Literasi Sumut Pecah Rekor MURI

Rabu, 18 Okt 2017 19:09
Dibaca: 250 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama penggiat literasi.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Gubernur Tengku Erry Nuradi meminta para penggiat literasi di Sumatera Utara, terus mendorong masyarakat untuk rajin membaca dan memaknai, serta menerapkan apa yang dibaca.

"Kita harus terus menggiatkan literasi. Apalagi sekarang ada teknologi, kita bisa melihat melalui smartphone," ucap Tengku Erry saat membuka Festival Literasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Sumut, Jalan Sultan Makmun Al Rasyid simpang Jalan Masjid Raya, Medan, Rabu 18 Oktober 2017.

Para pegiat literasi di Sumut berhasil memecahkan rekor MURI dengan pengguna 'Big Book' terbanyak di Indonesia.

Pemecahan rekor MURI itu dalam rangka puncak acara Festival Literasi dengan pelatihan penggunaan 'Big Book' yang dihadiri 1.486 peserta, terdiri dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, siswa, komunitas, dan masyarakat.

Pemecahan rekor MURI juga dihadiri Konjen Amerika Serikat di Medan, Juha P Salim, Ketua Forum Masyarakat Literasi Hasban Ritonga, anggota DPRD Sumut Sopar Siburian, Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut Ferlin Nainggolan, dan utusan PT DOW Indonesia Ricky Raharja.

Erry mengatakan, big book merupakan buku besar berisi kalimat-kalimat sederhana dengan gambar-gambar yang mengilustrasikan isi kalimat. "Apa yang kita canangkan beberapa waktu lalu di Sumut sebagai Provinsi Literasi, maka hari ini dicanangkan Festival Literasi, sekaligus pemecahan rekor MURI," sebutnya.

Tak hanya itu, pemecahan rekor MURI juga memperagakan pembacaan 'Big Book' kepada pegiat literasi. "Saya juga berterima kasih kepada Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia, Yayasan Parulian, Forum Masyarakat Literasi Sumut, Pemprov Sumut dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut yang telah menjadi panitia dalam acara ini," ucap Erry.

Rasa terima kasih disampaikan Tengku Erry dengan memberikan hadiah kepada para mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan. Hal tersebut disambut antusias oleh para mahasiswa yang hadir. (art/drc)

Editor: admin

T#g:literasi sumutPemprov Sumutrekor muri
Berita Terkait
  • Senin, 09 Apr 2018 21:09

    Pejabat Eselon 3 Pemprov Sumut yang Dilantik dari 24 OPD

    Pelantikan tersebut turut dihadiri Plt Sekdaprovsu Ibnu S. Hutomo, para asisten dan staf ahli gubernur, pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemprov Sumut.

  • Senin, 09 Apr 2018 20:50

    Gubernur Sumut Lantik 99 Pejabat Eselon 3

    Selain itu mutasi juga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi perubahan nomenklatur karena ada beberapa OPD yang berubah nomenklaturnya dan juga ada nomenklatur baru, terutama UPT-UPT yang baru.

  • Selasa, 27 Mar 2018 01:33

    Evi Diana Terima Kunjungan Tim Verifikasi PKK Pusat

    Tim Verifikasi PKK Pusat datang ke Provinsi Sumut dalam rangka Lomba Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

  • Kamis, 22 Mar 2018 01:23

    76 Diplomat Muda Luar Negeri Diharapkan Dapat Promosikan Potensi Sumut

    Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa, Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara.

  • Rabu, 07 Mar 2018 23:58

    Bertemu Tim Pengkaji Lemhanas, Erry Sampaikan Kondisi Persoalan Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyambut kedatangan Tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) di Gubernuran, Jalan Sudirman, Medan, Selasa 6 Maret 2018.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir