Komunitas Pelestari Budaya Dapat Apresiasi

Rabu, 22 Nov 2017 21:35
Dibaca: 179 kali
drberita/istimewa
Komunitas Pelestari Budaya.
DINAMIKARAKYAT - Di tengah maraknya budaya luar masuk ke wilayah Indonesia, tiga puluh perempuan dari berbagai latar belakang budaya di Indonesia, menyisihkan waktu untuk pelestarian budaya Nusantara, dengan mendirikan Komunitas Perempuan Pelestari Budaya.

Berdirinya komunitas budaya ini mendapatkan apresiasi dari tokoh pemuda Jakarta Selatan Ari Surya Subrata, Rabu 22 November 2017.

Menurutnya budaya Indonesia yang unik dan beragam menjadi daya tarik mancanegara di berbagai belahan dunia, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempelajarinya.

"Bagi wisatawan ini merupakan hal yang menarik. Bisa kita lihat di Singapura, Australia dan negara lainnya, budaya kita justru diajarkan kepada para siswa. Sebagai bangsa yang memiliki kepribadian, tentu kita wajib melestarikannya," papar pria yang akrab disapa Ata ini.

Ia menambahkan, di zaman sekarang di mana batas-batas antar negara yang semakin terkikis oleh globalisasi, banyak kebudayaan lokal yang punah.

"Karena penerusnya tidak mempelajari dan melestarikannya. Kami optimis budaya kita tidak akan lekang oleh zaman," tegasnya.

Menurut pemilik rumah makan Taliwang Bersaudara ini setiap warga masyarakat dapat melestarikan kebudayaan lokal dengan berbagai cara, seperti terjun langsung menjadi pelaku budaya atau memberikan edukasi dan mengembanngkan budaya.

Titiek Puspa yang hadir dalam acara pendirian komunitas ini mengungkapkan kebanggaannya.

"Saya bangga sekali, sudah lama saya ingin melihat wanita bergelung. Gelungan ini membuat Anda cantik. Ibu-ibu ini membuat saya sangat bahagia dan lega. Karena di zaman begini ini masih ada wanita-wanita yang mau menyisihkan waktunya untuk mensyukuri karunia Tuhan yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, dari Sabang sampai Merauke," tutup Titiek Puspa. (ril/drc)

Editor: admin

T#g:budaya lokalkearifan lokalkomunitas pelestari budayaobjek wisata
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Mar 2018 18:18

    Erry Tawarkan Danau Toba ke Investor Australia

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia.

  • Jumat, 01 Des 2017 19:11

    468 Peserta Bertarung di Gebyar Budaya Masyarakat Pesisir

    Ada pun mata lomba yang dipertandingkan yaitu lomba mewarnai, lomba membaca surat pendek, lomba busana melayu, lomba bercerita dan lomba masak untuk ibu-ibu dan puteri dewasa.

  • Minggu, 12 Nov 2017 00:16

    Horas Tapteng Harus Go Internasional

    Jika even daerah dapat menjadi kalender even nasional harus dilaksanakan tiga tahun berturut-turut dengan waktu pelaksanaan yang konsisten.

  • Kamis, 09 Nov 2017 21:55

    Gubsu dan 5 Kepala Daerah Kepulauan Nias Bertemu Menpar Bahas Pariwisata

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan lima kepala daerah Kepulauan Nias mengunjungi kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kamis 9 November 2017, bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

  • Senin, 06 Nov 2017 21:08

    Gubernur Sumut Resmikan Pemandian Air Panas di Tarutung

    Pemandian air panas USK Hineni di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu 5 November 2017, diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir