Bank Sumut
  • Home
  • Metropolis
  • Ilyas Sitorus: Guru Sangat Perlu Miliki Pemahaman Pendekatan Potensi Siswa

Ilyas Sitorus: Guru Sangat Perlu Miliki Pemahaman Pendekatan Potensi Siswa

Rabu, 20 Nov 2019 01:01
Dibaca: 188 kali
drberita/istimewa
Plt. Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus.
DRberita | Salah satu tujuan penting pembelajaran adalah untuk mengembangkan potensi siswa. Dari sekian banyak potensi, kreativitas merupakan potensi yang sangat penting dalam hidup mereka kelak.

Demikian dikatakan Plt. Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus saat membuka pelatihan 'Praktik Baik Pembelajaran Modul 2 Kelas Rendah' di SD Negeri Sei Suka Deras, Selasa 19 November 2019.

Menurut Ilyas, pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi itu antara lain pendekatan belajar aktif. Pendekatan tersebut telah lama dikenal para guru di Indonesia, sejak tahun 1979. Namun kualitas penerapannya di sekolah masih perlu ditingkatkan.

"Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang pendekatan untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan potensi siswa," kata Ilyas.

"Keseluruhan kegatan ini diimplementasikan dalam pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan pengajaran kelas awal. Modul tersebut telah diimplementasikan di kelas-kelas sekolah dan madrasah mitra sejak dilatihkan kepada guru, disusul dengan pendampingan dengan pendekatan lesson study," tambah Ilyas.

Modul 2 merupakan pengembangan dari modul 1. Secara teknis, modul 1 mengenalkan kerangka berpikir secara umum tentang pendekatan pembelajaran aktif. Sedangkan modul 2 meletakkan kerangka berpikir pada karakterisik tiap mata pelajaran.

Pelatihan modul 2 dirancang agar guru memiliki pengetahuan dan pengalaman konkrit minimal dalam 3 hal. Pertama metodologi/proses khas tiap mata pelajaran; kedua keterampilan khas mata pelajaran dan ketiga pemodelan, memodelkan pembelajaran salah satu konsep mapel yang mencerminkan metodologi dan keterampilan khas mapel.

Khusus untuk kelas awal SD/MI, materi modul 2 berfokus pada literasi kelas awal untuk menguatkan kemampuan siswa dalam hal membaca, karena hal ini merupakan dasar bagi belajar mata pelajaran lain.

Kegiatan ini dihadiri 12 Kepala Sekolah mitra dinas dan 4 Kepala Madrasah dari Kementerian Agama Kabupaten Batubara serta Perwakilan Guru-guru Kelas Rendah. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: Pers Rilis

T#g:dinas pendidikan batubaradinas pendidikan sumutilyas sitoruspemkab batubara
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Nov 2019 12:10

    SMBB Minta Bupati Batubara Profesional Selesaikan Polemik Oky dengan TBUPP

    Polemik yang terjadi antara Wakil Bupati Batubara Oky Prima dan Ketua Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Syaful Safri menjadi perhatian para mahasiswa Batubara.

  • Jumat, 01 Nov 2019 00:31

    Ilyas Sitorus: Jangan sekolah yang dijadikan korban

    Plt Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus mengajak semua pihak agar ikut mendiskusikan dan mencari solusi atas penyelesaian masalah banjir yang menggenangi kawasan SMP Negeri 3 Tanjung Tiram.

  • Selasa, 15 Okt 2019 09:15

    Perempuan Batubara Kembangkan Songket Khas Melayu Kekinian

    Kaum perempuan merupakan subjek yang dapat dikembangkan potensinya dalam rangka meningkatkan peran dan tanggung jawab pembangunan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

  • Jumat, 20 Sep 2019 08:32

    Depan DPRD Sumut dan Kejatisu, IMAMI Minta Bupati Batubara Copot Ilyas Sitorus

    Kordinator aksi Muhammad Furqon, Jumat 20 September 2019 mengatakan dalam orasinya mereka meminta Bupati Batubara Zahir mencopot Ilyas Sitorus dari jabatannya sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan.

  • Minggu, 15 Sep 2019 21:29

    Abaikan Putra Daerah, Bupati Zahir Adopsi 'Pejabat Impor' Bangun Batubara

    Tujuan otonomi daerah adalah untuk mewujudkan kesejahteran masyarakat daerah. Pemerintah daerah harusnya mengutamakan kepentingan daerah dari pada kepentingan luar daerah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir