Bank Sumut
  • Home
  • Komunitas
  • Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Oleh: Herdian Armandhani
Selasa, 24 Okt 2017 22:30
Dibaca: 110 kali
drberita
Menkominfo Rudiantara bersama pemuda muslim Bali.
DINAMIKARAKYAT - Pesantren Digital Indonesia Chapter Bali (PDICB) mengadakan seminar kebangsaan bertema 'Penguatan Nasionalisme Melalui Pemanfaatan Dunia Digital untuk Mencetak Generasi yang Inovatif dan Produktif', Minggu 22 Oktober 2017.

Seminar kebangsaan ini diadakan di Ballroom Hotel Adhi Jaya, Jalan Sunset Road, Badung, Bali, dengan mengundang pembicara yang mumpuni di antaranya Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Ketua Stikom Bali Dadang Hermawan, Direktur Eksekutif MaCDIS Arya Sandhiyudha, Presiden Pesantren Digital Indonesia Khairul Mahfuz dan Pakar Cyber Crime Mabes Polri Heri Sucipto.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen organisasi muslim di Bali, seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Ikatan Cendekiawan Muslim Se Indonesia (ICMI), Kelompok Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Udayana, dan Dewan Masjid Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengajak anak muda Indonesia untuk bijak dalam menggunakan teknologi. Menurutnya, teknologi jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa manfaat yang baik pula untuk perkembangan bangsa. Salah satunya adalah dengan memasarkan produk-produk bisnis e-commerce.

"Situs perdagangan digital sangat efektif untuk menjual sebuah produk dan meningkatkan omset," kata Rudiantara.

Namun pasar e-commerce di Indonesia memiliki banyak tantangan, seperti sumber daya manusia yang handal, masih banyaknya bisnis start up, perpajakan, perlindungan konsumen, membangun kepercayaan konsumen, logsitik, dan keamanan cyber.

Ia juga mengajak anak muda Indonesia untuk menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri seperti aplikasi pesankita untuk meningkatkan nasionalisme.

"Sudah saatnya anak muda di Indonesia beralih menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri untuk mendukung gerakan nasionalisme," tegasnya.

Rudiantara juga mengatakan pemerintah saat ini sedang dalam proses pembangunan Palapa Ring, yaitu pembangunan serat optic fiber di bawah laut untuk daerah-daerah yang belum memiliki akses internet.

"Saat ini pemerintah sedang gencar membangun palapa ring untuk mendukung pengembangan teknologi di Indonesia," ungkapnya.

Sementara Direktur Eksekutif MaCDIS Arya Sandhiyudha mengungkap bahwa Indonesia memiliki bonus demografi yang bisa dimanfaatkan untuk meraih cita-cita anak bangsa untuk mencapai zaman keemasan.

Heri Sucipto dari Cyber Crime Mabes Polri memaparkan tentang kejahatan dunia cyber, pemanfaatan sosial media yang baik dengan tidak menyebarkan hoax, dan penerapan UU ITE dalam berselancar di dunia maya.

Peserta seminar Ghiyas Ghifari mengataka kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi anak muda yang ingin memasarkan produk melalui dunia maya. "Menarik sekali seminar ini, dapat membantu kita dalam mendukung bisnis yang sedang dikembangkan," ujarnya.

Seminar kebangsaan ini juga menyediakan sesi konsultasi bisnis dan tips pengembangan bisnis yang ampuh dari para pementor yang tergabung dalam Pesantren Digital. (art/drc)

Editor: admin

T#g:menteri rudiantaramuslim cyber armypemuda muslim baliumat islam
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jan 2018 02:41

    MTQ Tingkat Kecamatan Medan Polonia Digelar di Masjid Taqwa

    Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 51 tingkat Kecamatan Medan Polonia diselenggarakan di Masjid Taqwa, Jalan Polonia, Gang A, Kota Medan, Sabtu 20 Januari 2018.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:25

    Anak Medan Penghina Jokowi dan Tito Divonis 18 Bulan Penjara

    Farhan Balatif terbukti bersalah melakukan penghinaan terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui media sosial facebook dan twitter.

  • Minggu, 14 Jan 2018 14:26

    Umat Muslim Bali Hadiri Kajian Majelis Jejak Nabi

    Komunitas Lingkar Peradaban mengadakan kembali Kajian Majelis Jejak Nabi berlokasi di Masjid Muhammad, Jalan Imam Bonjol No. 335 Denpasar, Bali, Sabtu 13 Januari 2018.

  • Kamis, 11 Jan 2018 01:59

    10 Januari Titik Puncak Kemarahan Kader PPP Sumut

    Padahal Ketua DPW PPP Sumut Yulizar Parlagutan Lubis sebelumnya telah menyampaikan bahwa seluruh kader PPP di Sumut mendukung pasangan calon islam-islam, bukan pasangan 'pelangi' (islam-nonislam).

  • Kamis, 28 Des 2017 22:33

    Terdakwa Muhammad Farhan Hina Jokowi Karena Kinerja Buruk

    Muhammad Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah, terdakwa penghinaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui facebook dan twitter didasari kinerja buruk selama menjabat sebagai kepala negara.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir