• Home
  • Komunitas
  • Bakti Sosial di Desa Gung Pinto, Bupati Karo Ucapkan Terima Kasih Pada IKA FKG USU

Bakti Sosial di Desa Gung Pinto, Bupati Karo Ucapkan Terima Kasih Pada IKA FKG USU

Senin, 02 Okt 2017 01:32
Dibaca: 425 kali
drberita/istimewa
Ketua IKA FKG USU Drg Wahid Khusyairi bersama panitia bakti sosial di Desa Gung Pinto.
DINAMIKARAKYAT - Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi USU melaksanakan bakti sosial di Desa Gung Pinto, Kecamatan Neman Tran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu 30 September 2017.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan gigi dan mulut.

"Kesehatan gigi dan mulut sangat penting, karena mulut merupakan pintu masuk dari makanan yang merupakan sumber gizi bagi manusia. Jika kesehatan rongga mulut tidak terjaga dengan baik maka besar kemungkinan asupan makanan akan terganggu," ujar Ketua IKA FKG USU Drg Wahid Khusyairi MM kepada wartawan di Kampus USU, Minggu 1 Oktober 2017.

Menurut Wahid, permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang sering dijumpai pada masyarakat adalah karena adanya karang gigi, radang akut pada gigi, peradangan gusi dan bau mulut.

Sehingga, kata Wahid, kegiatan yang dilaksanakan IKA FKG USU di Desa Gung Pinto, kiranya dapat membantu masyarakat mengetaui dan terhindar dari sumber penyakit yang masuk melalui mulut. 

"Diharapkan dari kegiatan ini dapat membantu masyarakat desa itu untuk mengatasi permasalahan kesehatan gigi. Pada kegiatan bakti sosial ini juga dilaksanakan deteksi dini penyakit tidak menular seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, kanker cervic serta pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT AS)," sebutnya.

Selain itu, pemberian makan tambahan air susu ibu (PMT ASI) dan pemberian makanan tambahan ibu hamil (PMT Bumil) serta penyerahan hygiene. "Kegiatan kita ini kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara," katanya.

Sementara, kata Wahid, Kadis Kesehatan Karo Drg Irna Meliala, M.Kes menyambut baik dan berterima kasih atas terselenggaranya bakti sosial IKA FKG USU di Desa Gung Pinto, merupakan daerah yang terkena bencana erupsi Gunung Sinabung.

"Kata kadis, Bupati Karo berterima kasih dan berharap kegiatan yang sama dapat dilaksanakan di desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Karo, yg sangat membutuhkan," sebutnya.

Dari rangkain bakti sosial yang dilaksanakan IKA FKG USU, menghasilkan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak sekolah sebanyak 116 orang, pemeriksaandan kesahatan gigi sebanyak 98 orang, deteksi dini penyakit tidak menular sebanyak 78 org.

Kemudian, deteksi dini kanker cervic sebanyak 39 orang, PMT AS sebanyak 100 paket, PMT ASI sebanyak 100 paket, PMT Bumil sebanyak 50 paket. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dinas kesehatan karodinas kesehatan sumutika fkg usuusuwahid khusyairi
Berita Terkait
  • Rabu, 06 Jun 2018 03:58

    USU Ajukan Permohonan Penangguhan Dosen ke Kapolda Sumut

    Pihak Universitas Sumatera Utara (USU) ‎mengajukan permohonan untuk penangguhan tahanan terhadap terduga ujaran kebencian, Himma Dewiyana Lubis alias Himma kepada Kapolda Sumut ‎Irjen Pol Paulus Waterpauw.

  • Rabu, 06 Jun 2018 03:08

    Rektor USU Siapkan "Intelijen" Untuk Awasi Aktifitas Radikal di Kampus

    Universitas Sumatera Utara (USU) akan melakukan pengawasan terhadap seluruh aktivitas yang ada di kampus untuk mengantisipasi paham radikalisme dengan melibatkan dekan dan para dosen.

  • Senin, 04 Jun 2018 00:47

    Tahun 2039, USU Targetkan Akreditas Internasional

    Selaras dengan rencana strategis tahun 2015-2019 tentang peningkatan manajemen universitas yang berkesinambungan dan memiliki standar internasional, USU tahun 2039 menargetkan memperoleh akreditas Internasional.

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:37

    Ketua Perdoski Medan Ucapkan Terimakasih pada Tengku Erry

    Imam juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu Tengku Erry Nuradi atas dukungannya kepada Perdoski Cabang Medan yang berhasil terpilih menjadi tuan rumah Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perdoski tingkat nasional.

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:20

    Dokter Kulit dan Kelamin dari USU Sudah Nyebar di Sumut

    Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Medan melakukan penyebaran dan penempatan Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kulit dan kelamin ke berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir