• Home
  • Metropolis
  • Gubernur Sumut Luncurkan Pelaksanaan MTQ Nasional ke 27

Gubernur Sumut Luncurkan Pelaksanaan MTQ Nasional ke 27

Senin, 02 Okt 2017 02:43
Dibaca: 292 kali
drberita/istimewa
Peluncuran pelaksanaan MTQ Nasional ke 27.
DINAMIKARAKYAT - Peluncuran MTQ Nasional ke 27 tahun 2018 di Sumatera Utara, dilaksanakan di pelataran parkir Kantor Gubsu, Jalan Dipenegoro, Medan, Sabtu 30 September 2017.

Kegiatan tersebut diawali dengan berbuka Puasa Asyura (10 Muharram) bersama 1.000 anak yatim piatu, para santri serta ribuan warga Sumut.

Hadir Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, Plt Setda Ibnu S Hutomo, Ketua MUI Sumut Abdullah Syah, Ketua FKUB Maratua Simanjuntak, Ketua MUI Medan Prof HT Hatta, Ketua PW Alwasliyah Syaiful Akhyar, Rektor UINSU Syaidurahman.

Erry mengatakan acara berbuka puasa Asyura merupakan bagian dari syiar Islam sekaligus melaunching pelaksanaan MTQ Nasional ke 27 tahun 2018 yang akan diselenggarakan oleh Provinsi Sumatera Utara.

Melalui peluncuran tersebut, Erry berharap warga masyarakat dapat mengetaui dan mendukung mensukseskan pelaksanaan MTQN di Sumut.

"Menteri Agama melalui surat keputusan nomor 463 tahun 2016 tanggal 04 Agustus 2016 memberi kepercayaan kepada Pemprov Sumut untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional ke 27 tahun 2018, kepercayaan ini merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap pembinaan kehidupan beragama di Sumut khususnya dalam pembinaan dan pengembangan Tilawatil Quran," ucap Erry.

Penetapan sebagai tuan rumah MTQ Nasional merupakan peluang emas bagi Sumut dalam mewujudkan visi menjadikan provinsi yang berdaya saing menuju sejahtera, selain itu sebagai syiar agama yang juga berdampak pada pembangunan keagamaan secara nasional.

Pada launching pelaksanaan MTQ Nasional ini juga membuka sayembara lomba desain logo MTQ yang menampilkan sisi religius dan unsur budaya Sumatera Utara dan dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kendati demikian sebelum dilakukannya pelaksanaan MTQ Nasional, terlebih dahulu akan digelar pada 18 November 2017, MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sidikalang, yang tujuannya mencari bibit atau bakat putra dan putri untuk bertanding di MTQ tingkat Nasional yang dibuka di Medan pada tanggal 20 Oktober 2018.

"Kita merasa bangga akan pelaksanaan MTQ Nasional ke 27 nanti merupakan penantian yang lama karena Sumut sebagai tuan rumah pada tahun 1971 atau 46 tahun yang lalu. Ini kesempatan besar untuk kita lebih memperkenalkan Sumut dengan keberagaman dan juga sisi pariwisatanya," cetus Erry.

Mengenai puasa Asyura (puasa Muharram), Erry juga mengatakan bahwa puasa Asyura adalah puasa pada hari ke 10 di bulan Muharram, selain hari yang mulia karena menyimpan sejarah yang mendalam dan tidak bisa dilupakan juga tanggal istimewa dalam sejarah kenabian.

"Nabi Muhammad biasa berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk melakukan hal yang serupa, kebiasaan berpuasa di hari Asyura dilakukan sejak awal kenabiannya, maka selayaknya bagi semua umat Islam untuk berpuasa di hari tersebut," tutur Erry.

Erry juga mengatakan puasa Asyura adalah sunnah dari Rasulullah jika diamalkan dan dilaksanakan dengan ucapan dan perbuatan merupakan ibadah yang sangat utama kepada Allah SWT.

"Bagi siapa yang menghidupkan sunnah, mengamalkannya dan menyebarkannya di antara manusia dan menyebarkan di antara manusia maka baginya dua pahala, pahala dia beramal dan pahala menghidupkan sunnah," ujarnya.

Bahwa pada hakikatnya umur manusia adalah apa yang di isi di dalamnya dengan ketaatan kepada Allah SWT, maka bagi yang berlalu begitu saja tanpa nilai dan akan menyesali yang menyia-nyiakannya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:mtqPemprov Sumutumat islam
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Mei 2018 00:12

    Kata Erry, Kenaikkan Harga Jelang Ramadhan Masih Wajar, Benarkah?

    Dari pantauan harga di pasar, untuk bahan pokok kenaikan harganya dinilai masih dalam batas kewajaran antara 5 sampai 10 persen. Inspeksi mendadak (sidak) tersebut dilakukan di Pasar Petisah Medan.

  • Senin, 14 Mei 2018 00:24

    Erry Layani Masyarakat di Warung Dhuafa Pemuda Muhammadiyah Sumut

    Warung Dhuafa merupakan kegiatan amal Ormas Pemuda Muhammadiyah Sumut yang digelar di depan masjid untuk membagikan makanan siang kepada jamaah yang telah selesai shalat Jumat maupun masyarakat umum khususunya kaum dhuafa.

  • Kamis, 10 Mei 2018 00:55

    Main Judi, Peserta Lelang Jabatan Eselon 2 Pemprov Sumut Ditangkap Polisi

    Peserta lelang lajabatan eselon 2 Pemprov Sumut itu ditangkap saat sedang bermain judi bersama beberapa PNS lainnya di warung depan Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumut, Rabu 9 Mei 2018.

  • Senin, 07 Mei 2018 01:02

    Pesta Rakyat: Pemberian CSR dan Undian Rp1 Miliar Bank Sumut

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan dana bantuan CSR alokasi Pemprovsu dengan jumlah Rp 1.648.415.000 dan undian Gebyar Martabe Bank Sumut senilai Rp1 miliar.

  • Senin, 09 Apr 2018 22:38

    Libur Lebaran Idul Fitri Akan Ditambah

    Anggota Komisi V DPR Syarif Alkadrie mendukung rencana pemerintah untuk menambah cuti libur lebaran. Hal itu menurutnya bisa meminimalisasi jumlah pekerja yang bolos menjelang cuti lebaran.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir