Bank Sumut

Target KPK Juga Pihak Swasta dan Pejabat BUMD Sumut

Oleh: Muhammad Artam
Jumat, 19 Jan 2018 15:52
Dibaca: 1.203 kali
drberita/istimewa
Pimpinan KPK.
DINAMIKARAKYAT - Ketua Presedium Pemerhati Indonesia Bersih (PIB) Rosisyanto meminta KPK jangan hanya memeriksa dan menetapkan tersangka pada anggota dewan, tetapi juga harus kepada pihak swasta dan pejabat BUMD Sumut.

"Target KPK jagan hanya ke dewan, harus juga kepada pihak swasta khususnya yang memberi pinjaman uang Rp5 miliar untuk suap LKPJ 2013 ke 100 anggota DPRD dan suap jabatan direksi BUMD Sumut," ujar Rosisyanto kepada wartawan, Jumat 19 Januari 2018.

Jika hanya 46 anggota dan mantan anggota DPRD Sumut yang akan diperiksa dan ditahan, lanjut Rosisyanto, KPK sama artinya belum memberi keadilan dalam proses hukum tersebut.

"Pemberi dan penerima suap semuanya harus jadi tersangka dan ditahan. KPK baru menahan 12 penerima dan masih banyak lagi penerima suap yang belum ditahan dan belum lunas mengembalikan uang suap, begitu juga pemberi suap ke Gatot masih belum ada yang jadi tersangka dan ditahan," tegasnya.

Rosisyanto berharap kali ini KPK ke Sumut menuntaskan semua yang terlibat memberi dan menerima suap mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

"Biar ada efek jera, bila perlu semuanya ditahan, kan rutan KPK sudah sangat luas lokasinya. Saya rasa cukup untuk mereka semua yang teribat suap Gatot Pujo Nugroho," tandasnya.

Jurubicara KPK Febri Diansyah membenarkan akan memeriksa 46 mantan dan anggota DPRD Sumut pada 29 Januari-3 Februari 2018 di Markas Brimob Polda Sumut, Jalan Wahid Hasyim, Medan.

"Memang ada jadwal permintaan keterangan pada sejumlah anggota DPRD di Sumut. Itu proses pengembangan perkara sebelumnya," kata Febri. (art/drc)

Editor: admin

T#g:BUMD Sumutdprd sumutkpksuap mantan gubsu
Berita Terkait
  • Senin, 19 Feb 2018 20:12

    KPK Akan Bantu Menteri LHK Selesaikan Kasus Lahan Sawit DL Sitorus

    KPK mendukung rencana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengeksekusi lahan negara yang dicaplok pengusaha sawit Darianus Lungguk Sitorus alias DL. Sitorus.

  • Senin, 19 Feb 2018 18:53

    KPK Jangan Hanya Periksa DPRD dan PNS Pemprov Sumut

    Ketua Peresedium Pemerhati Indonesia Bersih (PIB) Rosisyanto mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak pilih kasih memeriksa kasus suap mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

  • Selasa, 13 Feb 2018 02:08

    Kasus Suap OK Arya: Pengusaha Showroom Minta Fee 2,5 Persen

    Pemilik showroom 'Ada Jadi Mobil' Sujendi Tarsono alias Ayen ternyata juga meminta fee 2,5 persen dari para kontraktor proyek pembangunan infrastruktur APBD Kabupaten Batubara.

  • Sabtu, 10 Feb 2018 00:16

    Kantin Ilmiah: Jadi ke depannya KPK tidak diperlukan lagi

    PD Pemuda Muhammadiyah Medan melaksanakan Kantin Ilmiah (Kajian Rutin Ilmiah) dengan tema 'Komitmen Penegakan Supremasi Hukum dan Pemberantasan Korupsi di Kota Medan'.

  • Kamis, 01 Feb 2018 02:41

    Laskar Anak Negeri Desak KPK Tangkap Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi

    Belasan massa Laskar Anak Negeri (LARI) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi Sumut Arif Haryadian yang terlibat dugaan suap mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir