Bank Sumut

Aktivis Islam Sumut Protes Keberadaan Hotel Kama

Sabtu, 22 Jun 2019 15:40
Dibaca: 142 kali
drberita/istimewa
Muhammad Habibi berhadapan dengan Maneger Hotal Kama Marco
DINAMIKARAKYAT - Sebanyak tiga orang Aktivis Islam Sumatera Utara mendatangi Hotel Kama, Jalan Jendral Ahmad Yani, Medan, Jumat 21 Juni 2019. Mereka memerotes keberadaan hotel yang dinilai menyalahi aturan.

Protes itu dipimpin oleh Muhammad Habibi. Mereka meminta pihak manajemen hotel menghancurkan bangunan yang ada di atas, yaitu akses jalan umum.

"Kami (masyarakat) meminta agar manajemen hotel merobohkan bangunan yang ada di atas jalan gang, karena setiap membangun harus ada akses jalan gang untuk pemadaman apabila terjadi kebakaran," ujar Habibi di depan Manager Hotel Kama, Marco.

Ketiga aktivis islam tersebut juga mengingatkan Dinas TRTB Kota Medan untuk segera menghancurkan tembok yang dipagar oleh pihak Hotel Kama, karena tembok tersebut adalah akses jalan untuk masyarakat umum.

Mereka juga mendesak Dinas PU agar memperbaiki trotoar di depan Hotel Kama, karena trotoar tersebut adalah akses pejalan kaki. "Dinas TRTB datang kemari untuk mengecek apakah izin, amdal dan IMB Hotel Kama sesuai dengan peruntukan," terangnya.

Hotel Kama mereka nilai berdiri tidak mengacu pada Peraturan Walikota Medan No. 16 tahun 2014 tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan.

Pasal 23, kata Habibi, Hotel Kama harus mengacu pada penyusunan rencana, program dan kegiatan bidang pengukuran dan pemetaan. Pelaksanaan pengendalian tata ruang kota dan kebijaksanaan teknis penataan ruang dan bangunan melalui mekanisme advice plan. Perencanaan kebutuhan fasilitas sosial dan umum pada suatu kawasan atau lingkungan.

"UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang perlindugnan, pengelolaan lingkungan hidup dan analisis mengenai dampak lingkungan hidup, adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan. Baku mutu lingkungan hidup adalah ukuran batas atau kadar mahluk hidup zat, energi dan atau komponen yang ada atau harus ada dan ataupun unsur pencemaran," bebernya.

Protes ketiga aktivis islam itu diterima oleh Manager Hotel Kama, Marco dan ia berjanji akan menyampaikan hal yang dituntut kepada pimpinannya. "Ini akan saya laporkan kepada pimpinan, yang kami tahu bangunan itu sudah ada sekitar tahun 80a-an," kata Marco.

Ketiga aktivis islam tersebut akhirnya meninggalkan lokasi setelah mereka bertemu dan mendengar penjelasan dari marco. (art/drc)

Editor: admin

T#g:aktivis islamdinas trtb medanhotel kamaidul fitri
Berita Terkait
  • Sabtu, 29 Jun 2019 15:57

    Pangdam dan Kapolda Sumut Hadiri Simponi Religi dan Kebangsaan

    Ikatan Alumni Pesantren Darul Arafah Raya adakan simponi riligi dan kebangsaan peduli yatim dan dhuafa di Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang, Medan, Jumat 28 Juni 2019, dengan thema santri peduli negeri, harapan yatim dhuafa membangun bangsa.

  • Senin, 24 Jun 2019 16:00

    Silaturrahmi Keluarga Besar Muhammadiyah: Ciptakan Harmonisasi Umat

    Silaturrahmi Syawal 1440 H/2019 M Keluarga Besar Muhammadiyah dalam rangka menciptakan harmonisasi Umat di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, pascapilpres dan pileg tahun 2019.

  • Senin, 24 Jun 2019 15:21

    Forum Komunikasi Umat Islam Bersatu: Dzikir Kemenangan

    Hadir dalam acara Wasekjen MUI Pusat KH. T. Zulkarnain, Ketua FUI Sumut Ustadz Indra Suheri, Ketua FKUB Medan Ustadz Zulkifli Rangkuti, Ustadz Budiono Al Amin, dan umat islam dari Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deliserdang dan Langkat.

  • Sabtu, 22 Jun 2019 02:51

    Dubes AS Rayakan HUT Kemerdekaan di Medan: Selamat Idul Fitri

    Hadir perwakilan dan Staf Wali Nangroe Aceh Darussalam (NAD) sebanyak 7 orang antara lain Syafaruddin Wahab, M. Rafiq, Dede Hargs Hadis, Khalidin Abdullah, Azhari, Fahri Assyah, Iksan.

  • Senin, 17 Jun 2019 16:45

    Kodim 0824/Jember Gelar Upacara Bendera Sekaligus Halal Bi Halal

    Namun demikian dengan ketulusan hati Letkol Inf Arif Munawar juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh anggota Kodim maupun Dinas Jajaran, baik atas nama pribadi, keluarga maupun sebagai Komandan Kodim 0824/Jember.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir