dari daerahnya untuk melihat langsung Indonesia dengan indahnya kebhinekaanya. Menariknya, seluruh panitia Raimuna ini adalah anak-anak muda yang usianya relatif sama dengan peserta," kata Adhyaksa.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Slamet Budi Prayitno menyampaikan Raimuna Nasional mengajarkan kepada 15 ribu peserta tentang Pancasila yang salah satunya berisi soal kebhinekaan dengan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan.

Seluruh perencanaan dan pelaksanaan dilakukan oleh anak-anak muda, mereka rapat siang malam karena ini kegiatan luar ruangan.

"Setelah Raimuna Nasional, seluruh peserta akan mendapatkan teman baru yang berbeda suku, agama dari seluruh Indonesia. Perkemahan merupakan salah satu kegiatan andalan Pramuka untuk semakin merekatkan NKRI," kata Budi.

Dalam acara Raimuna Nasional nantinya akan ada sejumlah tokoh nasional yang menjadi pembicara. Mereka di antaranya Try Sutrisno, Chairul Tanjung, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala BNN Budi Waseso. (republika)

Editor: admin

T#g:gerakan pramukaPresiden Jokowiraimuna nasional
Berita Terkait
  • Minggu, 30 Sep 2018 21:35

    Buwas Berjanji Bangun Gerakan Pramuka Lebih Baik

    Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso terpilih menjadu Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-X Gerakan Pramuka, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat lalu.

  • Minggu, 22 Jul 2018 17:33

    Massa #2019TetapJokowi Kalah Banyak dengan Massa #2019GantiPresiden

    Massa #2019TetapJokowi yang mengambil lokasi di Jalan Masjid Raya, persisnya di sisi kiri Masjid Raya dan di depan Taman Sri Deli Kota Medan, kalah banyak dengan massa #2019GantiPresiden yang posisinya di badan Jalan SM. Raja Medan, persisnya di depan Mas

  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:18

    Iman Harahap: Nawacita Jokowi Gagal di Daerah Pinggiran Sumatera Utara

    Akan tetapi Nawacita Jokowi sebagai agenda prioritas tidak berbanding lurus, disebabkan banyak kejanggalan yang ditemui di lapangan dalam pengelolaan dana desa salah satunya di Kecamatan Ujungbatu dan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara.

  • Kamis, 19 Jul 2018 11:09

    Selesai Melantik 724 Perwira TNI, Jokowi dan JK Jenguk SBY

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dirawat di RSPAD.

  • Jumat, 01 Jun 2018 23:24

    Presiden Jokowi Ajak Rakyat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

    Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjadikan peringatan hari lahir Pancasila sebagai momen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir