Bank Sumut

PDAM Tirtanadi: Museum Air Itu Ide Orang Gila

Oleh: Artam
Minggu, 15 Sep 2019 22:22
Dibaca: 937 kali
drberita/istimewa
Menara PDAM Tirtanadi.
Bobby Nasution Center
DRberita | Rencana pembuatan Museum Air oleh PDAM Tirtanadi mendapat kritikan. Rencena itu dinilai sebuah ide gila yang berlawanan dengan konsep dan kondisi perusahaan yang ada pada saat ini.

PDAM Tirtanadi merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sampai saat ini belum mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya warga Kota Medan. Rencana pembuatan Museum Air di Booster Pump itu terlalu mengada-ada.

"Itu ide orang gila!" tegas Pemerhati PDAM, Irwansyah Siregar di Kawasan Asrama Haji, Jalan AH. Nasution, Medan, Minggu 15 September 2019.

Menurut Irwan, rencana pembuatan Meseum Air oleh PDAM Tirtanadi, sah-sah saja. Akan tetapi dilihat dari objek yang ingin dijadikan museum sangatlah tidak tepat.

"Sebab menara itu masih berfungsi sebagai booster pump untuk mendistribusikan air ke daerah kota. Jika itu dibuat meseum, berarti lokasinya jadi tidak steril. Dan jika ditutup berarti daerah kota tak dapat air. Kan goblok itu," serunya.

Dia menilai PDAM Tirtanadi dipimpin Dirut Trisno Sumantri akan semakin buruk. Hal itu dikatakan Irwan karena target yang dikejar bukanlah pelayanan terbaik, melainkan pendapatan asli daerah (PAD). 

"Gimana mau baik? wong target Pemda adalah PAD. Jadi menejemen efisiensi biaya perawatan dan pemeliharaan agar bisa setor PAD. Padahal itu bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 33, Permendagri tentang masalah tarif air dan Undang Undang Sumber Daya Air," katanya.

Irwan menjelaskan bahwa PDAM Tirtanadi sedang mengalami kebocoran air di atas kewajaran di masing-masing Instalasi Pengelola Air (IPA). Kebocoran tersebut terjadi dikarenakan perawatan yang dihemat untuk mengejar PAD yang ditargetkan.

"Jajaran Direksi apa tahu tingkat kebocoran air saja saat ini 30 persen, yang wajar itu 20 persen. Jadi ada 600 liter/detik IPA yang dibuang percuma. Itu terjadi sebab perawatan yang dihemat, jadilah kebocoran yang tinggi seperti itu," terangnya.

Dikutip dari pdamtirtanadi.co.id, Pemprov Sumut berencana membangun museum air PDAM Tirtanadi yang nantinya menjadi media edukasi kepada masyarakat. Museum akan dibangun di Menara Air PDAM Tirtanadi dan untuk pembuatan desainnya didukung Gramedia Pustaka Utama.

"Awalnya saya sampaikan dengan Direksi PDAM Tirtanadi yang baru, kira-kira apa yang bisa dilakukan tidak semata tentang persoalan air minum, tapi edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana air dan khususnya tower air yang dibangun pada zaman Belanda tahun 1908," kata Wagub Sumut Musa Rajekshah usai menerima audensi Gramedia Pustaka Utama, Jumat 12 Juli 2019.

Musa mengharapkan ke depan Museum Air itu akan dibuka untuk umum sehingga masyarakat, terutama anak-anak dapat melihat sejarah menara air PDAM Tirtanadi dan bagaimana prosesnya dengan tujuan agar mereka dapat menjaga lingkungan terutama ketersediaan air di masa depan.

"Kepada pihak Gramedia kita meminta masukan kiranya bagaimana membuat museum yang baik sehingga selain dapat menjadi media edukasi juga tempat kunjungan wisata sehingga keberadaannya membanggakan PDAM Tirtanadi dan Sumatera Utara," ujarnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:air bersihirwansyah siregarmuseum airPDAM Tirtanaditrisno sumantri
Berita Terkait
  • Jumat, 14 Feb 2020 00:06

    PDAM Tirtanadi & Balai Besar Jalan Nasional Kena Demo

    Kantor PDAM Tirtanadi dan Kantor Balai Besar Jalan Nasional II Medan, Kamis 13 Februari 2020, didemo belasan massa dari Koordinator Pusat Aliansi Pemantau Independen Sumatera Utara (Korpus Api Sumut).

  • Rabu, 05 Feb 2020 00:47

    Korupsi PDAM Tirtanadi: Vonis 5 Terdakwa Beda

    Para terdakwa yakni Achmad Askari, Bambang Kurnianto, Pahmuddin, ketiganya mantan Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Deli Serdang tahun 2015-2017. Ketiganya divonis masing-masing 2 tahun penjara.

  • Selasa, 26 Nov 2019 12:05

    Museum Air Tirtanadi, Idrus Junaidi: Itu kita anggap hanya proyek akal-akalan saja

    Kinerja Direktur PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri menuai banyak kritik. Lemahnya pelayanan publik menjadi salah satu faktor penyebab keluhan masyarakat terhadap kinerja Trisno.

  • Jumat, 27 Sep 2019 00:38

    Iuran Dharma Wanita PDAM Tirtanadi, Irwansyah: Ide orang ngawur tu!

    Dia tidak yakin kenaikan uang iuran dharma wanita PDAM Tirtanadi bisa mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Malah, kata Irwansyah, iuran itu akan bisa membawa masalah kedepan harinya.

  • Rabu, 25 Sep 2019 00:32

    Iuran Dharma Wanita PDAM Tirtanadi Naik 300% Lebih

    Terhitung mulai September 2019, iuran dharma wanita direksi dan pegawai PDAM Tirtanadi, naik sebesar 300% persen lebih. Dari awalnya Rp 3.000 menjadi Rp 10.000 per bulan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir