Bank Sumut
  • Home
  • Komunitas
  • Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Oleh: Herdian Armandhani
Selasa, 24 Okt 2017 22:30
Dibaca: 229 kali
drberita
Menkominfo Rudiantara bersama pemuda muslim Bali.
DINAMIKARAKYAT - Pesantren Digital Indonesia Chapter Bali (PDICB) mengadakan seminar kebangsaan bertema 'Penguatan Nasionalisme Melalui Pemanfaatan Dunia Digital untuk Mencetak Generasi yang Inovatif dan Produktif', Minggu 22 Oktober 2017.

Seminar kebangsaan ini diadakan di Ballroom Hotel Adhi Jaya, Jalan Sunset Road, Badung, Bali, dengan mengundang pembicara yang mumpuni di antaranya Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Ketua Stikom Bali Dadang Hermawan, Direktur Eksekutif MaCDIS Arya Sandhiyudha, Presiden Pesantren Digital Indonesia Khairul Mahfuz dan Pakar Cyber Crime Mabes Polri Heri Sucipto.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen organisasi muslim di Bali, seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Ikatan Cendekiawan Muslim Se Indonesia (ICMI), Kelompok Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Udayana, dan Dewan Masjid Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengajak anak muda Indonesia untuk bijak dalam menggunakan teknologi. Menurutnya, teknologi jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa manfaat yang baik pula untuk perkembangan bangsa. Salah satunya adalah dengan memasarkan produk-produk bisnis e-commerce.

"Situs perdagangan digital sangat efektif untuk menjual sebuah produk dan meningkatkan omset," kata Rudiantara.

Namun pasar e-commerce di Indonesia memiliki banyak tantangan, seperti sumber daya manusia yang handal, masih banyaknya bisnis start up, perpajakan, perlindungan konsumen, membangun kepercayaan konsumen, logsitik, dan keamanan cyber.

Ia juga mengajak anak muda Indonesia untuk menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri seperti aplikasi pesankita untuk meningkatkan nasionalisme.

"Sudah saatnya anak muda di Indonesia beralih menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri untuk mendukung gerakan nasionalisme," tegasnya.

Rudiantara juga mengatakan pemerintah saat ini sedang dalam proses pembangunan Palapa Ring, yaitu pembangunan serat optic fiber di bawah laut untuk daerah-daerah yang belum memiliki akses internet.

"Saat ini pemerintah sedang gencar membangun palapa ring untuk mendukung pengembangan teknologi di Indonesia," ungkapnya.

Sementara Direktur Eksekutif MaCDIS Arya Sandhiyudha mengungkap bahwa Indonesia memiliki bonus demografi yang bisa dimanfaatkan untuk meraih cita-cita anak bangsa untuk mencapai zaman keemasan.

Heri Sucipto dari Cyber Crime Mabes Polri memaparkan tentang kejahatan dunia cyber, pemanfaatan sosial media yang baik dengan tidak menyebarkan hoax, dan penerapan UU ITE dalam berselancar di dunia maya.

Peserta seminar Ghiyas Ghifari mengataka kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi anak muda yang ingin memasarkan produk melalui dunia maya. "Menarik sekali seminar ini, dapat membantu kita dalam mendukung bisnis yang sedang dikembangkan," ujarnya.

Seminar kebangsaan ini juga menyediakan sesi konsultasi bisnis dan tips pengembangan bisnis yang ampuh dari para pementor yang tergabung dalam Pesantren Digital. (art/drc)

Editor: admin

T#g:menteri rudiantaramuslim cyber armypemuda muslim baliumat islam
Berita Terkait
  • Minggu, 29 Jul 2018 12:06

    Kasus BUD Boru Turnip, Ombudsman Surati IPB dan Panggil Pemkab Simalungun

    Menerima laporan itu, Ombudsman RI Perwakilan Sumut langsung menanganinya melalui metode Reaksi Cepat Ombudsman (RCO) dengan segera koordinasi dengan pihak IPB.

  • Minggu, 29 Jul 2018 11:47

    Pindah Agama Islam, Pemkab Simalungun Diduga Hentikan Program BUD Boru Turnip Kuliah di IPB

    Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera utara menjadwalkan, akan meminta keterangan Kepala Dinas Pendidikan Simalungun, Selasa 31 Juli 2018, terkait kebijakan pemerintah daerah itu yang diduga berbau Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) dalam progr

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:03

    PDAM Tirtanadi Bersama Wartawan Berbagi Takjil Depan Kantor

    PDAM Tirtanadi Sumut bersama dengan wartawan menggelar kegiatan membagikan takjil berbuka puasa kepada masyarakat yang berpuasa di bulan suci ramadhan, Jumat 8 Juli 2018, sekira pukul 17:00 WIB.

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:19

    Rumah Sakit Haji Medan Masih Banyak yang Perlu Dibenahi

    Sebagai satu-satunya rumah sakit umum dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berstatus Badan Pelayanan Umum (BLU), Tengku Erry menyadari masih banyak yang perlu dibenahi.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:11

    Wakapolri Lantik Prima DMI Sumut

    Irwansyah Putra Nasution didapuk sebagai Ketua Umum Prima DMI Sumut, dilantik bersama puluhan pengurus lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi dan profesi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir