• Home
  • Metropolis
  • Akui Bantu Korban Sinabung Rp 356,5 Miliar, BNPB: Bupati Karo paling bertangung jawab

Akui Bantu Korban Sinabung Rp 356,5 Miliar, BNPB: Bupati Karo paling bertangung jawab

Minggu, 10 Apr 2016 21:34
Dibaca: 2.553 kali
istimewa
Sutopo Purwo Nugroho.

DINAMIKARAKYATCOM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku telah mengucurkan bantuan senilai Rp 356,5 miliar kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bantuan itu diberikan BNPB sejak September 2013 hingga saat ini. Bantuan uang itu kata Sutopo diberikan sebagai penanganan darurat letusan Sinabung. Aktivitas di gunung ini menurutnya masih sangat tinggi dan masih berstatus awas hingga saat ini.

"BNPB telah memberikan bantuan Rp 356,5 miliar untuk penanganan darurat letusan Gunung Sinabung sejak September 2013 hingga saat ini," kata Sutopo dalam rilis resmi yang didapat cnnindonesia.com, Minggu (10/4/2016).

Rinciannya, dengan fulus sebesar itu, BNPB telah mengucurkan Rp 241,2 miliar dalam bantuk uang tunai. Jumlah lainnya Rp 114,3 miliar diberikan dalam bentuk barang dan jasa.

Kepala BNPB, Willem Rampangilei menurut Sutopo terus memantau perkembangan penangananan Gunung Sinabung.

"BNPB berkomitmen akan memberikan bantuan bagi pengungsi, baik untuk penanganan darurat maupun rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Bupati Karo tetap berada paling depan dan bertanggung jawab dalam penanganan bencana," kata Willem.

Aktivitas vukanik Sinabung menurut pantauan BNPB masih cukup tinggi. Beberapa tandanya adalah letusan diiringi dengan luncuran awan panas dan lava hampir setiap hari berlangsung.

Khusus hari ini, tercatat sudah empat kali gunung ini mengeluarkan erupsis sejak pukul 06;52 WIB dengan tinggi letusan setinggi 500 meter. Letusan kembali terjadi pada pukul 13:15 dengan tinggi kolom abu vulkanik 2 ribu meter.

"Sehari sebelumnya PVMBG mencatat terjadi 16 kali gempa guguran, 27 kali gempa frekuensi rendah, 4 kali gempa hibrid, dan tremor menerus. Dari data seismig menunjukkan bahwa letusan berpotensi tinggi masih akan terjadi," kata Sutopo.

Menurut data BNPB, belum ada penambahan pengungsi akibat letusan hari ini. Jumlah total pengungsi saat ini mencapai 9.322 jiwa (2.592 KK) yang berada di 10 posko penungsian. Pengunsi-pengunsi tersebut berasal dari 9 desa dan 1 dusun yaitu Desa Tiga Pancur, Sukanalu, Pintu Mbesi, Sigarang-Garang, Jeraya, Kuta Rayat, Kuta Gugung, Mardinding, Kuta Tengah, dan Dusun Lau Kawar. Semua pengunsi tersebut diungsikan setelah status Sinabung naik menjadi awas oleh PVMBG pada 2 Juni 2015 hingga saat ini.

Jumlah warga yang belum mengungsi mencapai 4.967 jiwa (1.683 KK) dari Desa Guru Kinayan, Kota Tonggal, Beras Tepu, dan Gamber yang saat ini ada di hunian sementara sambil menunggu relokasi. Desa mereka tidak boleh ditempati lagi karena berbahaya dari letusan Gunung Sinabung. Mereka diberi bantuan BNPB berupa sewa rumah Rp 3,6 juta per KK per tahun dan sewa lahan pertanian Rp 2 juta per KK per tahun.

"Masyarakat diimbau mentaati larangan aktifitas di sekitar Gunung Sinabung. Masyarakat atau pengunjung tidak boleh melakukan aktifitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak dan 7 km untuk sektor selatan-tenggara dan tenggara timur," tulis BNPB. (art/drc)

T#g:BNPBerupsisinabung
Berita Terkait
  • Senin, 24 Des 2018 12:29

    Tsunami Selat Sunda: 281 Tewas, 1.016 Luka dan 57 Hilang

    Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, penanganan pengungsi, dan perbaikan darurat sarana prasarana yang rusak.

  • Rabu, 22 Nov 2017 22:11

    Kurun Waktu 2 Tahun Sumut Alami Bencana 493 Kali

    Provinsi Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana. Kurun waktu 2015-2016 telah terjadi bencana sebanyak 493 kali, di mana sebagian besar adalah banjir yaitu 299 kejadian.

  • Rabu, 09 Agu 2017 00:12

    Irjen Paulus Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Relokasi Pengungsi Sinabung

    Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw sudah memerintahkan Kapolres Tanah Karo untuk membantu pihak pemkab dan pengungsi agar melakukan pembersihan di sekitar lokasi pengungsian.

  • Sabtu, 05 Agu 2017 18:21

    Bawa Bantuan Kapolri, Irjen Paulus dan Istri Kunjungi Pengungsi Sinabung

    Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw didampingi istri Roma Megawanti Pasaribu dan para Pejabat Utama Polda Sumut, serta pengurus Bhayangkari menyalurkan bantuan kepada pengungsi Sinabung ke lokasi pengungsi, Posko GBKP simpang 6 dan Gor KNPI, Kabupaten Ta

  • Minggu, 02 Apr 2017 23:40

    Kata Erry, Seni Foto Bisa Membuat Hidup Kita Terasa Lebih Indah

    Satu karya foto yang diambil fotografer jurnalis dan diterbitkan di media masing-masing, baik itu berupa kritikan, bisa menjadi masukan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir