Bank Sumut

Literasi Sumut Pecah Rekor MURI

Rabu, 18 Okt 2017 19:09
Dibaca: 343 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama penggiat literasi.
DINAMIKARAKYAT - Gubernur Tengku Erry Nuradi meminta para penggiat literasi di Sumatera Utara, terus mendorong masyarakat untuk rajin membaca dan memaknai, serta menerapkan apa yang dibaca.

"Kita harus terus menggiatkan literasi. Apalagi sekarang ada teknologi, kita bisa melihat melalui smartphone," ucap Tengku Erry saat membuka Festival Literasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Sumut, Jalan Sultan Makmun Al Rasyid simpang Jalan Masjid Raya, Medan, Rabu 18 Oktober 2017.

Para pegiat literasi di Sumut berhasil memecahkan rekor MURI dengan pengguna 'Big Book' terbanyak di Indonesia.

Pemecahan rekor MURI itu dalam rangka puncak acara Festival Literasi dengan pelatihan penggunaan 'Big Book' yang dihadiri 1.486 peserta, terdiri dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, siswa, komunitas, dan masyarakat.

Pemecahan rekor MURI juga dihadiri Konjen Amerika Serikat di Medan, Juha P Salim, Ketua Forum Masyarakat Literasi Hasban Ritonga, anggota DPRD Sumut Sopar Siburian, Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut Ferlin Nainggolan, dan utusan PT DOW Indonesia Ricky Raharja.

Erry mengatakan, big book merupakan buku besar berisi kalimat-kalimat sederhana dengan gambar-gambar yang mengilustrasikan isi kalimat. "Apa yang kita canangkan beberapa waktu lalu di Sumut sebagai Provinsi Literasi, maka hari ini dicanangkan Festival Literasi, sekaligus pemecahan rekor MURI," sebutnya.

Tak hanya itu, pemecahan rekor MURI juga memperagakan pembacaan 'Big Book' kepada pegiat literasi. "Saya juga berterima kasih kepada Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia, Yayasan Parulian, Forum Masyarakat Literasi Sumut, Pemprov Sumut dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut yang telah menjadi panitia dalam acara ini," ucap Erry.

Rasa terima kasih disampaikan Tengku Erry dengan memberikan hadiah kepada para mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan. Hal tersebut disambut antusias oleh para mahasiswa yang hadir. (art/drc)

Editor: admin

T#g:literasi sumutPemprov Sumutrekor muri
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:04

    Hulk & Black Panther Unjukrasa Depan Kantor Gubernur Sumut

    Hulk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang duduk dengan nyantai, namun terlibat penyelewengan uang rakyat.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:48

    Zakat dan Infaq ASN Kantor Gubsu Tahun 2017 Senilai Rp2,7 Miliar Lebih

    Program khusus Ramadhan Berkah ini adalah menyalurkan 15.000 paket berupa uang senilai Rp4,5 miliar yang diberikan kepada para kaum dhuafa se-Provinsi Sumut melalui Baznas kabupaten/kota.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:31

    Gubsu: Zakat Berpotensi Mewujudkan Rasa Keadilan Sosial

    Zakat adalah salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting, strategis, dan menentukan baik dari sisi hukum agama maupun dari sisi pembangunan ekonomi umat.

  • Sabtu, 26 Mei 2018 02:13

    Gubernur dan BPN Teken MoU Sertifikat Tanah Milik Pemprov Sumut

    Gubenur Tengku Erry Nuradi dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut Bambang Priyono menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang percepatan persertifikatan tanah milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir