Bank Sumut

Mahasiswa di Thailand Selatan Lebaran di Konsulat

Oleh: armand
Sabtu, 08 Jun 2019 10:34
Dibaca: 534 kali
istimewa
Sejumlah mahasiswa dan guru di Thailand Selatan saat berada di Konsulat RI Songkhla.
dinamikarakyat.com, Songkhla, Sejumlah mahasiswa dan guru praktik di Thailand Selatan asal Indonesia terpaksa batal merayakan lebaran di tanah air. Pasalnya, jarak dan tanggungjawab menjadikan Konsulat RI Songkhla jadi tempat berlabuh.

Kepala Perwakilan RI di Songkhla, Fachry Sulaiman menyebutkan, para mahasiswa itu tersebar di 14 provinsi di Thailand Selatan. Rasa kebersamaan dan kecintaan terhadap tanah air, konsulat RI di Songkhla menyediakan ruang dan tempat sebagai Dedicated Shelter Room (DSR) untuk mahasiswa dan para guru.

"Sidang isbat sebagai penentuan waktu lebaran memaksa mahasiswa menginap di konsulat selama dua hari (mondokers.red). Majelis Agama Islam Thailand atau Sheikhul Islam, yang dipimpin Tuan Guru Haji Aziz Pitakkumpol memutuskan dalam sidang Isbat bahwa puasa pada bulan Ramadhan 1440 H digenapkan 30 hari sehinggal 1 Syawal 1440 H di tetapkan pada 6 Juni 2019. Jadinya, konsulat pun kembali menyiapkan buka puasa dan sahur serta buka puasa untuk Ramadhan ke 30,"ungkap Fachry melalui rilis yang diterima, Sabtu (8/6).

Menurut Fachry, DSR merupakan sebuah ruang basement yang disiapkan secara baik, aman, sehat dan bersih. Penggunaan DSR hanya untuk keperluan emergency saja, dengan demikian jika WNI yang memerlukan akomodaasi jika berkunjung ke Songkhla tetap akan diarahkan ke penginapan di kota Songkhla dengan harga sangat terjangkau.

Sementara itu, Kepala Kanselarai Konsulat RI Songkhla, Gamma yang diberi tanggungjawab mengawal dan menyiapkan fasiltas bagi mondokers mejelaskan bahwa sesuai dengan peruntukan konsulat dan sifat keistimewaan dan kekebalan Gedung, maka kepada para Mondokers telah diberikan pembekalan tentang standar operating prosedures yang harus diperhatikan serta menjaga sara dan prasarana negara sebagai objek vital di Songkhla. 

"Kepada para mondokers juga dijelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Konsulat RI Songkhla serta organisasi struktural yang terdapat di Konsulat berikut wilayah akreditasi yang melikupi 14 provinsi. Selama menginap dua hari di konsulat, para mahasiswa pun melakukan diskusi positif tentang kesadaran berbangsa dan bernegara bagi WNI,"ujar Gamma.

(raden/rilis)

T#g:konsulat RI Songkhlalebaranpuasaramadan 1440Hsongklathailand selatan
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:07

    TPHP Sumut Klaim Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Idul Fitri

    Tim Pemantau Harga Pangan (TPHP) Sumut mengklaim harga kebutuhan pangan masih tergolong stabil ‎menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Namun masih ada sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:18

    5 Maskapai Tambah Penerbangan Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu

    Pihak Bandara Kualanamu Internasional Airport, Deliserdang, Sumatera Utara, sudah menerima tambahan jadwal penerbangan (Ekstra Filght) dari 5 maskapai penerbangan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:48

    KPPU Medan Warning Para Agen Penjual Daging Ayam dan Sapi

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan mewarning para agen penjual daging ayam. Karena harga daging ayam di pasaran masih mengalami kenaikan saat Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1439 H.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:51

    Jelang Idul Fitri, Bulog Sumut Impor 130 Ton Daging Kerbau Beku dari India

    Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daging yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumut, ‎kembali mengimpor daging kerbau beku asal India sebanyak 130 ton.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir